SHARE TO :

Mata Malas Penyebab, Gejala, Dan Mengobatinya Dengan Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:25 am tanggal November 14, 2016

Mata Malas Penyebab, Gejala, Dan Mengobatinya Dengan Efektif – Mata Malas adalah gangguan penglihatan sebelah mata pada anak-anak karena otak dan mata tersebut tidak bekerja sama yang mengakibatkan penglihatan menurun. Kondisi ini juga sering dikenal dalam istilah medis Amblyopia dan biasanya diketahui saat anak-anak berusia 4 tahun. Mata malas umumnya dapat mengenai satu mata saja, tapi bisa saja mengenai kedua mata. Mata malas menjadi penyebab tertinggi penurunan tajam penglihatan pada anak.

Otak memilih untuk mengambil gambar dari mata yang lebih kuat dan mengabaikan gambar dari mata yang lebih lemah. Ini berarti bahwa anak menggunakan mata yang kuat lebih daripada mata yang lemah. Jika mata yang lemah tidak digunakan, maka mata yang yang lemah tidak mampu mengembangkan penglihatan yang baik. Hal ini menyebabkan penglihatan berkurang dimata yang lebih lemah. Anak anda mungkin tidak tahu bahwa dia hanya menggunakan satu mata. Hal ini karena mengabaikan gambar dari mata yang lemah merupakan respon otomatis dari otak dan anak anda tidak memiliki kendali atas hal tersebut.

Mata Malas Penyebab, Gejala, Dan Mengobatinya Dengan Efektif Dan Aman

mata malas

Anak-anak jarang mengetahui bahwa mereka mengidap gangguan penglihatan atau tidak bisa menjelaskannya, sehingga mata malas termasuk kondisi yang sulit dideteksi. Karena itu, orang tua sebaiknya mewaspadai gejala dan tanda klinis berikut ini :

– Mata yang terlihat juling sebelah.
– Tidak bisa mengukur jarak.
– Gerakan kedua mata yang tidak sinkron.
– Sering memicingkan atau memejamkan sebeleh mata.

Apabila mengalami gejala dan tanda klinis tersebut, bawalah anak anda ke dokter mata agar kondisi matanya bisa diperiksa secara mendetail. Diagnosis dan pengobatan sedini mungkin sebaiknya dilakukan dengan mendeteksi mata malas sejak dini merupakan hal penting gar angka keberhasilan lebih tinggi dalam mencegah kebutaan permanen. Tajam penglihatan manusia mulai berkembang sejak usia bayi dan menjadi sempurna pada usia 5 tahun.

Perkembangan tajam penglihatan ini dipengaruhi oleh rangsangan visual yang masuk ke mata. Apabila mata mendapat rangsangan visual yang cukup, maka mata dapat berkembang dengan sempurna. Apabila salah satu atau kedua mata mendapatkan rangsangan yang kurang, maka perkembangan tajam penglihatan mata tersebut akan terhambat dan membuat tajam penglihatan menurun atau mata akan menjadi malas.

Mata malas terjadi ketika koneksi saraf dari salah satu mata ke otak tidak terbentuk secara sempurna pada masa kanak-kanak. Mata dengan kemampuan penglihatan yang buruk akan mengirimkan sinyal visual yang kabur atau keliru otak. Otak kemudian akan mengirimkan sinyal lebih sedikit pada mata yang buruk. Lama-kelamaan, kinerja kedua mata menjadi tidak sinkron dan otak akan mengabaikan sinyal dari mata yang buruk tersebut.

Dalam kebanyakan kasus, mata malas atau amblyopia tidak menimbulkan gejala. Tetapi ada beberapa gejala yang mungkin terjadi pada anak anda :

– Memiliki mata yang mengembara atau tidak bergerak sama dengan mata lainnya.
– Memiliki mata yang tidak bergerak dalam arah yang sama atau fokus pada titik yang sama.
– Menangis atau mengeluh dengan satu mata tertutup.
– Menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat sesuatu.
– Memiliki kelopak mata atas yang terkulai.

Pengobatan Penyakit Mata Malas Yang Mudah

Anak-anak dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mata lengkap pada usia 3-5 tahun, karena sebagian besar anak-anak usia ini dpat merespons tes mata lewat pemeriksaan ini. Diagnosis dan pengobatan sebaiknya dilakukan sedini mungkin (dianjurkan sebelum anak berusia 5 tahun). Tujuan pengobatannya adalah untuk :

– Menangani gangguan mata yang menjadi penyebab mata malas.
– Membantu agar penglihatan pada mata yang buruk dapat berkembang dengan baik.
– Mencegah gangguan atau kehilangan peenglihatan permanen.

Tingkat keparahan mata malas dan dampaknya pada penglihatan anak akan menentukan langkah pengobatan yang sesuai. Beberapa langkah penanganan untuk mengobati gangguan mata ini biasa disarankan oleh dokter, diantaranya :

Menggunakan kacamata. untuk mengatasi gangguan mata sepeti rabun jauh, rabun dekat, serta astigmatisme. Mata juling dan mata malas juga terkadang bisa ditangani dengan menggunakan kacamata.

Penutup mata. Yang digunakan pada mata normal guna merangsang mata yang buruk. Cara ini paling efektif bagi pengidap balita dan penutup mata biasanya dipakai selama 2-6 jam per hari.

Obat tetes mata. Agar mata yang normal menjadi kabur. Hal ini akan mendorong anak-anak untuk menggunakan mata malas mereka. Namun, obat tetes mata berpotensi memicu efek sampign berupa iritasi mata, kulit kemerahan, serta sakit kepala.

Operasi. Langkah yang paling akhir adalah dengan melakukan operasi, prosedur ini dianjurkan untuk menangani katarak serta memperbaiki otot pada mata juling. Meski tidak bisa memperbaiki kemampuan visual, mata pasien akan menjadi lebih sinkron dan kinerja kedua mata pun akan meningkat.

Perawatan dan pengobatan untuk mengatasi mata malas bisa dilakukan dengan memperbaiki kondisi gangguan mata yang mendasarinya, seperti strabismus (juling), atau memperbaiki kondisi yang disebabkan oleh kesalahan bias. Selain itu, untuk mengatasi mata malas bisa dengan melakukan latihan mata ambliopik sehingga pandangan mata dapat berkembang dengan benar.

Masa pengobatan mata malas kemungkinan akan berlangsung selama 6 bulan hingga 2 tahun. pastikan anak anda menjalani pemeriksaan rutin selama dan setelah penanganan agar dokter bisa memantau keefektifan pengobatan serta perkembangan visual anak. Sebagian besar pengidap mata malas membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan sampai ada peningkatan pada kemampuan visual.

Keberhasilan pengobatan bergantung pada separah apakah mata malas tersebut, dan umur anak pada saat pengobatan dimulai. Jika terdiagnosis dini, pengobatan sukses mudah tercapai, dan masa pengobatannya pun lebih singkat. Jika terdeteksi setelah umur 8 tahun, tingkat keberhasilan cenderung rendah.

Anda perlu memperhatikan kesehatan mata anak anda dengan baik agar anda lebih mudah mengetahui jika terjadi gangguan pada mata pada anak sedini mungkin. Mata adalah organ tubuh manusia yang sangat penting khususnya untuk penglihatan. Jika mata kita tidak sehat maka aktivitas sehari-hari pun akan terganggu karena mata adalah jendelanya dunia. Untuk itu kesehatan mata sangatlah penting bagi kehidupan anda dan juga anak anda. Jaga pola hidup anak anda dengan mengajarkan nya hidup sehat dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai masalah gangguan kesehatan mata yaitu Mata Malas serta pengobatannya yang mudah. pengobatan yang paling efektif yaitu dengan menggunakan kacamata. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :