SHARE TO :

Obat Osteoporosis Untuk Lansia Dari Bahan Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:28 am tanggal September 19, 2016

Obat Osteoporosis Untuk Lansia Dari Bahan Alami – Masa usia lanjut adalah masa terjadinya penurunan fungsi organ tubuh, tetapi bukan berarti harus mengalami banyak penyakit. Masa tua yang diidam-idamkan adalah masa tua yang sejahtera. Namun, tidak bisa dipungkiri, bahwa seseorang ketika memasuki masa tua akan mengalami banyak penurunan fungsi tubuh dan banyak ancaman penyakit tua yang mungkin tidak dapat disadari. salah satu penyakit yang mengancam lansia yaitu penyakit osteoporosis.

Osteoporosis yaitu pengeroposan tulang yang terjadi karena gangguan metabolisme kalsium. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang lemah dan penuaan. Penyakit ini membuat tulang menjadi rapuh, mudah patah, atau bahkan akan ada tekanan ringan seperti membungkuk yang dapat menyebabkan patah tulang. Tulang merupakan jaringan hidup yang secara terus-menerus rusak dan diganti. Osteoporosis akan terjadi pada saat penciptaan tulang baru yang tidak bersaing dengan penghapusan tulang yang sudah tua.

Obat Osteoporosis Untuk Lansia Dari Bahan Alami Tanpa Operasi

oesteoporosis

Secara ilmiah penyakit osteoporosis adalah penyakit rapuh tulang yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kaum wanita saja, pria pun dapat mengalami penyusutan kepadatan tulang setelah mencapai masa tua.

Akan tetapi wanita mempunyai peluang  lebih besar dibanding pria, karena penyusutan tulang sangat banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen. Proses menuju menopause terjadi ketika fungsi indung telur mengalami penurunan dalam memproduksi hormon. Pada saat mulai terjadi penurunan fungsi ini gejala-gejala menopause mungkin muai terasa meskipun menstruasi tetap datang. Saat mulaui nampak ada perubahan pada haid,misalnya menjadi lebih singkat atau lebih memanjang, atau banyaknya darah haid yang keluar tidak konsisten lagi dari bulan ke bulan.

Tulang yang mudah patah akibat osteoporosis adalah tulang belakang, tulang paha, dan tulang pergelangan tangan. Masa tulang dipengaruhi oleh kalsium dimana kalsium yang sangat berperan adalah kalsium ion yang di pengaruhi :

– Hormon paratinoid yang berperan dalam proses resorpsi tulang dengan mengaktifkan osteoklast yang akan meningkatkan kadar kalsium dalam darah.
– 1,25 dihidroksi vitamin D merangsang munculnya osteoblast baru yang akan merangsang osteoklast
– Kalsitonin Berperan sebagai pencegah osteoklast.

Oesteoporosis dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

– Oesteoporosis primer

Pada jenis ini terdapat pada wanita pasca menopause (postmenopause oesteoporosis) dan pada pria atau wanita yang barusia lanjut (senile oesteoporosis). Dan jenis ini biasanya terjadi pada usia 50-an, dimana hormon estrogen wanita akan mengalami penurunan 2-3 tahun sebelum menopause timbul dan terus berlangsung sampai 3-4 tahun setelah menopause dan seterusnya.

– Oesteoporosis sekunder

Jenis ini diakibatkan oleh penyakit atau kelainan tertentu, atau bisa pula akibat tindakan pembedahan atau pemberian obat yang mempercepat pengoroposan tulang.

Gejala Oesteoporosis

Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur akan timbul nyeri dan perubahan bentuk tulang. Seseorang dengan oesteoporosis biasanya akan memberikan keluahn atau gejala sebagai berikut :

–  Tinggi badan semakin berkurang.
–  Bungkuk atau bentuk tubuh berubah.
–  Patah tulang.
–  Nyeri bila ada patah tulang.
–  Sering mengalami sakit pinggang.
–  Kaki mulai bengkok, umumnya berupa bentuk O.

Cara Mencegah Osteoporosis

– Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, pada orang dewasa memerlukan kalsium 1000-1200 mg perhari (susu, yoghurt, keju, ikan salmon, dan brokoli)
– Suplemen kalsium
– Berjemur dibawah sinar matahari
– Rajin berjalan kaki, senam dan jogging.

Obat Osteoporosis Dari Bahan Alami Dan Efektif

Mengonsumsi tempe secara teratur dapat mencegah penyakit oesteoporosis. Tingginya kalsium yang terdapat pada tempe berguna penderita oesteoporosis.

Ada beberapa cara pengobatan oesteoporosis dengan bahan tradisional dan alami, yaitu :

– Alpukat

Haluskan buah alpukat dengan yogurt atau susu, lalu minum. Minuman ini kaya akan kalsium dan vitamin D yang bekerja membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan pemanfaatanya.

– Kedelai

Kedelai mengandung genestein, sejenis estrogen nabati. Estrogen menjaga tulang dan mencegah penyakit jantung. Dalam menjaga tulang, kedelai memadatkan dan menguatkannya.

– Jahe

Mencegah erosi tulang dan memperbaiki tulang yang terkena radang. Dimana peradangan merupakan salah satu pengoroposan tulang. Jahe dapat mencegah oesteoporosis.

– Peterseli

Mengandung penguat tulang, seperti borondan flour. Daunnya dapat dikonsumsi langsung atau dihaluskan dan ditambah minyak zaitun.

Obat untuk oesteopororsis juga bisa dengan buah-buahan seperti Nanas, jeruk keprok (grapefruit), kenari, buah tin, almond, kiwi, citrus, seperti lemon dan jeruk yang kaya akan vitamin C.

Kurang nutrisi bisa menyebabkan gangguan menstruasi, yang dampaknya akan menyebabkan tubuh kurus dan juga penurunan hormon sehingga salah satu risikonya yaitu penyakit osteoporosis. Atau yang parahnya juga jika penyakit osteoporosis terjadi akibat dampak dari operasi yang di jalani.

Osteoporosis adalah penyakit yang paling sering kita alami ketika usia sudah tua/lansia, tapi kita masih bisa mencegah dan mengobati penyakit ini. Segala penyakit pasti ada obat nya, akan tetapi ada baiknya mencegah penyakit menyerang tubuh kita, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berolahraga lah secara rutin, ini akan membantu anda menjaga kesehatan tulang anda secara alami, karna tulang jika tidak di jaga dan dirawat akan rusak ibarat pisau yang tidak pernah diasah pasti lama kelamaan akan menjadi tumpul. Hidup sehat adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan anda. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda dan solusi untuk anda. Terima Kasih.

SHARE TO :