SHARE TO :

Obat Sakit Maag Akut dan Kronis Tradisional Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:07 am tanggal September 28, 2016

Obat Sakit Maag Akut dan Kronis Tradisional Alami – Sakit maag yang hinggap pada diri kita bisa menyebabkan masalah yang lebih serius lagi kedepannya karena beberapa orang mengindap penyakit secara kronis. Penyakit maag terbukti amat menggangu dan bahkan bisa membuat seseorang tidak dapat melakukan aktivitas secara normal.

Namun, ketakutan akan ketergantungan terhadap obat kimia membuat banyak orang memilih obat sakit maag tradisional. Maag merupakan salah satu penyakit perut yang diderita oleh banyak orang. Penyakit ini menyerang bagian lambung. Gejala yang muncul adalah nyeri perut, kembung, dan juga mual-mual. Penyakit ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja.

Obat Sakit Maag Akut dan Kronis Tradisional Alami Ampuh

Obat Sakit Maag Akut dan Kronis Tradisional Alami

Penyebab Penyakit Maag

Untuk mencerna makanan, lambung menghasilkan zat asam. Meski zat asam merupakan sesuatu yang penting dalam proses pencernaan, namun zat ini juga dapat menyebabkan radang dan kemudian luka pada permukaan lambung yang dikenal sebagai tukak. Untuk mengantisipasinya, lambung melapisi permukaannya dengan lendir.

Umumnya tukak lambung disebabkan oleh obat-obatan inflamasi non steroid (OAINS) atau bakteri H. pylori. Bakteri H. pylori dan OAINS dapat merusak pertahanan lambung (lendir) terhadap asam.

Meski kadar asam yang dihasilkan pada sebagian besar penderita tukak lambung tidak terlalu tinggi, namun zat asam tersebut tetap harus dihambat agar radang bisa sembuh. Setelah radang sembuh, barulah penyebabnya dicari dan diatasi untuk mencegah sakit maag kambuh.

Bakteri H. pylori.

H. pylori merupakan singkatan dari Helicobacter pylori. Sakit maag akibat bakteri ini sudah sangat umum. Meski begitu kadang-kadang infeksi yang diakibatkan oleh bakteri ini tidak selalu menimbulkan gejala signifikan sehingga ada beberapa penderita yang tidak sadar bahwa dirinya telah terinfeksi.

Belum diketahui pasti kenapa sebagian orang rentan terhadap infeksi H. pylori, sementara sebagian lainnya tidak. Jauhilah merokok karena dianggap dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap bakteri ini. Sakit maag juga merupakan kondisi yang dapat menurun dalam keluarga. Faktor genetika membuat sejumlah orang lebih sensitif terhadap H. pylori.

Obat anti inflamasi non steroid (OAINS)

Pada umunya OAINS digunakan sebagai pereda sakit, panas dan radang. Contoh-contoh OAINS yang umum digunakan adalah naproxen, aspirin, ibuprofen, dan diclofenac. Selain guna OAINS yang disebutkan sebelumnya, aspirin juga digunakan untuk mencegah pengumpalan darah yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Jika penggunaan OAINS membuat Anda berisiko terkena sakit maag atau dapat memperparah sakit maag, maka disarankan untuk tidak menggunakannya. Ada obat pereda rasa sakit lainnya yang biasanya disarankan oleh dokter, seperti misalnya parasetamol.

Tetapi, jika risiko tidak menggunakan OAINS lebih besar daripada risiko sakit maag (contohnya seperti risiko serangan jantung), maka dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk tetap menggunakannya. Namun OAINS yang disarankan umumnya adalah aspirin dengan dosis rendah. Setelah itu penggunaan aspirin biasanya akan dokter kombinasikan dengan obat penghambat pompa proton (PPP) untuk mengurangi asam lambung dan mencegah risiko komplikasi akibat sakit maag.

Berbagai Pilihan Obat Sakit Maag Tradisional Alami

Ada banyak ramuan herbal untuk mengobati maag yang telah digunakan selama bertahun-tahun oleh masyarakat. Berikut adalah beberapat pilihannya:

  • Kunyit
    Siapkan 2 batang kunyit dan cuci bersih terlebih dahulu, kemudian parut dan campurkan dengan ari yang cukup. Meminum 2 kali sehari ramuan tersebut dapat mengurangi dan menghilangkan sama sekali masalah penyakit maag. Rasa kunyit memang kurang enak, namun bisa memberikan efek yang positif untuk kesembuhan anda dari maag. Anda juga bisa memvariasikan ramuan tersebut agar khasiatnya lebih maksimal.
  • Daun jambu biji
    Ramuan kedua yang sering dimanfaatkan terbuat dari daun jambu biji. Siapkan 9 lembar daun jambu biji, rebus dan campur dengan 1,5 liter air. Air rebusan tadi bisa anda minum 3 kali sehari. Maag akan berangsur menghilang seiring asalkan anda menjalani terapi rebusan daun biji ini secara teratur dan konsisten.
  • Biji pepaya dan daun pepaya
    Ambil biji pepaya secukupnya dan jemur hingga kering kemudian tumbuk sampai halus. Tumbukan tadi bisa diseduh dan dikonsumsi untuk diminum secara teratur. Jika anda bisa menahan sedikit rasa pahit, maka ramuan daun pepaya dapat menjadi alternatifnya. Siapkan 5 gram daun pepaya, 10 gram saun seruni putih, 10 gram daun pegangan, 5 gram kencur, 5 gram sembung, dan air matang. Bersihkan semua bahan dan tumbuk hingga halus. Tambahkan dengan air matang kemudian minum saat anda mengalami gangguan lambung.
  • Kacang kedelai
    Siapkan kacang kedelai secukupnya, sangrai tanpa minyak dan tumbuk. Kemudian, anda dapat meminumnya dengan cara menyeduh secara rutin 3 kali dalam beberapa minggu. Untuk pencegahan, anda bisa mengkonsumsi ramuan sekali sehari. Kacang kedelai merupakan obat sakit maag tradisional yang cukup diminati karena rasanya lebih enak.
  • Madu dan lidah buaya
    Khasiat madu untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, madu juga berkhasiat untuk melindungi lambung dari bakteri dan kuman. Sedangkan lidah buaya sama seperti kunyit yang terkandung minyak atsiri. Selain itu zat aloebarbadiod dan aloemoedin pada lidah buaya mampu memperlancar sistem perncernaan.
  • Buah alpukat dan daunnya
    Alpukat yang banyak terkandung vitamin A, B komplek, E dan D juga mampu mengatasi sakit maag, Mengobati sakit maag dengan alpukat cukup mudah yakni Anda hanya tinggal konsumsi alpukat secara mentah, Anda juga bisa membuatnya sebagai jus Namun jangan tambahkan dengan Gula. Selain buahnya, ternyata daun alpukat juga efektif untuk mengatasi sakit maag kronis.

Itulah beberapa obat sakit maag akut dan kronis tradisional alami yang ampuh meredakan sakit maag. Namun sakit maag apakah bisa sembuh total dengan obat tradisional diatas? jawabannya tidak, karena sakit maag merupakan sebuah penyakit yang dapat kambuh kembali jika penderitanya makan tidak teratur (sering telat makan) dan makan terlalu banyak.

Untuk itu agar sakit maag tidak kambuh lagi sebaiknya jaga pola makan Anda secara teratur. Ini merupakan cara terbaik untuk mencegah sakit maag kambuh kembali. Itulah beberapa cara untuk mengobati sakit maag tradisional alami yang bisa Anda buat di rumah, semoga bermanfaat. Terimakasih.

SHARE TO :