SHARE TO :

Infeksi Kulit Penyebab, Gejala Serta Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:41 am tanggal January 16, 2017

Infeksi Kulit Penyebab, Gejala Serta Pengobatannya – Kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia yang berfungsi melindungi otot, jaringan, tulang dan organ lainnya. Infeksi pada kulit umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Mereka yang menderita infeksi kulit bisa merasakan gejala yang beragam pada kulitnya dengan atau tanpa disertai gejala pada bagian tubuh yang lain. Misalnya seseorang yang tubuhnya terdapat cacar akan dipenuhi bintik-bintik berair disertai sakit kepala, nyeri otot, atau demam.

Bakteri,jamur, kuman, virus, adalah penyebab utama infeksi kulit, infeksi jamur, kuman, bakteri atau lainnya biasanya akibat dari lingkungan kotor dan kurangnya menjaga kebersihan. Dalam beberapa kasus terjadinya infeksi pada kulit, lingkungan yang kotor menjadi penyebab utama infeksi kulit. Mereka yang tinggal di kawasan rawa-rawa, sungai kotor, dekat pembuangan sampah, dan lainnya memiliki risiko untuk terkena infeksi kulit. Seperti : kurap dan kadas, kutu air, dan penyakit kulit lainnya. Infeksi kuman, jamur, bakteri atau lainnya menyebar antar manusia melalui kontak kulit, melalui lingkungan rumah tangga yang disentuh tangan, pakaian, hewan, makanan dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Infeksi Kulit Penyebab, Gejala Serta Pengobatannya Yang Sederhana

infeksi kulit

Ada dua bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi kulit, yaitu bakteri streptococcus dan bakteri staphylococcus. Bakteri ini sudah terdapat pada kulit, tetapi akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Dalam arti yang lain, bakteri tersebut masuk dan bekerja dari celah-celah kulit yang pecah, dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Kondisi yang memungkinkan bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam kulit diantaranya : gigitan serangga atau gigitan hewan lainnya, ruam kulit, luka dari bekas operasi bedah yang baru, bisul pada kulit.

Bakteri streptococcus memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat, karena bakteri ini melepas enzim yang menyebabkan infeksi. Sebagian besar penyakit infeksi kulit bisa langsung dikenali oleh dokter hanya melihat dari bentuk kelainan di kulit saja tanpa harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan diperkuat oleh gejala-gejal yang dirasakan pasien. Apabila pengamatan luar saja dirasa belum cukup, dokter bisa melakukan tes lanjutan untuk memastikan diagnosis. Salah satu tes yang paling sering digunakan dalam kasus infeksi kulit adalah biopsi atau pengambilan sampel sel pada kulit yang mengalami inflamasi untuk selanjutnya diteliti di laboratorium.

Penyakit kulit karena infeksi memiliki berbagai jenis penyakit kulit, dengan banyaknya jenis penyakit kulit akibat infeksi tersebut membuat gejala-gejala pada penyakit kulit dan tanda-tandanya berbeda-beda. Gejala infeksi kulit beragam tergantung dari jenis-jenisnya, Namun ada beberapa gejala yang umumnya akibat dari infeksi kulit, diantaranya : gatal-gatal pada kulit, munculnya ruam-ruam pada kulit, muncul bintik-bintik kecil bisa berwarna merah ataupun lainnya, dan pada jenis penyakit kulit tertentu bisa menimbulkan lepuhan kulit atau kulit melepuh.

Itulah gejala umum pada penyakit kulit akibat infeksi kulit, rasa gatal, bintik-bintik kecil dan ruam pada kulit menjadi gejala umum pada setiap jenis penyakit kulit apapun penyebab infeksinya, akan tetapi sering juga ditandai dengan gejala lainnya yang muncul pada kulit. Untuk mencegah infeksi pada kulit hal utama ialah menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjaga kebersihan kulit setelah beraktivitas, berolahraga ataupun lainnya untuk menghindari infeksi. Apabila anda mulai mengalami gejala seperti gatal-gatal pada kulit harus segera mencegahnya jangan sampai lebih parah seperti membersihkan dengan sabun, memberikan losion ataupun lainnya.

Pengobatan Yang Efektif Untuk Infeksi Pada Kulit

Beberapa jenis infeksi kulit, terutama yang disebabkan oleh virus, biasanya bisa ditangani di rumah tanpa perlu ke dokter. Berbeda dengan virus, infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri biasanya harus diobati dengan antibiotik. Apabila masih tergolong ringan, antibiotik berbentuk krim atau salep bisa anda oleskan langsung pada kulit yang terkena infeksi. Infeksi pada kulit bisa menjadi gangguan menjengkelkan. Namun, anda tidak perlu khawatir menghadapinya. Pasalnya, dengan bahan-bahan alami, gangguan tersebut bisa anda singkirkan.

Bekas infeksi kulit memang kerap mengikis percaya diri, apalagi jika bekas kulit tersebut berada di area terbuka yang memungkinkan terlihat pendangan mata. Tentu anda pun makin tak percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, upakan saja dengan cara-cara alami. Berikut ini adan beberapa cara alami untuk mengatasi masalah pada kulit, yaitu :

  • Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh adalah herbal bermanfaat dalam mengobati infeksi kulit. Menurut pusat kanker sloan-kettering memorial, minyak pohon teh juga dikenal sebagai minyak melaleuca. Minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati masalah kesehatan termasuk infeksi kulit, infeksi jamurm jerawat, luka bakar, luka dingin, eksim, radang, gigitan serangga, dan luka kulit. Sebelum menggunakan minyak pohon teh untuk membantu mengobati infeksi kulit anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter tentang kemungkinan efek samping, dosis yang tepatm dan interaksi obat yang potensial.

  • Lidah Buaya

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk kondisi kulit yang iritasi. Gel yang terletak di dalam daun tanaman yang biasanya digunakan untuk pengobatan. Menurut Dr Sharol Tilgner, seorang dokter naturopati, daun lidah buaya yang berisi gel tanaman polisakarida yang dikenal sebagai glukomanan, merupakan anti inflamasi dan antipruritic, atau zat yang dapat mengurangi gatal.

Untuk itu kita perlu memperhatikan masalah kesehatan kulit ini dengan baik dan mencegahnya penularannya, oleh karena itu anda perlu mencuci tangan secara teratur dfengan sabun dan air. Mandi dengan teratur untuk membasmu kuman dan bakteri pada kulit, hindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama, seperti handuk, gelas, peralatan makan, dan keringkan tubuh anda dari air dan keringat untuk mengurangi infeksi kulit. Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi dan mengobati masalah pada kulit seperti infeksi kulit yang telah dijelaskan diatas. Semoga apa yang disampaikan bisa menambah pengetahuan anda dan juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :