SHARE TO :

Obat Ramuan Tradisional Batuk Secara Alami Dan Mudah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:14 am tanggal October 27, 2016

Obat Ramuan Tradisional Batuk Secara Alami Dan Mudah – Batuk adalah respons alami dari tubuh sebgaian sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru. Batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Ramuan buatan sendiri seperti air madu dan lemon bisa membantu meringankan batuk ringan.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada musim hujan maupun pencaroba. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, maupun batuk berdahak, pasti sangat menganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, beristirahat tidak nyenyak.

Obat Ramuan Tradisional Batuk-batuk Secara Alami Dan Mudah

batuk

Pada umumnya batuk terjadi karena adanya sesuatu benda asing yang biasanya berupa debu atau juman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Hal ini kemudian membuat rasa gatal dan benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh dengan cara batuk. Ada dua jenis batuk yaitu batuk kering dan berdahak. Tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasa terjadi pada tahap akhir pilek atau ketika ada paparan bahan iritan. Sedangkan pada batuk berdahak, batuk justru sangat membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru.

Banyak orang yang salah mengartikan batuk sebagai serangan bakteri atau virus sehingga minum obat batuk anti biotik untuk menyembuhkannya. Padahal sejatinya batuk dapat reda dengan sendirinya setelah gangguan ditenggorokan hilang atu penyakit yang diderita sudah sembuh. Batuk itu sendiri bukanlah penyakit melainkan hanya gejala. Artinya batuk tersebut apabila bersifat abnormal pasti ada penyakit yang mendasarinya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu dan resptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian resptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Disini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Pengobatan Batuk Menggunakan Bahan Tradisional

Ada banyak jenis obat batuk yang bisa anda beli di apotek, baik itu secara bebas maupun menggunakan resep dokter. Sebisa mungkin hindari menggunakan obat kimia atau antibiotik untuk mengobati batuk. Lebih baik anda menggunakan bahan tradisional atau menggunakan ramuan tradisional yang bisa anda buat sendiri. Ada beberapa bahan tradisonal yang bisa anda gunakan atau anda buat, diantaranya :

Sirih Merah

sirih merah

Sirih merah ini juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk jika diolah dengan benar. Bukan karena rumbuhan merambat ini cantik tapi khasiat tanaman ini juga sangat baik untuk mengatasi batuk. Cara pembuatannya : Ambil 5 lembar daun sirih merah. Rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas air. Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur.

Jeruk Nipis

jeruk nipis

Bahan alami ini sangat berkhasiat untuk menyingkirkan batuk berdahak. batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lendir di saluran pernapasan. Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis ini bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah, satu buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.

Jahe

jahe

Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bia mengobati batuk berdahak. Bagi yang sedang menderita batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe atau lebih dikenal dengan wedang jahe setidaknya satu kali sehari. Cara membuat ramuannya sangatlah sederhana ; iris jahe, kemudian rebus jahe tersebut dan tuangkan ke dalam cangkir, tambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat. Atau bisa juga dengan menyiapkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas, masukkan ke dalam segelas teh hangat lalu minum sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Minumlah Secara teratur dan rutin untuk membuat batuk mengurangi batuk anda.

Kencur

kencur
Dalam mengobati batuk, kencur sangatlah manjur apabila di padukan dengan jahe. Cara membuatnya : siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat setidaknya dua kali sehari.

Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

Rasa belimbing wuluh ini asam dan sering digunakan sebagai salah satu bahan utama sayur asam, atau kadang diolah menjadi manisan belimbing wuluh. Namun, meskipun rasanya sangat asam, belimbing wuluh juga ampuh mengobati batuk. Cara pembuatan belimbing wuluh : ersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum  hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Kunyit

kunyit

Kunyit telah dikenal sejak lama sebagai tanaman rimpang yang kaya akankandungan anti-biotik yang mampu mengatasi peradangan saluran pernapasan yang mengakibatkan batuk kering. Cara pembuatannya : siapkan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica, campurkan kedua bahan tersebut dalam air mendidih lalu aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari.

Banyak bahan-bahan tradisional yang bisa kita buat menjadi ramuan untuk mengobati batuk. Pengobatan menggunakan bahan teradisional lebih mudah dan juga sangat efektif untuk mengobati gangguan pada kesehatan tubuh. Batuk adalah hal yang biasa dalam kehdiupan sehari-hari, tapi jika batuk terjadi terus menerus dan tidak mau berhenti, ini bisa berbahaya apalagi batuk berdarah.

Untuk itu cobalah untuk melakukan beberapa pengobatan agar batuk bisa cepat sembuh dan tidak menggangu aktivitas anda terhambat. Demikianlah informasi mengenai obat tradisional batuk, mudah-mudahan beberapa obat yang dijelaskna bisa menjadi solusi untuk anda melakukan pengobatan batuk. Semoga bermanfaat.

SHARE TO :