SHARE TO :

Kolesterol Tinggi Gejala Dan Cara Menurunkannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:14 am tanggal October 29, 2016

Kolesterol Tinggi Gejala Dan Cara Menurunkannya Secara Alami – Kolesterol tinggi atau dalam istilah ilmiah hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebgaian besar diproduksi di hati dan sebagain lainnya di daptkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lemak yang disebut lipid dan mempunyai pean penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal. diproduksi di dalam hati dan juga dapat diberikan dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi. Kolesterol diedarkan dalam darah dengan bantuan protein, dan ketika keduanya sudah bergabung akan menjadi lipoprotein.

Kolesterol Tinggi Gejala Dan Cara Menurunkannya Secara Alami Tanpa Operasi

kolesterol tinggi

Lipoprotein ada dua jenis, pertama LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut juga kolesterol jahat, dan HDL (High Density Lipoprotein) disebut juga kolesterol baik yang dapat melarutkan kolesterol jahat pembentuk timbunan olak pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan aterosklerosis yang keduanya bersemayam di dalam tubuh. Berlebihnya kadar kolesterol di dalam (hiperlipidemia) dapat berdampak burukpada kesehatan anda.

Kelebihan kolesterol biasa terjadi akibat mengonsumi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau karena kurang olahraga. Parahnya, ketika kolesterol dalam darah sudah melebihi batas normal (160-200mg), tidak ada gejala yang dirasakan (meski sebenarnya ada), dan hal ini dapat mengancam kondisi kesehatan anda. Untuk mengetahuinya, pengukuran dapat dilakukan dengan tes darah dan bisa juga ditinjau dari gaya hidup dan riwayat kesehatan keluarga.

Meskipun tadi dikatakan bahwa tidak ada gejala kolesterol tinggi, sebenarnya ada beberapa indikator yang menentukan seseorang mempunyai kadar kolesterol berlebih. Berikut ini gejala tinggi yang apabila diabaikan begitu saja dapt menyumbatkan pembuluh darah dan memicu penyakit jantung. Berikut ada beberapa gejala yang mungkin bisa menjadi suatu tanda anda terkena kolesterol tinggi, diantaranya : Nyeri pada kaki, Kram di malam hari, Kuku berdarah, Kulit ikut berubah, Kaki menjadi dingin, Proses pemiluhan luka yang lamban, mati rasa, diare, lesu disertai migrain, perut kembung, kelebihan berat badan, jantung terasa sakit atau mengalami palpitasi (berdebar-debar), dan muncul benjolan pada beberapa bagian tubuh.

Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhmabat. dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang mengalami stress atau melakukan kegiatan yang berat. Selain itu, kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner. Jika kita tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung.Pada rokok di temukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bia terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

Selain itu, risiko penderita juga meningkatkan jika dia menderita hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke. Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh kondisi genetik (keturunan) yang disebut dengan familial hypercholesterolaemia (FH). Kadar kolesterol penderita kondisi ini tetap tinggi meski telah mengonsumsi makanan sehat.

Pengobatan Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang sangat lazim saat ini. Pola makanan yang tidak sehat, seperti junk food atau fast foos ikut berperan menimbulkan masalah ini. Obat tradisional kolesterol tinggi menjadi solusi yang dipercaya lebih aman dibanding metode konvensional secara medis, karena adanya resiko efek samping jika dikonsumsi secara terus menerus. Ada baiknya anda memilih pengobatan menurunkan kolsterol dengan tanaman tradisional yang sudah dipercaya secara turun temurun dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh maupun mengurangi trigliserida dalam darah.

Menggunakan bahan-bahan tradisional yang alami sangat mudah didapatkan sehingga siapa saja takkan masalah untuk mendapatkannya. Buah-buahan dan tanaman herbal menjadi solusi sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Berikut ada beberapa bahan yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol, yaitu :

  •  Alpukat

Buah ini dipercaya mampu mengatasi kolesterol karena kandungan asam pantotenat, asam folat, dan beragam vitamin lainnya yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Tidak dipungkiri juga beberapa kandungan lainnya seperti asam lemak tak jenuh serta serat, glutation, magnesium, dan lain sebagainya ikut memperkuat manfaatnya. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah alpukat ini adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung, atau juga bisa dalam bentuk jus atau smoothie.

  • Buah Belimbing

Buah belimbing juga dipercaya sebagai obat tradisional kolesterol tinggi. Serat dari buah ini dapat membantu proses penyerapan lemak sekaligus menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. kandungan vitamin C dari buah juga memiliki efek samping positif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengkonsumsinya mudah anda tinggal langsung memakannya atau dibuat jus.

  • Kubis 

Sayuran ini kaya akan kandungan protein, air, serat, lemak, dan lain sebagainya yang bermanfaat secara positif untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh. Selain sebagai sayur, kubis juga bisa diolah dan diambil sarinya. Caranya dengan memotong-motong kubis dan mengambil sari bahan tersebut. Sari kubis bisa dikonsumsi setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  • Akar Manis

Tanaman ini pada dasarnya berguna karena kandungan triterpenoid dan juga bahan-bahan lain seperti biotin, asam sinapic, dan juga beta-sitoterol. Proses pembuatan ramuan bisa direbus dan dicampur dengan air. Saringan dari rebusan akar manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kandungan kolesterol.

Untuk menurunkan kolesterol yang tinggi, kita harus memperhatikan pola makan kita, hindari makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Mungkin salah satu pengobatan diatas bisa membantu anda untuk menurunkan kolesterol tinggi yang anda alami. Jika saran diatas tetap tidak mampu menurunkan kolesterol anda, sebaiknya anda periksakan diri ke dokter. Demikianlah informasi mengenai kolesteol tinggi, semoga bermanfaat. TerimaKasih.

 

SHARE TO :