SHARE TO :

Obat Ramuan Tradisional Untuk Insomnia Paling Efektif

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 9:01 am tanggal October 5, 2016

Obat Ramuan Tradisional Untuk Insomnia Paling Efektif – Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur. Umumnya kesulitan tidur ini disebabkan adanya gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur. Hal ini biasanya diperberat oleh adanya perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teraturnya jam tidur, sering begadang, dan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman, terutama yang mengandung kafein dan juga rokok yang menyebabkan seseorang susah tidur.

Seiring bertambahnya umur seseorang, maka jam tidur juga akan semakin berkurang. Hal demikian, sebenarnya merupakan perkara wajar. Semakin tua seseorang, maka ia akan sering mengalami keadaan terjaga di waktu tidurnya. Orang terjaga pada tengah malam atau dini hari juga lebih sering dialami oleh para orang tua karena menganggap waktu tidurnya terasa berkurang.

Obat Ramuan Tradisional Untuk Insomnia Paling Efektif  Tanpa Operasi

insomnia

Pada usia berapapun, seseorang yang terkena insomnia (kurang tidur) menandakan bahwa orang tersebut sedang mengalami depresi (stres). Oleh karena itu, penderita insomnia (susah tidur) dianjurkan agar mengendorkan pikiran-pikiran yang mengganggunya. Bagi penderita insomnia juga disarankan agar berangkat tidur pada waktu yang sama di setiap harinya, melakukan olahraga rutin setiap hari, tidur tidak dalam keadaan lapar, usahakan untuk mematikan lampu menjelang tidur, tidak merokok atau minum alkohol sebelum tidur dan yang paling penting adalah berdo’a sebelum tidur.

Seorang pengidap insomnia biasanya sulit tertidur pada waktu malam, tapi ia bangun terlalu awal di pagi hari. Ia sering terbangun diantara tidurnya dimalam hari. Seseorang yang menderita insomnia juga seringkali merasa tidak segar saat ia bangun dari tidurnya, ia juga tidak bisa tidur walaupun tubuhnya sudah capek dan juga sulit berkonsultasi.

Kebanyakan orang yang mengalami insomnia ini lebih sering menggunakan atau mengonsumsi obat tidur. Sebenarnya, ada cara lebih efektif untuk bisa menghilangkan insomnia tanpa melibatkan penggunaan obat-obatan. Ada baiknya anda melatih diri tentang teknik-teknik yang mampu mengurangi stress, seperti yoga, meditasi atau relaksasi. Penatalaksanaan insomnia sejak dini akan membantu kesulitan tidur akibat psikis.

Beberapa informasi yang harus anda cantumkan di dalam buku harian tidur biasanya meliputi waktu yang dibutuhkan untuk terlelap, pukul berapa kira-kira anda mulai tidur, berapa kali anda terbangun di malam hari, dan pukul berapa anda terbangun. Informasi yang lengkap akan membantu dokter menangani insomnia anda dengan tepat.

Konsumsi obat tidur bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi gangguan tidur, karena dapat menimbulkan ketergantungan dan tidak menyelesaikan masalah sebenarnya. Cara paling ampuh untuk mengobati insomnia adalah dengan menggunakan bahan alami dan juga ramuan tradisional yang biasa dilakukan sebagian masyarakat yang percaya akan khasiat ramuan ini.

Obat Ramuan Tradisional Untuk Insomnia Paling Efektif

Berikut adalah beberapa obat ramuan untuk penderita insomnia :

– Akar melati

Sediakan 1/2 jengkal akar melati, cuci hingga bersih, selajutnya, akar ditumbuk dan diseduh bersama air hangat. Setelah itu, diaduk dan disaring, anda bisa meminum airnya. Minumlah ramuan ini secara rutin dan teratur.

– Sayur kangkung

Sediakan seikat batang dan daun kangkung, setelah itu dicuci bersih, anda bisa memasaknya sebagai tumis. Sebagain orang mempercayai bahwa sayur kangkung ini adalah obat tidur tradisional sejak dulu. Dikonsumsi sehari dua kali.

– Minum susu

Untuk mengobati susah tidur atau insomnia anda, Cobalah minum susu hangat yang dicampur dengan madu. Dikonsumsi pada malam hari satu jam menjelang tidur.

– Bawang putih

Kupas kulit bawang putih. Setelah dikupas, bawang putih mentah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Anda bisa menelannya secara langsung menjelang tidur malam.

– Daun kopi muda

Ambil segenggam daun kopi muda, direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih. Minum airnya sebanyak dua kali dalam sehari.

– Buah pala dan madu

Siapkan 1 buah pala dan 1 sdm madu murni. Buah pala ditumbuk, kemudian di seduh bersama segelas air panas. Tambahkan madu ke dalamnya, lalu minum selagi hangat.

– Biji teratai

Siapkan 10 gram biji tanaman teratai. Setelah anda mencucinya, rebus sampai mendidih, minum airnya selagi hangat.

– Bunga adas

Ambil 7 gram bunga adas, kemudian dicuci dan direbus bersama air bersih. Kemudian bunga adas direbus hingga mendidih. Air rebusan untuk diminum. Atau anda juga bisa menggunakan buah adas. Cara membuatnya adalah buah adas yang sudah dibersihkan ditumbuk sampai halus. Kemudian diseduh menggunakan air panas. Aduk merata, lalu diminum pada saat masih hangat.

– Jamur kayu

Siapkan jamur kayu 3-10 gram dan air secukupnya. Jamur kayu terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian jamur kayu direbus sampai mendidih. Air rebusan tersebut dikonsumsi.

– Daun pegagan

Siapkan daun pegagan dua lembar, ketumbar ½ sendok makan, kangkung segar tiga potong serta biji jintan putih satu sendok teh. Daun pegagan dan kangkung terlebih dahulu dicuci bersih. Kemudian bahan-bahan yang tersedia direbus dengan air dua gelas sampai mendidih. Biarkan hingga airnya menjadi setengahnya. Setelah matang, lalu disaring. Diminum pada malam hari sebelum tidur.

– Daun putri malu

Tanaman ini mengandung melatonin yang memiliki efek sedatif (penenang syaraf) dan efek relaksasi. Putri malu efektif untuk mengatasi insomnia secara alami. Ambil 33 gram daun putri malu, 35 gram daun calincing dan 20 gram daun sawi langit. Semua bahan direbus dengan dua gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas, kemudian disaring. Minum airnya sebelum tidur malam, sebanyak 1 gelas.

Namun, zat yang terdapat di dalam daun putri malu memiliki efek yang sangat kuat terhadap rasa kantuk, jangan disalah gunakan. Bahkan dapat menyebabkan anda tertidur lelap. Konsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan keracunan.

Demikian ramuan herbal untuk mengobati Insomnia. Anda bisa memilih salah satu ramuan herbal yang telah disebutkan di atas. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan anda, dan bijak dalam menggunakannya. Obat tradisional jauh lebih baik daripada menggunakan obat kimia. Terima Kasih.

SHARE TO :