SHARE TO :

Kanker Prostat Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:57 am tanggal November 2, 2016

Kanker Prostat Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih depan retum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar sehingga membentuk benjolan atau tumor yang memiliki keganasan. Sel ini dapat menyebar secara metastasis (bahkan menyebar lebih jauh) ke seluruh bagian-bagian lain dari tubuh, seperti tulang-tulang, paru-paru, dan hati.

Kanker Prostat Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Operasi

kanker prostat

Kanker Prostat memang menjadi sautu hal yang menakutkan bagi para pria. Prostat seringkali membesar secara bertahap setelah usia 50 tahun. Pada usia 70 tahun, 80% pria memiliki prostat yang membesar. Banyak pria lansia yang mengalami masalah buang air kecil karena pembesaran prostat (non-kanker). Pada beberapa pria, pembesaran ini diikuti oleh tumbuhnya kanker. Kanker prostat jarang menyerang pria di bawah 45 tahun kecuali riwayat atau faktor keturunan.

Ada kanker prostat yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Tapi pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis memderita kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012.

Kanker prostat mungkin saja tidak menimbulkan gejala apapun pada tahap awal. Gejala kanker prostat akan muncul ketika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra. Beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika ini terjadi adalah :

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hati.
  • Merasa nyeri saat buang air kecil.
  • Merasa kandung kemih selalu penuh.
  • Darah dalam urin atau air mani.
  • Tekanan saat mengeluarkan urin berkurang.

Biasanya, tanda maupun gejala kanker prostat akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Tapi gejala-gejala diatas tidak terlalu disebabkan oleh kanker prostat. Kondisi diatas bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran kencing. Hingga kini, penyebab munculnya kanker prostat masih belum diketahui. Tapi faktor keturunan atau genetika dan usia seseorang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker prostat.

Prostat pria umumnya akan bertambah besar seiring bertambahnya usia. Gejala-gejala di atas perlu diwaspadai, meski tidak selalu berarti anda mengidap kanker peostat. Berikut ini adalah gejala kanker prostat ketika sudah memasuki tahapan yang lebih parah :

  • Penurunan berat badan.
  • Kehilangan selera makan.
  • Rasa sakit pada tulang terutama punggung bagian bawah, paha dan pinggul.
  • Mual dan muntah.
  • Konstipasi.
  • Merasa sakit atau kaku pada bagian panggul, panggul bawah, paha atas, atau pada tulang disekitarnya.
  • Kelemahan atau kelumpuhan pada tubuh bagian bawah.

Penyebab kanker prostat yang pasti hingga kini bellum diketahui. Tapi kanker prostat memengaruhi terutama pria yang berusia lanjut. Sekitar delapan dari sepuluh kasus diderita oleh pria berusia diatas 65 tahun. Selain usia, berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat, yaitu :

  • Riwayat kesehatan keluarga.
  • Makanan, dan
  • Obesitas.

Celakanya kanker ini sering tumbuh secara diam-diam dalam kelenjar prostat tanpa gejala apapun sampai setelah ketulang dan jaringan disekitarnya. Itu sebabnya penting sekali bagi pria usia 50 tahun keatas untuk menjalani uji rektal digital yang memungkinkan dokter menemukan benjolan atau pemebesaran pada prostat, dan prostate-specific antigen blood test, uji darah untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada tumor.

Pengobatan kanker Prostat Secara Alami

Jika gejala seperti diatas sudah muncul maka sebaiknya melakukan pemeriksaan sebagai upaya pengobatan prostat. Pengobatan prostat sebelum dilakukan akan ada beberapa pemeriksaan untuk memastikannya lebih jelas. TEs darah, tes urine, tes untuk melihat kelancaran aliran urine, usg, dan juga ct-scan akan dilakukan sebelum pengobatan prostat. Dan langkah pengobatan prostat selanjutnya seperti di bawah ini :

Mengonsumsi obat prostat.
Terapi prostat.
Olahraga.
Operasi pembedahan.

Namun, ada beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai ramuan obat kanker prostat. Menggunakan tanaman tradisional memang lebih mudah dan minim efek samping. Tanaman obat yang memiliki fungsi untuk menghambat serta mamatikan sel kanker akan membuat proses penyembuhan penyakit ini lebih cepat. Adapun tanaman obat yang berfungsi untuk menghancurkan sel kanker dalam kanker prostat, yaitu :

  • Kunyit Putih 

Kunyit putih mengandung kandungan Ribosome Inacting Protein (RIP) yang berfungsi untuk menonaktifkan perkembangan sel kanker. Selain itu, pemanfaatan tanaman obat ini sebagai ramuan tradisional kanker prostat dapat merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan tubuh lainnya serta mampu memblokir pertumbuhan sel kanker yang dapat melumpuhkan organ penting di dalam tubuh. Kandungan antioksidannya mampu mencegah kerusakan gen serta kandungan curcuminnya berperan sebagai obat anti inflamasi atau peradangan.

  •  Daun Tapak Darah

Daun Tapak Darah biasanya dimanfaatkan untuk penyembuhan sel kanker payudara. Namun, dengan kandungnnya yang mampu melumpuhkan sel kanker, ahli obat juga memanfaatkan tanaman ini sebagai ramuan tradisional kanker prostat. Tanaman yang termasuk dalam keluarga ada

  • Keladi Tikus

Untuk membuat ramuan tradisional kanker prostat dari keladi tikus, ambilah tiba batang keladi tikus beserta daunnya dan rendamlah di dalam air selama 30 menit. Tumbuklah keladi tikus tersebut hingga halus. Peras dan minum ramuan obat kanker keladi tikus secara rutin.

Apabila kanker prostat sudah memasuki stadium akhir, maka kondisi ini tidak lagi bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya untuk memperlambat perkembangan, memperpanjang usia, dan meredakan gejala yang ada. Demikianlah informasi mengenai kanker prostat dan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kanker prostat ini semakin parah. Mudah-mudahan apa yang di sampaikan bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat juga bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :