SHARE TO :

Keguguran Penyebab Dan Pengobatan Alami Pasca Keguguran

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:19 am tanggal October 31, 2016

Keguguran Penyebab Dan Pengobatan Alami Pasca Keguguran – Keguguran adalah kematian bayi dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Hal ini merupakan salah satu masalah dalam kehamilan yang paling ditakuti oleh ibu hamil. Kemungkinan terjadinya keguguran lebih tinggi dari perkiraan banyak oang. Keguguran dapat terjadi pada kira-kira 1-2 orang dari 10 ibu hamil yang menyadari kehamilannya.

Dalam medis keguguran disebut juga aborsi spontan tetapi istilah aborsi dalam hal ini tidak dengan definisi aborsi yang umum di masyarakat meskipun sama-sama dicirikan dengan hilannya janin dan rahim. Sebuah penelitian dilakukan oleh march of dimes, setidaknya 50% dari jumlah seluruh kehamilan di bumi ini berakhir dengan keguguran dimana keguguran tersebut terjadi sebelum sang ibu hamil memasuki masa menstruasi atau bahkan sebelum sang ibu mengetahui dirinya sedang hamil.

Keguguran Penyebab Dan Pengobatan Alami Pasca Keguguran Dengan Buah-Buahan

keguguran

Tanda paling umum dari keguguran adalah keluarnya darah dalam jumlah sedikit atau banyak dari vagina yang disertai dengan rasa nyeri di panggul, perut dan kadang disertai dengan demam. Jika ini yang terjadi, sebaiknya sefera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Ada beberapa tanda yang muncul ketika terjadi keguguran, yaitu : Pendarahan baik itu ringan maupun berat, keram yang parah, nyeri pada perut, demam, perasaan demam, dan nyeri punggung.

Gejala utama yang sebaiknya diwaspadai adalah munculnya pendarahan atau bercak darah yang biasanya disertai kram pada perut bagian bawah. Di samping pendarahan dan kram, gejala keguguran lainnya meliputi keluarnya cairan atau jaringan (gumpalan darah) dari vagina. Pendarahan ringan cukup umum terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Tidak semua pendarahan ringan saat hamil berarti keguguran. Namun sebagai langkah untuk mewaspadai, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter jika anda mengalaminya.

Walau penyebab pastinya belum diketahui, para pakar memperkirakan terdapat sekitar 70 persen kasus keguguran yang disebabkan oleh adanya ke abnormalan pada kromosom bayi. Kekurangan, kelebihan atau ke abnormalan kromosom dapat mengakibatkan janin tidak bisa berkembang dengan semestinya. Keguguran yang terjadi pada usia kehamilan lebih tua, yaitu diatas tiga bulan, biasanya disebabkan oleh penyakit atau kondisi kesehatan ibu yang kurang baik.

Di luar faktor kromosom, terdapat beberapa faktor pemicu yang diduga dapat meningkatkan risiko keguguran. Diantaranya :

– Usia sang ibu. Risiko keguguran akan meningkat seiring waktu usia ibu yang menua.
– Pengaruh masalah kesehatan sang ibu, misalnya karena adanya masalah pada plasenta, memiliki struktur rahim yang abnormal, leher rahim yang lemah, atau menderita sindrom ovarium polikistik.
– Penyakit jangka panjang (kronis), misalnya hipertensi yang parah, gangguan ginjal, lupus, atau diabetes.
– Pengaruh infeksi tertentu, seperti malaria, toksoplasmosis, rubela, sitomegalovirus, chlamydia (klamidia), gonore, atau sifilis.
– Merokok, mengonsumsi minuman keras dan menggunakan obat-obatan terlarang.
– Konsumi kafein yang berlebihan.
– Kelebihan atau kekurangan berat badan.

Keguguran juga dapat terjadi jika janin tumbuh di luar rahim. Kondisi ini disebut sebgai kehamilan ektopik. Jenis kehamilan ini dapat mengancam jiwa karena memiliki risiko untuk pecah dan mengkibatkan pendarahan dalam. Gejala-gejala kehamilan ektopik adalah tidak haid, sakit perut yang parah dan tidak kunjung sembuh, pendarahan atau bercak darah dari vagina, nyeri pada bahu, pusing, serta limbung.

Pengobatan alami pasca keguguran dengan buah-buahan

Pasca keguguran, anda harus lebih merawat tubuh anda untuk mempercepat pemulihan dan mempersiapkan diri anda untuk kehamilan berikutnya. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi setelah anda keguguran, yaitu :

  • Buah bit hijau dan strawberry

Buah bit hijau mengandung zat besi untuk membantu anda dalam mengembalikan tingkat zat besi di dalam tubuh yang terkuras, membentukan sel darah merah, mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan Fe sebagai bahan pembentuk sel darah merah dan mengoptimalkan fungsi otot. Sedangkan strawberry merupakan buah yang banyak menngandung vitamin C dan zat besi. Hal ini yang membuat strawberry sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang baru saja mengalami keguguran.

  • Tomat 

Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg. Asam folat atau vitamin B9 sagat penting dalam pembentukan darah dan anda cenderung kehilangan banyak darah setelah keguguran. Dapatkan lebih banyak asam folat dengan minum suplemen dan makan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Tubuh yang kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan kondisi mental yang buruk seperti depresi.

  • Buah yang mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami keguguran sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

  • Buah-buahan yang mengandung protein 

Apel, anggur, lemon, mangga, melon dan buah pir adalah beberpa jenis buah-buahan yang tinggi akan protein. Keguguran menyebabkan luka dan pendarahan pada dinding rahim. Untuk memulihkan kondisi rahim pasca keguguran, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung protein.

  • Buah Anggur

Buah anggur kaya akan nutrisi, kandungan buah ini sangatlah kompilt, vitamin C pada anggur ini sangat membantu untuk pembentukan kolagen juga sangat baik dalam memulihkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh setelah Anda mengalami keguguran, kandungan gulanya merupakan sumber energi instan.

Peristiwa keguguran pasti akan menyebabkan tekanan emosional terhadap semua pihak, terutama bagi sang wanita. Rasa bersalah, penyesalan, marah, bahkan, trauma dapat melanda wanita yang mengalaminya. Oleh karena itu, dukungan positif dari pasangan serta keluarga sangat dibutuhkan.

Mengalami satu kali keguguran bukan berarti anda akan kembali mengalaminya pada kehamilan anda yang selanjutnya. Banyak wanita yang tetap berhasil menjalani masa kehamilan tanpa masalah dan melahirkan bayi yang sehat etelah mengalami keguguran. Sebuah dukungan untuk memberikan semangat kepada seseorang yang pernah mengalami keguguran adalah salah satu obat yang paling efektif. Untuk itu selalu dampingi teman, saudara, bahkan salah satu keluarga anda ketika ia mengalami keguguran.

Demikianlah informasi mengenai keguguran dan cara mengobati pasca keguguran dengan alami. Semoga apa yang di sampaikan bisa menambah mengetahuan anda, dan juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :