SHARE TO :

Laringitis Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:23 am tanggal November 11, 2016

Laringitis Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami – Laringitis merupakan peradangan yang terjadi pada laring (letak pita suara di tenggorokan). Penderita laringitis umumnya akan mengalami gejala-gejala, seperti nyeri tenggorokan, batuk-batuk, sulit bicara, suara yang dikeluarkan serak, atau bahkan kehilangan suara sama sekali. Laringitis biasanya hilang dalam waktu 2-3 minggu, namun penyakit ini dapat bertahan lebih lama, sehingga dengan laringitis kronis. Laringitis kronis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, tergantung penyebabnya.

Laringitis cukup sering terjadi. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan banyak bicara, menyanyi, orang yang rutin terpapar asap rokok, atau mengkonsumsi alkohol berlebih. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko yang ada. Konsultasi dengan dokter anda untuk informasi lebih lanjut.

Laringitis Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Secara Alami Tanpa Operasi

laringitis

Pada penderita anak-anak struktur saluran pernapasan yang kecil, gejala sulit bernapas bahkan bisa terjadi. Meski begitu, ini hanya terjadi pada beberapa kasus saja dan pada orang dewasa jarang sekali terjadi. Gejala laringitis biasanya pulih dalam waktu satu minggu tanpa pengobatan. Namun gejala bisa muncul secara tiba-tiba dan terus memburuk selama dua sampai tiga hari. Masalah sulit bicara dan suara serak biasanya menjadi gejala yang terakhir pulih dibandingkan gejala laringitis lainnya.

Jika penderita masih terus merasakan gejala hingga lebih dari 3 minggu, disarankan untuk menemui dokter. Apalagi jika gejala makin parah, terutama menyebabkan sulit bernapas, maka bantuan medis harus secepatnya dilakukan. Terjadinya radang atau pembengkakan pada laring bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

Kerusakan pada pita suara. Hal ini dikarenakan adanya percepatan vibrasi pada organ tersebut yang melebihi batas ketahanan, misalnya akibat berteriak terlalu keras atu bernyanyi dengan suara yang tinggi. Selain itu, kerusakan pita suara dapat terjadi akibat batuk berkepanjangan dan trauma saat penderita melakukan aktivitas fisik atau trauma akibat kecelakaan.

Infeksi virus, bakteri, dan jamur. Virus yang umum menyebabkan laringitis adalah virus flu dan pilek, dari golongan bakteri salah satunya adalah bakteri penyekit difteria, dan dari jenis jamur salah satunya adalah candida yang juga menyebabkan penyakit sariawan. Infeksi jamur dan bakteri pada kasus laringitis sebenarnya jarang terjadi dibandingkan infeksi virus. Biasanya infeksi jamur rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki sistem tubuh yang lemah, misalnya akibat efek samping obat steroid, kemoterapi, atau akibat penyekit HIV/AIDS.

Reaksi alergi terhadap suatu zat kimia atau paparan debu.
Naiknya asam lambung ke tenggorokan lewat kerongkongan pada penyakit refluks gastroesofageal atau GERD. Jika asam lambung mencapai tenggorokan maka risiko untuk terjadinya iritasi laring cukup tinggi.

Mengering dan teriritasinya laring akibat merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Sama seperti kasus GERD, peluang terjadinya infeksi pada laring teriritasi juga cukup tinggi.

Berdasarkan rentang waktu timbulnya gejal, laringitis dibagi menjadi dua, yaitu laringitis jangka pendek (akut) dan laringitis jangka panjang (kronis). laringitis akut lebih sering disebabkan oleh infeksi virus, sedangkan laringitis kronis lebih sering disebabkan oleh reaksi alergi, iritasi dari asam lambung, asap rokok, serta minuman keras.

Pengobatan Laringitis Yang Aman Dan Mudah

Sebenarnya kebanyakan kasus laringitis bisa pulih tanpa menggunakan obat-obatan dalam jangka waktu hingga satu minggu. Tujuan pengobatan biasanya untuk mempercepat kesembuhan dan meminimalisasi gejala yang mengganggu, misalnya nyeri. Namun, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan menurunkan tingkat keparahan gejala laringitis, yaitu :

– Jika anda merasakan gejala nyeri dan sakit yang mengganggu, atau bahkan hingga menyebabkan anda demam, konsumsilah obat-obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen atau parasetamol.

– Minumlah banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

– Jika saluran pernapasan anda terasa tidak nyaman, anda dapat melegakannya dengan menghirup inhaler yang mengandung mentol. Demikian halnya mengonsumsi permen mint dan berkumur-kumur dengan air garam hangat atau obat kumur khusus yang bisa yang bisa di beli di apotik dapat membantu melegakan tenggorokan anda.

– Untuk mengurangi ketegangan pada pita suara anda yang sedang mengalami radang dan mempercepat proses penyembuhan, bicaralah dengan saura perlahan atau bila perlu jangan berbicara terlebih dahulu.

– Menghindari diri dari paparan debu.
– Jangan merokok.

Dan ada beberapa perubuhan gaya hidup atau pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi laringitis, diantaranya :

– Jadwalkan kontrol untuk memonitor perkembangan gejala dan kesehatan anda.
– Dengarkan anjuran dokter, tidak sembarang meminum obat dan tidak semena-mena berhenti mengonsumsi obat yang direspkan.
– Gunakan penghangat atau uap hangat.
– Banyak minum air. Sup hangat seperti sup ayam dapat dikonsumsi.
– Hubungi dokter anda jika anda demam atau sulit bernapas, atau gejala lebih dari 2 minggu.
– Istirahatkan suara anda sebanyak mungkin.

Jika hasil diagnosis menyatakan bahwa laringitis anda didasari oleh kondisi-kondisi tertentu, dokter akan memberikan saran pengobatan untuk menyembuhkan kondisi yang mendasari tersebut. Jika menurut diagnosis dokter laringitis terjadi akibat konsumsi minuman beralkohol atau kebiasaan merokok, maka sepatutnya anda menghentikan kebiasaan tersebut demi mendapatkan kesembuhan.

Untuk itu anda perlu menjaga dan memperhatikan pola gaya hidup anda dengan benar dan anda juga perlu menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya laringitis seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar anda. Demikianlah informasi mengenai laringitis dan pengobatannya yang aman dan cepat, semoga apa yang disampaikan diatas menjadi solusi dan bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :