SHARE TO :

Obat Tradisional Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Efek Samping

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:51 am tanggal October 13, 2016

Obat Tradisional Nyeri Haid Paling Efektif  Tanpa Efek Samping  – Nyeri haid adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah dan bisa menyebar hingga punggung dan paha. Nyeri yang dirasakan terkadang cukup menganggu. Pada sebagian wanita, nyeri haid yang terjadi bisa cukup parah dan menganggu aktivitas sehari-hari. Wanita akan merasakan nyeri sebelum dan ketika mengalami menstruasi, dan bisa bertahan selama dua hingga empat hari. Nyeri haid berbeda dengan sindrom pramenstruasi (PMS), tapi gejala dari kedua kondisi ini bisa dianggap sebagai proses yang saling berkaitan.

Di dalam masa menstruasi, memang tidak jarang seorang wanita akan dihadapkan pada rasa nyeri di bagian perut. Meskipun pada kenyataannya hal semacam ini dianggap normal dan sudah biasa akan dialami oleh seorang wanita, akan tetapi memang rasa nyeri seperti ini tetap mengganggu aktivitas yang harus dilakukan selama haid.

Obat Tradisional Nyeri Haid Paling Efektif  Tanpa Efek Samping

nyeri haid

Untuk mengatasi masalah nyeri haid memang tidak jarang para kaum hawa membeli obat-obatan yang masih belum terjamin kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu jika terus menerus dibiarkan tentu saja akan menimbulkan berbagai macam efek yang buruk untuk tubuh. Bukan hanya akan menimbulkan masalah jangka pendek saja, namun juga menyiksakan masalah yang cukup serius di masa yang akan datang, misalnya s berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker rahim dan sejenisnya.

Nyeri haid yang muncul ketika mengalami masa menstruasi, dinding otot rahim akan berkontraksi lebih kuat. Kondisi ini berlangsung untuk mengikis lapisan paling dalam dinding rahim. Saat berkontraksi, rahim menekan pembuluh darah. Sebagai akibatnya, tekanan ini menghentikan pasokan darah dan juga pasokan oksigen ke dalam dinding paling dalam rahim.

Nyeri haid yang dirasakan beberapa wanita akan terasa lebih kuat, meski belum diketahui alasan yang pasti tentang penyebabnya. Ada kemungkinan bagi mereka yang sering mengalami nyeri haid memproduksi lebih banyak prostaglandin. Prostaglandin akan mendorong rahim untuk berkontraksi lebih kuat lagi. Akibatnya, rasa sakit yang muncul juga meningkat.

Nyeri haid yang muncul karena disebabkan oleh kondisi medis biasanya disertai gejala lain seperti terjadinya pendarahan antar dua masa menstruasi, siklus menstruasi tidak teratur, cairan vagina yang kental atau berbau tajam, dan rasa sakit yang muncul ketika berhubungan seksual.

Obat Tradisional Nyeri Haid Paling Efektif

Nyeri haid biasanya dapat ditangani sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan dokter. Obat-obatan penghilang rasa sakit dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala yang muncul. Selain itu, ada berbagai jenis obat yang bisa dibeli bebas di apotek untuk mengatasinya. Namun, pengobatan nyeri haid juga bisa anda lakukan atau menggunakan obat ramuan tradisional yang merupakan pengobatan paling sederhana dan juga mudah dilakukan. Berikut ini anda bisa memilih beberapa pengobatan dengan bahan tradisional, diantaranya ;

Ramuan Kunyit

Air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium serta membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim. Di dalam air rebusan asam jawa anda akan menemukan kandungan potassium yang cukup tinggi. Asam jawa bahkan berguna untuk memberi efek astringent yang sangat baik di dalam membantu meredakan efek panas yang terjadi pada perut selama masa haid.

Daun Mint

Cara mengatasi nyeri dengan daun mint ini mudah, tidak perlu dikunyah. Cukup dengan diseduh bebarengan dengan teh, kemudian diminum 1-2 cangkir setiap hari. Rasa nyaman akan mulai timbul di perut, dan nyerinya akan sedikit berkurang.

Jahe

Jahe juga bisa mengatasi nyeri haid yang anda rasakan, caranya : Iris 5 cm jahe tipis-tipis kemudian remukkan. Rebus di dalam panci yang diisi 3 gelas air, sisakan hingga 1 gelas saja. Tambahkan sedikit gula, minum tiga kali sehari (1 gelas untuk sehari, dibagi 3).

Daun Kemangi

Kemangi juga dapat meringankan nyeri haid. Namun, ia juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga lebih baik tidak dikonsumsi terlalu banyak. Cara mengonsumsi daun kemangi ini cukup campurkan pada masakan atau sambal sebagai lalap.

Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan anti peradangan dan membantu meredakan nyeri haid. Cukup diseduh bersama teh, atau dicampurkan pada bahan kue atau masakan.

Air Kelapa Hijau

Air kelapa Hijau sudah dipercaya dan dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit, seperi keracunan makanan hingga obat nyeri saat menjelang haid. Cara mengonsumsi air kelapa ini dicampur dengan gula kelapa/gula aren/madu. Minumlah 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid.

Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya khasiat, salah satu khasiatnya yaitu untuk mengobati nyeri haid pada wanita. Cara mengonsumsinya Siapkan 250 gram wortel, kemudian dicuci bersih. Potong-potong, beri sedikit air dan diblender. Minum jus wortel tersebut secara teratur 2 kai sehari.

Kencur

Kencur juga bisa jadi obat untuk mengatasi nyeri haid. Cara mengonsumsinya : Siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari (cuci bersih lalu parut), sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Saring airnya dan diminum 2kali sehari setiap pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas tiap kali minum.

Lengkuas

Bumbu dapur seperti lengkuas ini juga bermanfaat menyembuhkan nyeri haid. Cara mengonsumsinya : Siapkan seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, kupas, memarkan, 1 sendok makan penuh ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, cuci bersih. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk digunakan 2 hari. Minum pagi dan sore 1/2 gelas. Yang belum terminum simpan di lemari es.

Bawang putih

Bawang putih memang tidak asing lagi dalam dunia pengobatan tradisional. Bawng putih ini juga mengobati nyeri haid, cara mengonsumsinya: ambil 2 siung bawang putih, kupas kulit arinya, kunyah sampai halus lalu telan. Setelah itu, minum air hangat.

Obat-obatan tradisional ini sangat efektif dan minim sekali efek samping berbahaya apapun selama anda mengonsumsi sewajarnya. Tapi untuk nyeri haid yang parah, anda disarankan menemui dokter untuk memeriksa faktor penyebab yang mendasari munculnya nyeri haid.

Demikianlah informasi mengenai obat tradisional nyeri haid. Semoga apa yang telah di sampaikan bisa menjadi solusi pengobatan untuk anda khususnya wanita. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :