SHARE TO :

Kista Ovarium Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 9:02 am tanggal November 9, 2016

Kista Ovarium Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami – Tiap wanita mempunyai dua indung telur (ovarium), satu bagian kanan dan satu di kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini termasuk dalam sistem reproduksi wanita. Organ ini berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause) dan juga memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungis ovarium terkadang dapat mengalami gangguan dan kista termasuk yang sering terjadi. Kista ovarium adalah berisi cairan yang terbentuk dalam ovarium.

Penyakit kista ovarium pada wanita sering kali membuat takut, karena banyaknya informasi bahwa penyakit kista ini bisa menyebabkan kemandulan dan penyembuhan kista harus dengan melalui prosedur operasi. Kista ovarium adalah kantong kecil yang terbentuk di dalam ovarium atau indung telur wanita. Kantong ini berisi cairan dan dikategorikan sebagai tumor jinak dan tidak berbahaya. Sebenarnya kista dapat hilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus justru menimbulkan masalah kesehatan seperti haid tidak lancar, pendarahan, kista pecah, tidak bisa hamil, batang ovarium, dan juga kanker endometrium.

Kista Ovarium Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Operasi

kista ovarium

Seorang wanita yang sehat biasanya memiliki sepasang ovarium di kanan dan kiri rahim. Setiap ovarium mengghasilkan satu telur setiap bulannya dan telur itu terbungkus dalam kantong yang bernama folikel. Setelah telur matang, telur akan keluar menuju rahim dan dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan tempat bagi telur yang telahg dibuahi oleh sperma. Namun, apabila telur tidak dibuahi, rahim yang menebal tersebut akan luruh bersama telur dan kemudian keluar. Inilah yang disebut menstruasi.

Ketika folikel tidak berhasil pecah untuk mengeluarkan telur di dalamnya, cairan di dalamnya akan membentuk kista kecil yang tidak lebih besar dari 4cm. Kista ovarium ini disebut kista fungsional yang lumrah terbentuk pada salah satu ovarium wanita. Setelah beberapa waktu, kista ini akan menyusut dan hilang dengan sendirinya.

Sebagian besar wanita pernah memiliki kista ovarium. Kista umumnya tidak menyebabkan gejala dan dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan. Tetapi kista berukuran besar atau yang pecah dapat mengakibatkan gejala yang serius sehingga perlu ditangani melalui operasi. Gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai antara lain :

– Menstruasi yang tidak teratur.
– Nyeri pada tulang panggul.
– Sering buang air kecil.
– Pencernaan yang tidak lancar.
– Senatiasa merasa kenyang atau kembung.
– Sulit buang air besar.

Jika anda mengalami gejala kista yang berat seperti sakit panggul yang terasa begitu hebat, badan demam atau meriang, pingsan atau pusing, dan napas cepat, hal ini harus segera ditangani atau memerlukan perhatian medis secepatnya. Gejal-gejal yang berat dapat menunjukkan bahwa kista ovarium mengalami pecah atau terpelintir. Kedua komplikasi ini dapat memiliki dampak yang serius jika tidak diobati secepat mungkin.

Ada banyak faktor atau masalah yang menjadi penyebab kista ovarium yang tersering meliputi :

– Masalah hormonal. Kista fungsional biasanya hilang sendiri tanpa pengobatan. Mereka mungkin disebabkan oleh masalah hormonal atau pengaruh obat untuk membantu merangsang ovulasi.

– Endometriosis. Wanita dengan endometriosis dapat mengembangkan jenis kista ovarium yang disebut endometrioma. Jaringan endometriosis menyebar ke ovarium lalu tumbuh di sana. Kista ini bisa menyakitkan saat “berhubungan” dan selama menstruasi.

– Kehamilan. Kista ovarium biasanya berkembang pada awal kehamilan untuk membantu mendukung kehamilan sampai plasenta terbentuk. Kadang-kadang, kista tetap ada walupun sudah melahirkan.

– Infeksi panggul yang parah. Infeksi dapat menyebar ke ovarium dan tuba falopi dan menyebabkan terbentuknya kista.

Tumor atau kista sering dinamai sebagai kanker serviks yang terjadi pada organ reproduksi seorang wanita akan menyebabkan gangguan yang serius bagi dirinya. Kista ini juga dapat menyebabkan seseorang tidak dapat menghasilkan keturunan. Biasanya kista terjadi karena faktor gentika, tapi tidak menutup kemungkinan jika anda memiliki pola hidup yang buruk, kista juga dapat hinggap di organ reproduksi anda.

Pengobatan Kista Ovarium Secara Alami

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi telah mengarah para ahli menggunakan tanaman-tanaman yang dipercayai mempunyai kandungan yang dapat memperlambat pertumbuhan kista. Adapun tumbuhan tersebut diantaranya :

–  Mahkota Dewa

Dengan kandungan zat aktif dalam mahkota dewa berupa alkoid, polifenol, saponin yang mempunyai peranan anti bakteri dan meningkatkan kekebalan dan vitalitas dan juga adanya flavonoid yang bersifat anti radang untuk mengurangi rasa sakit pada pembengkakan. Anda dapat membuat ramuan mahkota dewa seperti berikut :  30 gram daun mahkota dewa yang dicampurkan dengan 50 gram temu mangga dan 5 gram buah mahkota dewa kering. Anda dapat merebus dengan 800cc air dan sisakan 400cc kemudian saring minum secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Benalu Teh

Benalu yang tumbuh di pohon teh memiliki kandungan flavonoid, chalcones, flavanones, c-glyflavonols dan flavan3-ols yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pengumpalan darah, anti alergi dan anti kanker. Anda dapat meracik ramuan sendiri dengan cara : sediakan 60 gram benalu yang hidup di pohon teh dicampur dengan 30 gram rumput mutiara dan direbus dengan 800cc air kemudian saring masing-masing 200cc. Lakukan secara teratur dan rutin.

Kunyit Putih

Kunyit Putih memiliki khasiat antioksidan dan anti inflamasi yang lebih kuat dibanding dengan hidrokortison. dengan cara 10 gram kunyit kering dicampurkan dengan temu outih, tapak liman kering dan pegagalan kering masing-masing 10 gram dan tambahkan 30 gram cakar ayam segar. Direbus dengan 1 liter air, sisakan setengahnya kemudian angkat setelah dingin lalu saring. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara merupakan tanaman perdu yang liar memiliki manfaat diantaranya untuk kista dan radang panggul. Adapun cara membuat ramuannya adalah dengan mencampurkan 30 gram rumput mutiara dengan 5 gram daging buah mahkota dewa kering kemudian direbus dengan 600 gram hingga tersisa setengahnya kemudian di minum dua kali sehari secara rutin.

Apabila anda atau keluarga anda sedang mengalami beberapa gejala seperti yang telah dijelaskan diatas, segera lakukan pemeriksaan sebelum terlambat. Kebanyakan kasus wanita yang seringkali memeriksakan diri bila rasa sakit yang sudah tidak tertahankan, pingsan, ataupun mengalami pendarah yang liar biasa hebat hingga lemas/anemia. Pengobatan tradisional bisa langsung anda terapkan jika anda mengalami penyakit kista atau langsung saja berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Demikian informasi mengenai kista ovarium dan pengobatan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, jangan anggap sepele jika anda mengalami hal tersebut lakukan pengobatan dan menanganan secepatnya untuk mengurangi resiko yang mungkin akan bertambah parah. Semoga apa yang di sampaikan bisa menambah pengetahuan dan juga bermanfaat bagi anda. TerimaKasih.

SHARE TO :