SHARE TO :

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sariawan Efektif dan Murah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:34 am tanggal October 29, 2016

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sariawan Efektif dan Murah – Stomatitis Aftosa atau lebih dikenal sebagai Sariawan merupakan gangguan kelainan yang muncul pada bagian selaput mulut berupa sebuah luka berwarna putih kekunig-kuningan. Sariawan ini dapat diderita oleh siapa saja, muali dari anak-anak hingga orang sewasa.

sariawan di lidah, bibir atau sekitar mulut bagian dalam bisa muncul jika Anda sedang stres, terkena virus, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sariawan Secara Ampuh

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sariawan

Meski tidak menyebabkan kematian, akan tetapi luka akibat sariawan tersebut sangat mengganggu aktivitas. Apalagi ketika kamu ingin menelan sesuatu makanan tertentu, rasanya terkadang sangat perih dan meradang. Sariawan akan hilang dan sembuh dalam jangka waktu 10 hingga 14 hari. Namun, Jika parah sariawan tersebut bisa bertahan di mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Berikut adalah Beberapa Obat alami untuk menyembuhkan sariawan:

  • Berkumur dengan larutan garam (½ sdt garam dan segelas air) selama 3-4 kali sehari. Atau dengan larutan baking soda (1 sdt baking soda dan ½ cangkir air hangat).
  • Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari
  • letakan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh.
  • Minum banyak air juga bisa menjadi obat sariawan alami.
  • Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
  • Konsumsi makanan, sayuran dan buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin B dan zat besi.
  • Hindari merokok saat sedang menderita sariawan.
  • Hindari konsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan sakit lebih lanjut.
  • Konsumsi makan lunak yang mudah di telan, di potong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.

Jika berbagai cara sudah Anda lakukan tapi sariawan masih ada di mulut, sebaiknya segera datangi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat. Apalagi jika luka sariawan ternyata terus berulang, semakin membesar, menyebar, berlangsung selama tiga minggu atau lebih dan terasa sangat sakit, bahkan jika sudah menelan obat antinyeri. Konsultasikan pula dengan dokter jika Anda merasa kesulitan ketika minum atau menderita demam tinggi ketika sariawan.

Cara Mencegah Sariawan

  • Menggunakan sikat gigi yang bagus
    Penyebab sariawan bisa disebabkan karena mulut atau gusi terbentur oleh sikat gigi ketika sedang menggosok gigi dengan cepat. Oleh sebab itu Anda bisa mencari sikat gigi yang aman dan berbahan lembut, sehingga ketika menggosok gigi tidak akan terluka.
  • Tidak memakan makanan yang keras
    Karena sariawan dapat disebabkan karena tergigit ketika sedang memakan sesuatu. Oleh karena itu hindari makanan yang keras, sehingga ketika akan menggigitnya tidak akan menggigit lidah dan mengakibatkan luka.
  • Tidak berlebihan memakan makanan pedas
    Cabai memang mengandung vitamin C yang baik untuk mencegah sariawan. Namun jika mengkonsumsi makanan pedas juga bisa memicu sariawan, sehingga membuat Anda terganggu ketika ingin makan. Oleh sebab itu makan makanan pedas dengan cukup, agar mencegah penyebab sariawan terjadi.
  • Kurangi stres
    Stres bisa menjadi penyebab sariawan terjadi. Karena stres dapat menurunkan siklus sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki untuk melawan virus dan juga kuman. Oleh sebab itu jaga pikiran Anda agar tenang dan tidak stres. Karena ketika stres akan menimbulkan berbagai penyakit yang dapat mengganggu.
  • Mengkonsumsi buah-buahan
    Buah mengandung banyak vitamin yang bagus untuk tubuh, sehingga untuk mencegah penyebab sariawan terjadi Anda bisa mengkonsumsi buah, terutama buah yang mengandung vitamin C.

Walaupun banyak obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan, Selalu jaga kesehatan mulut kita dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari agar sariawan tidak datang lagi. Demikian artikel mengenai obat alami untuk menyembuhkan sariawan efektif dan murah. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

SHARE TO :