SHARE TO :

Infeksi Usus Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Alaminya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:29 am tanggal January 14, 2017

Infeksi Usus Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Alaminya – Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang berguna untuk proses penyerapan makanan dan juga tempat dimana makanan akan diubah menjadi partikel-partikel kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh. Sayangnya, usus manusia rentan mengalami infeksi yang disebabkan oleh mikrooganisme tertentu. Infeksi Usus adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada usus kecil dan besar. Kondisi dengan istilah medis enterokolitis ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis infeksi akibat virus, jamur, bakteri, maupun parasit. Makanan yang kita konsumsi setiap saat tidak selalu steril dan bebas dari berbagai macam kuman.

Jika anda merasa mual, mencret, badan demam atau panas, mungkin itu merupakan tanda-tanda awal dan gejala infeksi usus. Namun gejala umum pada infeksi usus adalah gangguan pencernaan. Gejala dan tanda klinisnya dapat berupa diare yang bisa disertai mual, muntah, darah pada tinja, sakit perut, demam, serta menggigil. Infeksi usus adalah salah satu jenis infeksi yang banyak dialami oleh masyarakat umum dan dikenal dengan istilah penyakit bernama tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi pada usus dan bakteri tersebut bernama bakteri samlonella.

Infeksi Usus Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Alaminya Dengan Bahan Tradisional

infeksi usus

Biasanya bakteri tersebut bisa masuk melalui makanan atau minuman yang sudah terinfeksi bakteri salmonella. Dalam usus halus  bakteri itulah yang berkembang dan menuju ke dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan suhu panas tubuh yang tinggi dan perlu anda ketahui bahwa penyakit infeksi usus ini bisa menular dengan cepat. Untuk itu kita perlu berhati-hati dengan kemungkinan penularan penyakit ini. Yang terpenting adalah kita harus menjaga kebersihan makanan dan minuman serta tempat yang digunakan untuk minum dan makan. Susu sering kali menjadi tempat yang strategis untuk mendukung berkembang biaknya bakteri salmonella karena kemasan susu yang tidak bersih.

Infeksi usus sering juga melibatkan lambung, oleh karena itu kita sebut sebagai gastointestinal infection (gastro=lambung, intestinal=usus) hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah besar mikroorganisme, dan berikut ini merupakan penyebab infeksi usus yang paling utama, diantaranya :

Adenovirus. Virus ini dapat menyebabkan diare, demam, konjungtivitas, infeksi kandung kemih dan ruam, tetapi gejala yang paling umum adalah penyakit pernapasan. ini merupakan penyebab tersering kedua diare pada anak setelah rotavirus.

Campylobacter. Salah satu bakteri yang menjadi penyebab tersering usus di seluruh dunia dan sering terjadi pada anak dibawah dua tahun. Ditandai dengan diare (kadang berdarah), kram perut, muntah dan demam, sering melalui makanan mentah atau kurang matang atau melalui susu yang terkontaminasi.

Clostridium difficile. Bakteri ini bertanggung jawab sampai 25% kasus diare terkait antibiotik yangpaling sering terjadi di rumah sakit. Pasien usia lanjut dan daya tahan tubuh lemah yang paling berisiko. Strain C. difficile sering menyebabkan wabah, peningkatan morbiditas dan mortalitas.

Salmonella dan Shigella. Salmonella merupakan bakteri yang juga menyebabkan penyakit tipes. Gejala akut termasuk mual, muntah, kram perut, diare, demam, dan sakit kepala. Sedangkan Shigella sering ditemukan dalam air yang tercemar kotoran manusia. Gejala Shigellosis (disentri basiler) meliputi nyeri perut, kram, diare dengan feses disertai darah dan lendir, demam, dan muntah.

Dan ada beberapa jenis mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan infeksi pada usus seperti Staphylococcus aureus, rotavirus, helicobacter pylori, dan escherichia coli. Itulah beberapa jenis mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi usus. Sebenarnya masih banyak lagi jenis mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan infeksi usus. Maka kita perlu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi, agar kita dapat mencegah terjadi infeksi usus.

Pengobatan Infeksi Usus Yang Alami Dan Efektif

Pengobatan infeksi usus pada dasarnya tergantung pada jenis patogen yang menyebabkan infeksi. Biasanya, infeksi ringan pada usus sembuh dalam beberapa hari. Tapi, infeksi yang parah dapat memerlukan obat yang tapat. pengobatan infeksi bakteri usus biasanya melibatkan pemberian antibiotik. Untuk infeksi parasit, obat anti parasit akan diperlukan. Infeksi virus di sisi lain, hilang dalam beberapa hati tanpa pengobatan, untuk pengobatan infeksi jamur usus, obat anti jamur dapat diminta pada saat terinfeksi, terutama jika kondisi memang parah.

Seiring dengan obat-obatan, minum cukup cairan dan air sangat penting untuk mengobati infeksi ini. Hal ini karena, infeksi usus biasanya disertai dengan gejala diare dan muntah. Jila kehilangan cairan karena diare atau muntah tidak diisi cairan, maka dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi disebabkan oleh kondisi ini kadang-kadang dapat memerlukan cairan intravena. Selain mengambil obat yang tepat, orang yang menderita infeksi pada ususnya harus menjauhi makanan yang sulit dicerna. Untuk membantu mempercepat proses pemulihan, mereka yang mengalami infeksi bisa sementara waktu melakukan pengobatan di rumah dengan cara mengonsumsi seperti pisang, buttermilk, jus lemon dan teh peppermint.

Namun, ada juga pengobatan tradisional yang sangat baik untuk anda lakukan dalam pengobatan infeksi usus, seperti mengunakan bahan alami yaitu jahe, jahe merupakan obat rumah yang sanga efektif. Anda dapat mengunyah jahe atau minum teh jahe untuk mengobati infeksi pada usus anda. Sementar itu, hindari makanan seperti bawang, kembang kol, dan makanan yang dapat menyebabkan gangguna pencernaa, juga minuman seperti kopi.

Akan tetapi, jika perawatan dan pengobatan yang lakukan dirumah tidak memberikan perubahan yang baik pada infeksi usus anda, segera evaluasi kondisi anda dan secepatnya anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan dan penanganan yang lebih baik. Pastikan anda menjaga kebersihan diri, dan makanan yang dimasak dengan baik. Makanan dan sayuran mentah harus dicuci dengan baik sebelum anda memakanannya, untk mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi menyebabkan patogen.

Itulah informasi mengenai masalah yang terjadi pada usus seperti infeksi usus yang telah dijelaskan diatas penyebab infeksi usus bisa terjadi karena kita sendiri yang kurang memperhatikan kesehatan diri dan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Pengobatan bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan cara alami dan tradisional, namun jika infeksi sudah terlalu parah sebaiknya anda langsung datang ke dokter terdekat untuk mencegah komplikasi yang berbahaya. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :