SHARE TO :

Obat Untuk Alergi Menggunakan Bahan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:11 am tanggal September 28, 2016

Obat Untuk Alergi Menggunakan Bahan Tradisional – Gatal pada bagian kulit sering kali dianggap sebelah mata atau pun kita sering mengabaikannya karena kita mengira gatal pada kulit akan cepat sembuh dengan sendirinya. Gatal pada kulit ini bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. Salah satu penyebab gatal-gatal pada kulit adalah suatu kondisi yang disebut dengan alergi. Penyakit yang muncul akibat alergi dapat menyiksa aktivitas kita sehari-hari. Misalnya saja, pada alergi dingin dapat membuat tubuh muncul bentol-bentol yang luas dan sangat gatal, atau juga yang sering disebut dengan kaligata.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen msuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik dihisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Namun, tidak demikian halnya dengan orang yang tidak memiliki alergi, alergen tersebut tidak memiliki pengaruh yang bermakna.

Obat Untuk Alergi Menggunakan Bahan Tradisional Tanpa Efek Samping

obat alergi

Banyak Hal yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh yang disebabkan oleh makanan, bahan penambah rasa serta pengawet yang ada di dalam makanan, bahan kimia, bahan yang melekat pada tubuh, stress psikologis, sampai pada udara dingin di sekeliling anda pun dapat menimbulkan reaksi alergi.

Apabila alergi menyerang anda dan menimbul gatal-gatal pada kulit, mungkin anda bisa salah satu solusi untuk mengobati alergi tersebut dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang aman dan mudah anda dapatkan. Menggunakan bahan traadisional lebih mudah melakukannya karena cara pengobatan ini sering dilakukan sejak dahulu, dan juga terjamin manfaat dan tanpa efek samping karena berbahan dasar alami.

Obat tradisional dapat dilakukan dengan tanaman tertentu, misalnya saja dengan pathikan cina (petai cina). Cara mengonsumsinya yaitu menyiapkan 10 lembar daun sirih dan kurang lebih 60 gr petai cina, rebus keduanya dengan air 600cc. Oleskan air rebusan tersebut pada bagian yang gatal-gatal akibat alergi.

Dengan racikan obat tradisional tersebut sangat ampuh dan sederhana untuk mengobati pada penderita alergi. Dengan menggunakan obat tradisional kita lebih mudah membuatnya sendiri di rumah. Dan ada beberapa obat tradisional lain yang bisa kita konsumsi atau membuatnya sendiri, diantaranya yaitu :

– Madu

Madu adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk pengobatan alergi. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan-bahan lain yang efektif. Madu diproduksi lokal lebih disarankan karena mengandung serbuk sari tanaman yang melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

– Asam Jawa

Asam jawa di campurkan dengan rimapang temulawak danair 2 gelas dan gula aren secukupnya. Cara pembuatannya, semua bahan direbus dalam air tersisa 1 gelas, air rebusannya disaring kemudian diminum. Anda bisa melakukanya secara rutin dan juga teratur.

– Akar jombang

Cara mengonsumsi obat tradisional ini, dengan merebus 30 sampai 40 gram akar jombang dalam air 400cc hingga tinggal 200cc. Hasil air diminum dalam keadaan hangat. Bisa juga dengan merebus 40-65 gram akar rosa multifona thumb dalam air 400cc hingga tinggal 200cc, air hasil rebusannya diminum sebanyak 2x sehari.

– Tanaman leunca

Tanaman ini juga sangat berguna untuk alergi, yaitu dengan ditumbuk sampai halus tanpa disertai akarnya. Setelah ditumbuk sampai halus, oleskan di kulit hingga hijau oleh leunca sebanyak 3x sehari.

– Daun sirih

Anda bisa memanfaatkan 25 lembar daun sirih, 25 lembar daun ketepeng, kemudian direbus dalam air mendidih sebanyak 1000cc sampai mendidih. Kemudian air rebusan di saring dan didinginkan. Lalu air tersebut digunakan untuk mengompres bagian yang terkena alergi.

– Minyak kayu putih atau bedak salicyl

Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih atau bedak salicyl yang akan membantu meringankan rasa gatal pada kulit karena alergi.

– Jahe

Jahe juga merupakan oabt alami untuk alergi yang sama efektifnya dengan madu. Jahe merupakan antihistamin alami dan dekongestan. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

– Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu oabt yang paling efektif alergi. Bwang putih mentah lebih efektif daripada yang dimasak. Anda dapat mengonsumsi 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.

Obat Tradisional Alergi Dengan Bahan Dapur

Anda juga bisa menggunakan bahan lain, atau menggunakan bahan-bahan yang biasa anda pakai di dapur. Dalam pembuatan racikan obat tradisional ini dibutuhkan kunyit yang sudah tua, bukan kunyit muda yang biasanya di jual di pasaran. Cara pembuatan racikan ini, yaitu dengan menumbuk bahan-bahan seperti kunyit dan daun sambilito sampai halus.

Bersihkan dahulu kedua bahan tersebut sebelum anda melakukan menumbukan, hal ini bertujuan agar bahan-bahan tersebut besih dan tidak berpotensi menimbulkan gatal-gatal lainnya. Dan jangan lupa mengupas kunyitnya. Oleskan hasil tumbukan bahan tadi pada bagian tubuh yang mengalami alergi untuk menghilangkan gatal-gatal.

Sebagian orang mungkin lebih memilih menggunakan obat-obatan untuk mengobati alerginya, tapi, beberapa obat-obatan yang anda konsumsi bisa saja menimbulkan efek samping yang berbahaya, dan juga menambah rasa gatal yang terlalu atau juga dapat memicu penyakit lainnya. Jika anda lebihb memilih menggunakan obat-obatan yang anda juga belum mengetahui manfaat dan juga efek sampingnya, sebaiknya anda meminta anjuran dokter untuk bisa lebih jelas mengetahui obat-obatan yang kan anda beli dan juga konsumsi.

Namun, Jika anda masih ragu dengan obat-obatan yang di jual dipasar anda bisa menggunakan beberapa obat tradisional yang sudah terbukti dan juga terjamin keamanannya serta tidak menimbulkan efek samping. Obat tradisional lebih mudah anda dapatkan dan juga tanpa biaya yang mahal untuk mengonsumsinya.

Obat tradisional dinilai lebih unggul dibandingkan dengan obat kimia, karena cepat menyembuhkan dan berkhasiat, dan obat ini juga aman dan minim resiko. Obat tradisional ini bisa menjadi solusi untuk anda yang menderita alergi. Lakukan Secara rutin dan teratur obat tradisional ini untuk menyembuhkan alergi anda.

Saat anda melakukan pembuatan obat tradisional ada baiknya anda menggunakan panci enamel atau kuali dari tanah liat. Ini bertujuan untuk menjaga khasiat dari bahan-bahan tradisional tersebut agar tetap utuh dan tidak bercampur dengan bahan lain ketika anda menggunakan panci yang terbuat dari logam.

Demikianlah informasi tentang Obat Alergi Menggunakan Bahan Tradisional. Semoga informasi tersebut bisa anda gunakan di rumah sendiri. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan lekas sembuh. Terima Kasih.

SHARE TO :