SHARE TO :

Obat Tradisional untuk Sakit Kepala Migrain Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:51 am tanggal September 28, 2016

Obat Tradisional untuk Sakit Kepala Migrain Secara Alami– Semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala, mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti migrain atau sakit kepala sebelah. Apabila gangguan ini datang rasa sakitnya kadang tak tertahankan dan bahkan mengganggu aktifitas.

Beberapa penderita akut biasanya sampai mual dan muntah dan harus istirahat total di tempat tidur. Ada banyak penyebab sakit migrain di kepala yang muncul tiba-tiba seperti karena stress, kurang tidur, dalam pengaruh obat dan lain-lain. Pada umumnya penderita akan meminum obat sakit kepala semacam aspirin atau obat-obatan farmasi lainnya untuk mengurangi rasa sakitnya. Setelah minum obat rasa sakit biasanya mereda tapi kadang hanya sementara dan akhirnya kambuh lagi.

Penyebab Sakit Kepala Migrain

Obat Tradisional untuk Sakit Kepala MigrainSakit kepala Migrain bukanlah penyakit melainkan gejala dari adanya penyakit lain atau gangguan pada organ atau sistem tubuh. Untuk mengobati sakit kepala (migrain), penderita perlu memeriksa dan mengetahui penyebab sakit kepalanya.

Salah diagnosis akan mengakibatkan salah penanganan dan sakit di kepala tidak akan kunjung sembuh. Berikut ini adalah penyebab sakit kepala migrain yang paling umum adalah:

  • Kurang istirahat / kurang tidur.
  • Stress atau cemas
  • Over asupan kafein, baik itu melalui kopi, teh ataupun coklat
  • Radiasi
  • Benturan pada kepala.
  • Over exercise (olahraga berat)
  • Terkena hembusan kipas angin atau AC
  • Kekurangan cairan
  • Terpapar sinar matahari
  • Perut kosong
  • Aroma khas tertentu
  • Mata lelah atau minus
  • Kekurangan Vitamin D
  • Mengalami tumor pada kepala
  • Menderita infeksi THT
  • Menghirup gas berbahaya

Dengan mengetahui pencetus atau penyebab sakit pada kepala, dokter yang menangani akan mengetahui cara mengobatinya dan bisa memberi resep obat yang tepat.

Penggunaan obat dalam jangka waktu yang panjang akan mempengaruhi bagaimana organ tubuh lain berfungsi seperti ginjal dan hati. Dan karenanya diperlukan kehati-hatian dalam mengonsumsinya, atau jika diperlukan lebih baik beralih ke obat sakit kepala alami atau herbal.

Obat Tradisional Sakit Kepala Migrain Secara Alami

Hingga saat ini masih sedikit yang tahu bahwa di sekitar kita terdapat bahan-bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala migrain. Diantaranya adalah dengan cara:

–  Cara mengatasi migrain dengan teh jahe hangat
Minuman hangat akan membantu melancarkan peredaran darah tubuh. Terlebih teh jahe, minuman ini mengandung zat anti inflamasi untuk melawan senyawa yang menjadi penyebab timbulnya migrain. Sobat bisa menambahkan dengan sedikit madu atau susu kedalam minuman ini.

–  Cara mengatasi migrain dengan kafein
Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat membantu mengurangi rasa sakit karena migrain. Namun sobat juga harus memperhatikan asupan kafein dalam tubuh karena terlalu banyak asupan kafein justru akan memperparah migrain yang terjadi.

–  Cara mengatasi migrain dengan hidroterapi
Hidroterapi adalah teknik untuk menyembuhkan migrain dengan menggunakan media air. Caranya cukup rendam kaki dengan air dingin dan gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher. Hal ini akan membantu meningkatkan  aliran darah dari kepala menuju ke kaki karena suhu di kaki lebih rendah daripada suhu pada kepala.

–  Cara mengatasi migrain dengan makanan yang kaya magnesium
Dengan memperbanyak konsumsi maagnesium akan membantu mengurang gejala migrain. Makanan yang banyak mengandung magnesium misalnya adalah kacang-kacangan. Magnesium berfungsi untuk mengendorkan sara yang tegang.

–  Cara mengatasi migrain dengan menjaga gula darah
Jaga gula darah sobat dalam rentang normal. Karena gula darah yang rendah atau hipoglikemi akan memicu rasa sakit kepala atau migrain. Makan makanan yang manis, buah dan sayur-sayuran. Namun sobat juga harus hati-hati mengkonsumsi makanan manis karena terlalu tinggi asupan makanan yang manis akan memicu terjadinya diabetes. Bagaimana caranya mengatasi diabetes jika  sobat sudah terlanjur terkena penyakit ini.

Itu tadi beberapa cara mengatasi migrain, selamat mencoba jangan lupa berdoa pada tuhan yang maha esa untuk mendapat kesembuhan. Terima Kasih.

SHARE TO :