SHARE TO :

Obat Rematik Menggunakan Tanaman Herbal Dan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:21 am tanggal September 19, 2016

Obat Rematik Menggunakan Tanaman Herbal  Dan Tradisional – Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh masyarakat di indonesia. Rematik merupakan sekumpulan penyakit yang dikenal cukup rumit dan menyerang bagian sendi, otot, tulang dan jaringan lunak yang ada disekitar bagian tubuh tersebut. Rematik ini sendiri akan menghubungkan semuanya membentuk gangguan di sistem imun atau kekebalan tubuh anda.

Rematik juga dapat berujung pada bahaya karena ketika telah mencapai tingkat kronisnya dapat menjadi salah satu penyebab kelumpuhan pada anggota gerak pada tubuh penderita. Mereka yang umumnya mengalami rematik sendiri akan mengeluhkan nyeri pada bagian sendi, nyeri ini disebabkan oleh cukup banyak faktor. Misalnya seperti infeksi, trauma dan lain sebagainya. Banyak orang guna mengatasi rematik adalah dengan meminum obat atau ramuan rematik tradisional yang selama ini lebih dikenal sebagai jamu.

Obat Rematik Menggunakan Tanaman Herbal Dan Tradisional Paling Aman

obat rematik

Rematik sering disebut dengan rheumatismos, rheumatism, reumatik atau rematik yang secara sederhana bisa diartikan sebagai kondisi kerusakan sendi akibat tidak lancarnya proses perbaikan secara terus-menerus dalam sendi tersebut.

Keadaan tersebut akan semakin parah dengan hadirnya cairan yang dianggap jahat (mukus) yang mengalir dari otak sendi dan struktur lain di dalam tubuh. Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

 

Penyebab rematik sampai saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Wanita lebih mungkin terkena penyakit ini dibandingkan dengan pria. Pada wanita yang sudah terkena rematik, kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisinya.

Ada beberapa jenis rematik, diantaranya sebagai berikut :

– Osteoartritis

Penyakit rematik jenis ini biasanya menyerang usia 40 tahun ke atas, dan jenis ini disebabkan oleh sistem kerja atau juga fungsi tulang sendi yang semakin menurun, serta adanya kerusakan dibagian tulang rawan sendi. Penyebab terjadinya osteoartritis adalah akibat kelainan tulang, kepadatan tulang yang terjadi dengan tidak seimbang serta mengalami obesitas. Selain itu tulang lebih padat atau keras dan tidak membantu untuk mengurangi benturan beban yang didapat dari tulang rawan sendi. Akibatnya adalah membuat tulang rawan sendi menjadi lebih cepat rusak.

– Arthritis reumatoid

Penyakit pada jenis ini lebih sering menyerang bagian sendi tangan dan kaki. Dan penyakit rematik jenis ini juga lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria, rata-rata usia penderitanya menyerang usia muda yaitu usia 25 tahun.

– Arhritis gout

Pada jenis penyakit yang satu ini lebih dikenal dengan asam urat atau penyakit pirai. Dan harus diketahui juga bahwa penyakit asam urat yang berkaitan erat dengan jenis dari penyakit rematik yang satu ini. Kedua penyakit ini bisa saling berhubungan antara satu dengan yang lain, dan karena asam urat lebih sering menyerang bagian sendi, dan juga urat halus yang berasal dari sel syaraf yang terhubung langsung dengan tulang. Penyakit jenis ini lebih sering menyerang pria, gejala uang akan dirasakan adalah ketika usia memasuki 45-60 tahun keatas.

Ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak terjadi rematik yang parah, seperti :

– Hindari minuman beralkohol karena tidak baik di konsumsi bagi penderita rematik baik wanita maupun pria, dan minuman ini juga bisa menganggu fungsi organ ginjal.

– Jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi, karena kopi juga mempunyai sisi buruk. Kopi ini merupakan pantangan rematik yang harus di hindarkan agar tidak semakin parah.

– Tomat, walaupun tomat memiliki banyak vitamin, pada pantangan rematik pun tidak bisa mengkonsumsinya. Karena akan membuat penyakit ini semakin mengkhawatirkan.

– Tidak boleh memakan makanan cepat saji terlalu sering, terlebih pada penderita rematik.

Pada setiap orang gejala rematik yang dirasakan berbeda-beda. Berikut ini adalah gejala umum dari gejala rematik :

– Kekakuan sendi di pagi hari.
– Pembengkakan dan nyeri sendi.
– Adanya benjolan atau nodul.
– Penumpukan cairan.

Obat Rematik Menggunakan Tanaman Tradisional

– Daun sirsak

Daun yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup banyak sekali sehingga mampu mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh. Daun sirsak juga dipercaya mampu meringankan nyeri sendi yang diakibatkan oleh rematik.

– Daun cerries

Buah yang satu ini sangat berkhasiat sekali untuk mengobati rematik karena mengandung magnesium yang tergolong sangat baik, yang mana bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit rematik, anda perlu mengkonsumsinya secara teratur.

– Bunga rosela

Bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri, yang mana bunga rosela mengandung zat yang sangat penting bagi tubuh.Bunga ini mengandung asam amino arginina dan legnin yang mampu meremajakan sel pada tubuh.

– Jahe

Jahe dipercaya bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit rematik, karena jahe bisa memperlancarkan sirkulasi darah.

– Daun seledri

Daun seledri juga memiliki khasiat untuk mengobati rematik karena memiliki zat yang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, yaitu klorin, sulfur, folat, asam lemak esensial, inositol, fosfor, selenium, seng, potassium, mangan, vitamin B1 dan Vitamin A sehingga dipercaya sekali mampu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh rematik.

– Daun dandelion

Tanaman obat tradisional yang mampu mengobati rematik. Daun dandelion yang mengandung vitamin C dan vitamin A yang relatif tinggi dan mampu memperbaiki kerusakan pada bagian tubuh dan mengeluarkan racun dalam darah.

– Lengkuas

Lengkuas juga memiliki khasiat yang luar biasa sebagai pereda rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan oleh penyakit rematik dan asam urat.

Itulah beberapa tanaman tradisional yang dipercayai mampu mengobati rematik secara alami sampai tuntas tanpa menimbulkan efek samping. Penyakit rematik memang tidak dapat disembuhkan secara total, namun ada banyak cara untuk mencegah rematik dan meminimalisir rasa sakit pada persendian penyakit rematik.

Untuk kasus yang berat, maka terapi relaksasi juga perlu dilakukan dalam membantu mengatasi keluhan penyakit rematik. Demikianlah informasi mengenai obat rematik tradisional dan alami, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

SHARE TO :