SHARE TO :

Obat Tradisional untuk Diare Paling Ampuh dan Cepat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:13 am tanggal September 29, 2016

Obat Tradisional untuk Diare Paling Ampuh – Banyak orang yang mengalami diare, namun banyak yang tidak mengetahui apa obat diare terbaik yang dapat mengatasi keluhannya tersebut. Mungkin banyak yang telah mencoba obat-obatan diare yang banyak tersedia di apotek ataupun toko obat, namun diare tak kunjung sembuh dan tetap saja menimbulkan penderitaan.

Diare atau mencret (bahasa kasar) atau diarrhea (bahasa Inggris) merupakan sebuah penyakit yang berpusat pada sistem saluran cerna, dapat menyebabkan kematian apabila tidak diberi perawatan sedini mungkin. Seseorang dikatakan diare bila dalam 24 jam (sehari) frekuensi BAB melebihi tiga kali dengan bentuk feses atau tinja yang cair. Balita harus mendapat penanganan medis bila terkena diare, karena pada tahun 2004 lebih dari 1,5 juta orang yang menderita diare mengalami kematian, kebanyakan adalah balita.

Penyebab Diare

Obat Tradisional untuk Diare Paling Ampuh

Seperti yang kita ketahui, bahwa diare terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, sehingga membuat seseorang buang air besar lebih sering dari biasanya (lebih dari 3 kali sehari) dengan tinja berair atau encer. Diare dapat disertai dengan gejala seperti sakit perut, kembung, mual dan dapat mengakibatkan komplikasi seperti dehidrasi. Agar dapat mengetahui obat diare yang pas untuk anda, maka ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab diare diantaranya adalah Konsumsi makanan pedas, asam, dan bercampur santan sekaligus secara bersamaan tidak jarang mengakibatkan diare karena usus kaget dan tidak siap menyerap semuanya, otomatis terjadi ketidak optimalan proses penyerapan cairan yang seharusnya menjadi feses normal berbentuk padat, alhasil terjadilah diare. Alkohol juga menjadi penyebab diare paling banyak, terutama di negara asing. Infeksi virus, infeksi bakteri, konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi, stress atau kecemasan, intoleransi makanan, dan penyakit usus seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Gejala Diare

Gejala diare berbeda-beda, ada yang hanya mengalami sakit perut singkat dengan tinja yang tidak terlalu encer sampai ada juga yang mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer. Biasanya diare jangka panjang membuat penderita kerap merasa ingin buang air besar.

Beberapa gejala diare diantarnya:

Diare biasanya akan pulih dalam waktu sampai 4 jam. Namun anda dianjurkan untuk memeriksakan diri pada dokter jika mengalami diare lebih dari satu minggu atau diare tersebut sampai mengganggu tidur Anda. Selain itu, temui dokter jika anda mengalami diae yang disertai dengan muntah-muntah, darah pada tinja atau pendarahan di dalam anus, mencret parah yang mengarah kepada dehidrasi, penurunan berat badan, atau jika anda mengalami diare setelah mengonsumsi sntibiotik dan menjalani perawatan di rumah sakit.

Pada anak-anak, diare umumnya berlangsung sekitar lima hari sampai seminggu. Jika lebih lama dari waktu tersebut atau diare mereka disertai muntah, ada darah pada tinja, dan menceret parah, segera periksakan dirinya ke dokter. Pemeriksaan dokter juga perlu segera dilakukan apabila anak (terutama bayi) Anda buang air besar enam kali atau lebih sering dalam sehari.

Obat Tradisional Diare Yang Terbukti Ampuh

Sebelum menggunakan obat-obatan alangkah baiknya menggunakan bahan alami terlebih dahulu untuk mengobati diare. Salah satu bahan tersebut adalah:

1. Yogurt
Yogurt banyak tersedia dipasaran, namun banyak yang belum tahu bahwa makanan ini dapat menyehatkan pencernaan bahkan menjadi obat diare alami, hal ini karena yogurt mengandung bakteri baik (probiotik), terutama bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium.

Jadi, bakteri dalam yogurt akan membantu memulihkan bakteri ‘baik’ dalam usus dan menghancurkan bakteri ‘buruk’ yang menyebabkan diare. Dalam sebuah studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam ournal of American Medical Association, para peneliti menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Di samping itu, yogurt juga dapat digunakan untuk mengobati diare akibat infeksi bakteri.

Menggunakan dua gelas kecil atau kemasan yogurt perhari sudah bisa melegakan keluhan diare yang anda alami. Bisa juga ditambah dengan mengonsumsi pisang untuk hasil yang lebih baik.

2. Jahe
Tumbuhan jamu ini sudah lazim digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati diare. Jahe digunakan dalam pengobatan keracunan makanan dan juga dapat membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut.

Dalam rangka mengobati diare, Anda dapat menggunakan jahe ini dengan cara sebagai berikut:

  • Sediakan sepotong kecil jahe bersih kemudian parut. Lalu tambahkan satu sendok teh madu. Kemudian dapat langsung dikonsumsi. Hindari minum air segera setelah memakannya.
  • Anda juga dapat minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk menyembuhkan diare. Siapkan beberapa potong jahe ukuran sedang, iris-iris dengan ukuran sesuai selera kemudian rebuslah dengan air mendidih, saring, tunggu hingga hangat kuku lalu tambahkan madu sebelum diminum. Jika anda tidak memiliki jahe segar, maka dapat menggunakan bubuk jahe yang mungkin ada di dapur anda.

3. Apple Cider Vinegar (Cuka Apel)
Obat diare alami lainnya yang mudah didapat yaitu sari cuka apel. Di dalam cuka apel terkandung zat yang efektif melawan bakteri penyebab diare. Gunakan dengann cara menambahkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air. Minum larutan sekali atau dua kali sehari sampai diare reda.

4. Pisang
Ketika seorang pasien mengalami diare dokter selalu menganjurkan untuk memakan pisang, tujuannya agar diare cepat sembuh. Kenapa ? Karena pisang mengandung pektin yang sangat tinggi.

Apa itu pektin ? Pektin adalah serat larut dalam air yang membantu memadatkan feses sehingga dapat mengurangi diare. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, elektrolit yang mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

5. Minyak Habbatussauda
Jinten Hitam atau Habbatussauda banyak dipakai untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti gas, kolik, asma, sembelit dan diare. Untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti gas, kolik, asma, sembelit dan diare. Untuk mengobati diare, kita gunakan minyak Habbatussauda dengan cara sebagai berikut:

  • Campur satu sendok teh minyak Habbatussauda dalam secangkir yogurt.
  • Makan campuran ini dua kali sehari sampai gejala diare benar-benar hilang.

6. Nasi Putih
Ini sebenarnya bukan koategori obat diare, mungkin lebih tepatnya dimasukkan ke dalam kelompok makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diare. Nasi putih adalah salah satu makanan pokok yang baik dikonsumsi selama menderita diare karena mudah dicerna. Selain itu, dapat membantu mengurangi jumlah tinja encer dengan cara menambah volume padat pada tinja.

9. Sup Wortel
Sup Wortel adalah makanan sehat yang diyakini memiliki efek antidyspeptic. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak memulihkan diri dari diare karena memberikan nutrisi penting tyang hilang selama diare. Untuk dapat menggunakan wortel sebagai obat diare alami, lakukan dengn cara berikut:

  • Siapkan wortel sebanyak 500 gram, cuci, kupas, potong-potong sesuai selera.
  • Masaklah wortel seperti biasanya yakni dengan menambhakn satu-setengah cangkir air kemudain rebus sekitar 15 menit.
  • Tambahkan sedikit garam secukupnya.
  • Makan sup wortel ini setiap hari selagi segar selama beberapa hari ketika Anda menderita diare.

10. Banyak Minum
Salah satu komilikasi atau dampak bahaya akibat diare adalah dehidrasi atau hilangnya sebagian besar cairan tubuh, baik melalui mencret ataupun muntah. Oleh karena itu cairan yang hilang ini harus segera diganti dengan cara banyak minum.

Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari, namun jangan hanya minum air putih, karena air putih saja tidak dapat mengganti lektrolit yang hilang. Oleh karena itu minumlah juga air kelapa, kaldu, sup sayuran, jus apel, dan oralit jika tersedia. Anda juga bisa minum minuman olahraga yang tidak mengandung kafein.

Hindari minuman berkafein dan beralkohol. Hindari juga minuman asam seperti jus tomat dan jus jeruk serta kuah masakan yang terasa pedas atau makanan pedas lainnya.

Cukup sekian artikel yang kami bahas tentang Obat Tradisional untuk Diare Paling Ampuh kali ini, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh. Terima kasih.

SHARE TO :