SHARE TO :

Jamur Kuku Penyebab Gejala dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:59 am tanggal November 14, 2016

Jamur Kuku Penyebab Gejala dan Cara Mengobatinya – Jamur Kuku merupakan infeksi jamur pada satu atau lebih kuku. Infeksi jamur kuku dimulai dengan bercak putih atau kuning di bawah ujung kuku tangan atau kaki. Ketika jamur kuku menyebar lebih jauh atau dalam pada kuku anda, hal ini bisa mengakibatkan kuku menjadi hitam, menebal, dan ujung yang pecah-pecah (gangguan yang tidak enak dipandang dan berpotensi menimbulkan rasa sakit).

Infeksi jamur kuku mungkin sulit untuk diobati, dan bisa saja kambuh kembali. Terdapat berbagai obat yang tersedia untuk membantu menghilangkan jamur kuku.

Penyebab Infeksi Jamur Kuku

Jamur Kuku Penyebab Gejala dan Cara Mengobatinya

Infeksi Jamur Kuku biasanya disebabkan oleh jamur yang termasuk ke dalam kelompok jamur dermatofit. Akan tetapi jenis jamur ragi dan lumut juga dapat menimbulkan infeksi jamur kuku.

Jamur adalah organisme mikroskopis yang tidak membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Beberapa jamur memiliki kegunaan yang dapat bermanfaat, sementara jenis lainnya menyebabkan penyakit dan infeksi.

Jenis Organisme Mikroskopis ini:

  1. Hidup dalam lingkungan yang hangat dan lembab, termasuk kolam renang dan kamar mandi.
  2. Dapat menyerang kulit melalui luka yang terbuka, luka kecil atau melalui pecahan kecil antara kuku.

Dapat mengakibatkan masalah jika kuku terus menerus terpapar kehangatan dan kelembaban, sebuah kondisi yang sempurna untuk pertumbuhan dan penyebaran jamur.

Gejala Infeksi Jamur Kuku

Terdapat perbedaan klasifikasi dari jamur kuku (tergantung pada jenis jamur dan manifestasinya) yang mungkin memunculkan tanda dan gejala yang agak berbeda. Secara umum, seseorang kemungkinan memiliki infeksi jamur kuku (onikomokosis) jika salah satu kuku atau lebih mengalami :

  1. Penebalan.
  2. Rapuh, bergerigi.
  3. Bentuknya terdistorsi.
  4. Kusam, tanpa kilau dan tidak cerah.
  5. Berwarna gelap, yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian bawah kuku.

Kuku yang terinfeksi juga dapat terpisah dari alas kuku, suatu kondisi yang disebut onycholysis. Anda mungkin merasakan nyeri pada jari-jari kaki dan mendeteksi bau yang tidak sedap (sedikit busuk).

Faktor Risiko

Penuaan adalah faktor risiko yang paling umum untuk jamur kuku karena beberapa alasan:

  1. Sirkulasi darah terganggu
  2. Lebih lama terkena paparan jamur
  3. Kuku dapat tumbuh lebih lama dan menebal seiring pertambahan usia, membuatnya lebih rentan terkena infeksi.

Jamur kuku cenderung mempengaruhi laki-laki daripada wanita, terutama mereka yang memiliki riwayat infeksi serupa. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko jamur kuku meliputi:

  1. Keringat berlebih
  2. Bekerja di lingkungan yang lembab
  3. Memiliki kondisi kulit psoriasis
  4. Mengenakan kaus kaki dan sepatu yang menghalangi ventilasi dan tidak menyerap keringat
  5. Berjalan tanpa alas kaki di tempat yang lembab, seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan kamar mandi
  6. Memiliki penyakit kaki atlet (tinea pedis)
  7. Kulit yang tipis atau luka pada kuku, kuku yang rusak, atau infeksi lainnya
  8. Memiliki diabetes, masalah sirkulasi atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pengobatan Jamur Kuku

1. Gunakan Garam dan Cuka

Seperti halnya untuk menghilangkan bau busuk pada kaki, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengobati jamur kuku. Selain itu gunakan cuka untuk mengobatinya. Caranya mudah sekali, kamu cukup merendam kaki kurang lebih 30 menit setiap harinya dengan menggunakan air hangat, setelah itu angkat kaki dan keringkan sampai benar-benar kering. Lalu teteskan larutan cuku pada kuku yang terinfeksi jamur kuku sekitar 2-3 tetes saja, oles-oles sampai rata. Cara ini cukup manjur dan dalam beberapa hari kamu akan lihat perubahannya.

2. Gunakan Cream Antijamur

Saat ini sudah ada cream antijamur yang dijual di toko obat. Anda bisa membelinya di sana. Dengan menggunakan cream ini jamur kuku anda akan benar-benar terobati. Tapi ini juga jika infeksi yang terjadi ringan. Kalau infeksi jamur kukunya berat harus menggunakan cara lain lebih dari ini.

3. Memberi Cat Kuku yang mengandung antijamur

Cat kuku yang mengandung antijamur ini biasa disebut dengan Ciclopirox, ini akan membuat jamur lepas dari kuku. Biasanya penggunaan cat kuku ciclopirox ini dilakukan selama satu tahun dan dibiarkan selama satu minggu tanpa dihilangkan dengan pembersihnya. Hal ini dilakukan supaya jamur pada kuku benar-benar hilang dan terobati.

4. Obat

Selain dari pengobatan yang ditempelkan langsung pada kuku, ada obat lain yang bisa digunakan yaitu obat oral atau yang dimasukan ke dalam mulut. Obat ini khusus untuk mengobati jamur kuku dan bisa kamu dapatkan di dokter setelah kamu berkonsultasi dan berobat ke sana.

5. Bedah

Cara ini dilakukan jika infeksi jamur benar-benar berat dan sulit lagi untuk diobati. Cara ini adalah cara yang tepat supaya infeksi tidak menjalar pada bagian kaki yang lainnya.

6. Terapi Photodynamic

Selain dengan bedah, cara terapi ini menjadi andalan bagi penderita jamur kuku. Terapi photodynamic dilakukan dengan memberi cahaya khusus pada kuku untuk menghilangkan jamur.

Sebelum jamur menjadi parah sebaiknya obati dari sekarang, dan sebelum jamur kuku datang maka hindari hal-hal yang dapat menyebabkan infeksi jamur kuku tersebut.

SHARE TO :