SHARE TO :

Macam-Macam Bahaya Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:04 am tanggal February 28, 2017

Macam-Macam Bahaya Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer – Pada zaman ini, komputer merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dengan teknologi komputer manusia dipermudah melalkukan aktivitas dengan cepat. Contohnya mengerjakan tugas, bekerja dan lain-lain. Sebab kegunaan teknologi komputer sangat luar biasa, teknologi komputer terus diperbaharui sehingga semakin modern.

akibat-terlalu-lama-didepan-komputer

Karena teknologi komputer tidak dapat dipisahkan dengan aktivitas manusia maka banyak orang tidak bisa beranjak dari tempat duduknya di depan komputer. Tetapi, perlu anda ketahui duduk terlalu lama di depan komputer juga kurang baik bagi kesehatan tubuh. Bahaya dari duduk terlalu lama depan komputer antara lain sebagai berikut :

1. Kerusakan Pada Mata

Seperti yang telah diketahui komputer ketika menyala akan memancarkan radiasi inilah yang membuat pengelihatan orang menjadi terganggu. Bila terlalu lama menatap layar komputer akan mengakibatkan mata merah, mata berair mata perih. jika terus menerus menatap layar komputer dengan waktu yang cukup lama maka dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan mata seperti mata minus.

2. Gangguan Tulang Belakang

Disaat seseorang bekerja dengan menggunakan komputer dalam waktu yang lama, ia akan memposisikan duduknya serileks mungkin sebab hal ini bertujuan agar tidak cepat lelah. Akan tetapi, orang yang dududk dengan rileks tidak memperhatikan posisi duduk dengan benar. Apabila seseorang duduk dengan tidak benar akan mengakibatkan gangguan tubuh bagian belakang. Hal ini diakibatkan sebab salahnya posisi duduk seseorang dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan tulang bengkok ke kiri, ke kanan atau membungkuk. Apabila ini dibiarkan, resiko syaraf tulang belakang terjepit meningkat.

3. Kanker Usus

Menurut penelitian di Australia, orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama mempunyai resiko kanker usus yang cukup tinggi. Hal ini diakibatkan oleh pasifnya tubuh ketika sedang ada di depan komputer sehingga resiko kanker usus pun meningkat.

4. Serangan Jantung

Dari hasil penelitian di london inggris, duduk terlalu lama di depan komputer mampu menyebabkan penyakit jantung sekitar 67%. Hal ini diakibatkan sebab badan kurang gerak sehingga aktivitas jantung dapat terganggu yang memicu serangan jantung.

5. Terjadinya Penggumpalan Darah

Penggumpalan Darah bisa terjadi dikarenakan tubuh tidak melakukan gerakan yang bisa membantu aliran darah menjadi normal. Jelaslah penggumpalan darah akan sangat berbahaya sebab apabila dibiarkan. Gumpalan darah tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah akan sangat berbahaya sebab dapat mengakibatkan kematian secara mendadak

6. Kegemukan

Apabila duduk dalam jangka waktu lama di depan komputer, seseorang beresiko mempunyai kelebihan berat badan atau bisa disebut kegemukan. Lemak dalam tubuh tidak akan diubah menjadi energi apabila seseorang tidak melakukan gerakan apapun. Dampaknya penumpukan lemak di bawah lapisan kulit yang menyebabkan seseorang mengalami kegemukan.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu dampak buruk yang diakibatkan aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer. Gangguan kesehatan ini merupakan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Hal ini diakibatkan pancaran cahaya dari komputer. Cahaya flourescent dari layar komputerlah yang mengakibatkan gangguan kesehatan yang satu ini terjadi saat seseorang berja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama.

8. Terkena radiasi listrik

Sebab perangkat komputer hanya bisa dioperasikan apabila ada listrik, maka penggunaan listrik tidak bisa dipisahkan dari perangkat komputer. Kemudian, listrik ini akan memancarkan radiasi apabila digunakan sehingga sudah dipastikan seseorang tentu akan terpapar radiasi listrik.

9. Menurunnya daya ingat

Dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli, bekerja terlalu lama di depan komputer akan menyebabkan menurunya daya ingat kita. Jika kita bekerja di depan komputer lebih dari 55 jam dalam seminggu mengalami penurunan daya ingat apabila dibandingkan dengan orang yang seminggu bekerja  selama 41 jam di depan layar komputer.

Itulah Macam-Macam Bahaya Yang Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer. Semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan mengenai akibat terlalu lama di depan komputer.

SHARE TO :