SHARE TO :

Patah Pergelangan Kaki Penyebab Dan Pengobatannya Yang Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 12:57 am tanggal October 27, 2016

Patah Pergelangan Kaki Penyebab Dan Pengobatannya Yang Aman – Patah pergelangan kaki adalah patahnya satu atau lebih tulang-tulang yang ada di pergelangan kaki. Hal ini sering terjadi akibat cedera olahraga, terkilir, jatuh, salah menapak, atau saat kecelakaan. Tingkat keparahan patah pergelangan kaki ada bermacam-macam. Dari hanya retak ringan, hingga patah sepenuhnya dan menembus kulit. Patahan (fraktur) dapat berkisar antara retakan pada celah-celah kecil di tulang hingga patahan yang menusuk kulit.

Patah pergelangan kaki dapat dirawat dengan menggunakan gips atau operasi dan ditentukan berdasarkan lokasi serta tingkat keparahan patah tulang yang terjadi. Operasi untuk menanam sekrup, pelat, atau batang pada tulang yang patah mungkin diperlukan jika pergelangan kaki mengalami patah tulang yang parah. Hal ini bertujuan menjaga tulang tetap berada di posisi yang tepat saat proses penyembuhan berlangsung dan biasanya antara 2-3 bulan.

Patah Pergelangan Kaki Penyebab Dan Pengobatannya Yang Aman Tanpa Operasi

patah pergelangan kaki

Ada beberapa tanda atau gejala yang dapat terjadi jika seseorang menderita patah pergelangan kaki, yaitu :

– Terdengar suara tulang yang patah.
– Tulang disekitar pergelangan kaki terasa sangat sakit.
– Ada tulang yang menembus kulit.
– Bentuk pergelangan kaki tidak normal atau terjadi dislokasi.
– Tidak dapat berjalan.
– Pergelangan kaki bengkak.
– Memar.
– Dan sulit memakai atau melepas sepatu.

Jika anda merasakan gejala seperti diatas, anda bisa merasa mual, pingsan, atu pusing akibat syok dan rasa sakit yang muncul akibat patahnya pergelangan kaki. Temuilah dokter jika rasa sakit dan pembengkakan berlangsung selama lebih dari dua atau tiga hari, atau jika nyeri menganggu anda saat berjalan.

Namun, Ada beberapa penyebab yang paling umum dari patah pergelangan kaki, diantaranya :

– Kecelakaan. Seperti kecelakaan mobil, ini bisa menjadi penyebab terjadinya cedera parah dan mengakibatkan fraktur membutuhkan operasi.
– Terjatuh. tersandung dan jatuh dapat mematahkan tulang dipergelangan kaki atau kaki, seperti mendarat dengan kaki anda setelah melompat dari ketinggian beberapa meter dari permukaan tanah.
– Dampak dari beban berat. Menjatuhkan sesuatu yang berat pada kaki anda adalah penyebab umum dari fraktur.
– Salah langkah. Terkadang hanya karena salah meletakkan kaki anda ke bawah, dapat mengakibatkan patah tulang. Jari kaki yang patah akibat jari-jari tersandung furnitur juga sering terjadi. Memutar pergelangan kaki anda juga dapat menyebabkan keseleo atau patah tulang.
– Penggunaan berlebihan. Stress fracture juga umum terjadi akibat tulang menahan beban dari pergelangan kaki atau kaki secara berlebihan atau berulang, seperti berlari jarak jauh. Tapi ptah ini juga dapat terjadi dengan pengunaan normal dari tulang yang telah melemah akibat kondisi seperti osteoporosis atau stress fracture.

Tapi anda memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap patah kaki atau pergelangan kaki jika anda: berpartisipasi dalam olahraga berdampak tinggi. Menggunakan peralatan olahraga yang tidak tepat. Bekerja pada bidang pekerjaan tertentu. Membiarkan rumah berantakan. Memiliki kondisi tertentu. Dan seorang atlit perempuan.

Pengobatan Patah Pergelangan Kaki Yang Aman

Jika mengalami gejala patah pergelangan kaki, hinari membebani pergelangan kaki dan segera meminta bantuan untuk memeriksa diri ke rumah sakit. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan bengkak dan rasa sakit, yaitu dengan menyanggah kaki yang mengalami patah pergelangan kaki dan mengompresnya dengan es, serta meminum obat pereda sakit seperti parasetamol atau ibuprofen.

Salah satu penyangga yang biasa digunakan pada patah pergelangan kaki adalah tongkat penopang atau kruk untuk berjalan agar tidak membebani pergelangan kaki yang patah. Gips juga digunakan untuk merawat patah pergelangan kaki yang tidak parah, disertai dengan penggunaan obat pereda sakit.

Ada beberapa cara untuk mengatasi patah tulang agar cepat sembuh, seperti :

Tingkatkan asupan kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Kalsium ini juga diserap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Peningkatan asupan kalsium ini akan membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang. Anda bisa menenukan kalsium ini di dalam susu, sayuran, dan banyak tersedia dalam bentuk suplemen juga.

Minum teh

Minum teh setidaknya 5 cangkir, terutama teh hijau. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, teh hijau telah digunakan di cina selama berabad-abad karena memiliki sifat menyembuhkan, termasuk penyembuhan patag tulang.

Pemijatan

Cara pengobatan yang paling sering kita lakukan adalah dengan melakukan pemijatan untuk membantu meningkatakn aliran darah dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Jika anda memijat jaringan lunak di sekitar tulang yang patah, ini akan meningkatkan sirkulasi darah serta peningkatan aliran nurtrisi yang akan membantu patah tulang sembuh lebih cepat. Tapi pemijatan harus dilakukan dengan ringan dan lembut, jangan sampai pemijatan yang anda lakukan malah menggeser tulang yang akan menyambung.

Latihan

Latihan berperan penting dalam membantu memperkuat otot-otot di area yang terlibat. Latihan untuk patah tulang atau tulang retak harus dilakukan dengan hati-hati dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Anda mungkin juga akan membutuhkan terapi untuk mengendurkan otot dan ligamen yang kaku di kaki dan pergelangan kaki. Terapi ini dilakukan setelah tulang sembuh dan bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Patah Pergelangan kaki ini sangat menganggu atau menghambat aktivitas anda sehari-hari, karena patah pergelangan kaki membuat anda susah untuk berjalan dengan sempurna, setiap berjalan pasti merasa sakit. Untuk itu segera untuk melakukan pengobatan untuk mengurangi sakit yang dirasakan.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan perawatan pada patahnya pergelangan kaki, dengan perawatan anda bisa mengurangi sedikitnya rasa sakit saat berjalan. Demikianlah informasi mengenani patah pergelangan kaki, mudah-mudahan apa yang di sampaikan bisa menambah pengetahuan dan juga bermanfaat bagi anda.

SHARE TO :