SHARE TO :

Nyeri Punggung Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:57 am tanggal October 29, 2016

Nyeri Punggung Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif – Nyeri punggung adalah nyeri atau kekauan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, sera cenderung memburuk di kala malam. Nyeri punggung dapat terpicu oleh postur tubuh yang tidak ideal saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh efek mengangkat benda yang terlalu berat.

Nyeri punggung ini adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum di derita oleh kaum pria. Mungkin anda pernah mengalami nyeri punggung, dan jika belum, suatu saat mungkin anda akan mengalaminya. Diperkirakan bahwa 80% orang amerika dewasa menderita nyeri punggung di titik-titik tertentu pada masa hidup mereka. Nyeri punggung ini adalah penyakit yang paling sering menyebabkan karyawan kehilangan jam kerja mereka, lebih sering dibandingkan gangguan-gangguan kerja lainnya.

Nyeri Punggung Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya Yang Efektif Dan Alami

nyeri punggung

Keluhan yang paling sering dirasakan oleh kaum pria yang menderita nyeri punggung adalah nyeri pada bagian punggung bawah. sumber sakit nyeri punggung adalah otot-otot yang lemah atau kaku di daerah punggung, perut, dan urat-urat lutut. Masalah punggung sering diperparah oleh gaya hidup manusia sekarang yang lebih banyak duduk yang tidak hanya menyebabkan ketegangan do punggung bangian bawah, tetapi juga sering menyebabkan kegemukan.

Nyeri punggung biasanya tidak disebabkan oleh hal serius dan dapat ditangani hanya dengan terus aktif bergerak dan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Namun pada beberapa kasus, dapat sangat menyiksa dan menimbulkan sakit yang tidak tertahankan hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

Khususnya untuk golongan orang lanjut usia (lansia), nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi sebagai efek penuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kasus nyeri punggung bawah banyak terjadi pada wanita yang berumur 40-80 tahun. Walau demikian, nyeri punggung lain juga dapat disarankan pada sepanjang tulang belakang, dari leher hingga panggul. Berikut ada beberapa jenis nyeri punggung berdasarkan penyebab dan lokasi nyerinya :

Frozen Shoulder, yaitu kemunculan sakit dan kaku pada leher.
Skiatika, yaitu nyeri karena iritasi dan tekanan pada saraf skiatik.
Whiplash, yaitu cedera pada leher karena benturan yang terjadi secara tiba-tiba.
Ankylosing spondylitis, yaitu peradangan kronis yang berdampak kepada tulang belakang, tepatnya diarea pertemuan antara tulang belakang dan pelvis.
Slipped disc, ketika cakram sendi tulang punggung rusak dan akhirnya menekan saraf yang ada di dekatnya.
– Nyeri punggung yang tidak memiliki sebab yang spesifik atau tidak diketahui.

Untuk orang-orang yang menderita nyeri punggung berkepanjangan setalah mengalami patah ruas tulang belakang, menggunakan korset, alat penahan punggung atau lat penyangga untuk metih postur tubuh dalam jangka pendek mungkin disarankan untuk mengurangi beban pada bagian punggung yang sakit dan mempertahankan bentuk tulang belakang yang bagus.

Tanpa berkunjung ke dokter, nyeri punggung pada umumnya akan membaik dengan sendirinya, namun jika ras sakitnya tidak kunjung hilang dan sudah tidak tertahankan anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter. Ada gejala lain yang kadang mengiringi nyeri punggung seperti demam, berat badan menurun drastis, nyeri yang menjalar ke bawah lutu dan pembengkakan di punggung yang dapat menjadi tanda-tanda penyakit yang lebih seirus. Segera hubungi dokter jika nyeri punggung disertai dengan gejala-gejala yang telah disebutkan.

Pengobatan Nyeri Punggung Secara Alami Dan Efektif

Biasanya nyeri punggung akan membaik setelah dirawat beberapa minggu. Namun jenis pengobatan akan dibeda-bedakan sesuai dengan tingkat keparahannya, lama terjadinya, dan kebutuhan tiap pengidap. Ada beberapa langkah untuk mengatasi nyeri punggung ini, diantaranya :

Teruslah bergerak aktif

Pengidap nyeri punggung biasanya berfikir untuk beristirahat hingga sakit mereda, namun nyatanya diketahui bahwa dengan beraktivitas, penderita nyeri punggung justru memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau melakukan kegiatan sehari-hari justru akan membantu pemulihan nyeri anda.

Mengonsumsi obat pereda rasa sakit

Ada beberapa obat pereda rasa sakit yang biasanya gunakan untuk meredakan nyeri punggung, yaitu :

– Paracetamol.
– Obat-obatan anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen.
– Kodein, bersifat lebih keras dan kadang-kadang digunakan bersamaan dengan paracetamol.

Waspadai efek samping dari obat pereda rasa sakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal, memicu reaksi alergi, hingga ketagihan.

Mengubah gaya hidup

Kelebihan berat badan, stress, dan postur tubuh yang buruk juga bisa menjadi penyebab nyeri punggung. Olahraga dapat membantu mencegah kondisi ini, sehingga anda terhindar dari nyeri. Pilihlah aktivitas yang anda nikmati dan mendatangkan manfaat seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga.

Namun, ada beberapa pengobatan yang lebih efektif dan bisa anda lakukan sendiri di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

  • Bawang Putih 

Bawang putih dapat dijadikan obat untuk meringankan nyeri punggung. Kandungan yang terdapat pada bawang putih dipercaya sebagai obat untuk menyembuhkan sakit pada banyak tubuh manusia. Cara pembuatan obat alami nyeri punggung ini yaitu dengan memotong satu siung bawang putih, lalu dicampur dengan minyak mustard. Gosokkan ramuan krim tersebut ke daerah punggung yang sakit.

  • Kentang 

Ada beberapa nutrisi yang terdapat pada kentang yang dapat melawan rasa nyeri, termasuk pada daerah punggung. Cara pembutaannya sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk kentang yang sebelumnya sudah direbus. Lulurkan ramuan kentang tersebut ke area punggung selagi masih hangat.

  • Pijatan 

Memijat adalah cara pengobatan yang paling efektif untuk mengobati sakit punggung yang dapat anda coba atau lebih sering dilakukan saat orang mengalami nyeri sendi. Pemijatan adalah teknik pengobatan yang sudah dipercaya sejak lama. Dan menggunakan jasa pijat profesional, bagian otot-otot pada punggung anda akan kembali bekerja dengan baik dan rasa nyeri serta ketegangan akan hilang.

Masalah nyeri punggung ini jika terus dibiarkan akan menjadi sakit punggung yang bertambah parah. Maka dari itu, jika anda mengalami nyeri punggung sebaiknya anda melakukan gerakan-gerakan ringan untuk mengatasi masalah nyeri punggung anda atau melakukan pengobaan dengan menggunakan Obat Alami Nyeri Sendi Dan Tulang agar nyeri punggung anda tidak menghambat aktivitas sehari-hari.

Demikianlah informasi mengenai nyeri punggung dan cara pengobatannya yang aman dan alami, semoga apa yang telah disampaikan bisa menambah pengetahuan anda, dan apa yang telah di jelaskan mengenai obat alami untuk nyeri punggung bisa menjadi solusi pengobatan anda. Terima Kasih.

SHARE TO :