SHARE TO :

Obat Alami Dan Tradisional Asam Urat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:17 am tanggal September 29, 2016

Obat Alami Dan Tradisional Asam Urat – Asam urat adalah masalah kesehatan yang saat ini membayangi masyarakat modern. Penderita asam urat juga tidak hanya dari kalangan orang tua saja namun juga beragam umur. Penyakit asam urat pada umumnya menyerang otot, sendi, dan sistem tulang di area sekitarnya, bahkan penyakit ini bisa menggangu sistem imun tubuh. Asam urat sering diartikan juga dengan penyakit rematik, asam urat dan rematik memiliki pengertian yang berbeda. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Untuk pengertian asam urat jika diartikan secara medis adalah penyakit yang diakibatkan oleh terjadinya penumpukan kristal kristal asam urat pada persendian yang berasal dari kelebihan kadar urat pada tubuh didalam darah. Hal ini juga bisa disebabkan oleh ketidak seimbanya dari fungsi ginjal. Bila dalam pengeluaran zat makanan yang dikeluarkan oleh ginjal mengandung kadar asam urat berlebih maka hal ini akan diedarkan keseluruh bagian sendi yang menyebabkan terjadinya keluhan nyeri pada sendi.

Obat Alami Dan Tradisional Asam Urat Paling Efektif

obat asam urat

Asam urat ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: Faktor usia, faktor kesehatan organ tubuh, faktor pola makan, faktor resiko pengobatan medis. Masalah asam urat akan timbul ketika kadarnya yang berlebihan, sehingga ginjal menjadi tidak mampu mengatur kadarnya, mengakibatkan kelebihan yang akan tertimbun pada jaringan dan sendi.

Penumpukan dalam waktu lama akhirnya menyebabkan rasa nyeri dan sakit di persendian, dan bila didiamkan akan menjadi semakin parah, yaitu terjadi pembengkakan dan peradangan, sehingga lambat laun si penderita tidak dapat berjalan. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendiri jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka diatas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya timbul setelah menopause. Rasa sakit bisa jika terkena asam urat berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga. Sebenarnya, masalah asam urat bisa diatasi dengan tanaman obat asam urat. Ada beberapa pilihan obat asam urat yang dapat dimanfaatkan dan tiap orang memiliki kecocokan yang berbeda mengenai obat tersebut dan memilih yang terbaik.

Pengobatan Tradisional pada dasarnya hanya berdasarkan dari pengetahuan, keterampilan, dan praktek berdasarkan teori, serta dari keyakinan dan pengalaman masyarakat yang disampaikan dari generasi ke generasi baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga obat tradisional asam urat kebanyakan belum teruji secara klinis, walaupun tetap dipercaya oleh masayarakat akan keampuhannya.

Obat Asam Urat Dengan Bahan Tradisional

Terdapat beragam jenis obat asam urat tradisional dari tumbuhan yang bisa anda lakukan untuk mengobati asam urat, diantaranya :

Daun salam

Daun salam dipercaya dapat mengobati penyakit asam urat, berikut adalah resepnya : 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc air, nah air hasil rebusan inilah yang diminum sebagai obat.

Tempuyung

Senyawa yang terkandung didalam tempuyung diantaranya, alfa-lactocerol, manitol, inositol, ilica, kalium, flavonoid, dan taraksasterol. Selain dipercaya dapat mengobati asam urat.

Sidaguri

Tanaman ini mengandung senyawa alkanoid, fenol, kalsium, tanin, saponin, asam amino, minyak asiri, zat phlegmatic, kalsium oksalat, steroid, flavonoid, dan efedrin. Resepnya adalah rebus akar sidaguri kering ( di iris tipis-tipis) secukupnya (10-15gr)  dalam 3 gelas air, sampai air tersisa 1 gelas, kemudian diminum sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas.

Kumis kucing

Tanaman ini cukup dikenal sebagai media herbal yang mujarab. Kandungan terbaik dari obat ini adalah garam kalium yang bisa berfungsi sebagai penghancur batu pada saluran kencing. Kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang bisa menyingkirkan kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui proses buang air kecil atau urin.

Daun sirsak

Daun ini juga bisa meringan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat, obat tradisional untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. Caranya :
> Ambil daun sirsak muda sebanyak 5 lembar.
> Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih.
> Minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin.
> lakukan cara tersebut rutin tiap hari.

Jahe

Obat tradisional ini juga mampu meredakan nyeri sendi karen asam urat, sebab jage bisa mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Cukup mengkonsumsi jahe dengan cara dijadikan soup atau lainnya maka khasiat jahe akan terasa jika anda mengkonsumsinya secara rutin.

Bunga rosela

Obat dari tanaman ini mengandung banyak zat penting yang sangat dibutuhkan diantaranya seperti protein esensial, dan vitamin C. Cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat dirumah

> Siapkan 5 kelopak bunga Rosella kering dan sudah dicuci bersih.
> Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 200cc.
> Tambahkan madu sebagai pemanis.
> Rutinlah meminum ramuan tradisional tersebut lebih kurang selama 1 bulan agar khasiatnya cepat terasa.

Daun seledri

Seledri mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh diantaranya klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A. Sehingga cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. Cara membuatnya obat tradisional ini, yaitu :

> Siapkan biji seledri sebanyak 2 gram yang sudah dicuci bersih.
> Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit.
> Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya sebagai obat tradisional.
> Minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari.

Alternatif tanaman obat asam urat memang beragam. Bahan-bahan ini pastinya mudah didapat dan tersedia di lingkungan sekitar. Selain mudah di dapat, anda juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, karena bahan-bahan ini bisa di dapat secara gratis. Selain itu, Sebaiknya anda juga melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan-makanan yang meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Obat tradisional ini jauh lebih aman di bandingkan dengan obat kimia yang di jual di toko terdekat, dan obat tradisional juga sangat minim resiko terjadinya efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Demikian informasi mengenai obat tradisional asam urat, mungkin anda bisa mencoba beberapa obat yang telah dijelaskan diatas, dan juga bia menjadi solusi bagi anda yang memiliki asam urat. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :