SHARE TO :

Pengertian Sakit Lutut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:37 am tanggal September 22, 2016

Pengertian Sakit Lutut Penyebab Dan Cara Mengatasinya – Nyeri lutut merupakan penyakit nyeri sendi yang sering dikeluhkan oleh orang tua, dewasa, maupuna anak-anak. Nyeri lutut dapat terjadi setelah mengalami trauma atau cedera, atau mungkin muncul sebagai akibat dari penyakit sendi yang kronis. Pada orang yang berusia lanjut penyebab sendi lutut yang secara medis disebur osteoarthritis (OA) yang umumnya akibat proses penuaan, atau dikarenakan pengendapan kristal asama urat yang dikenal penyakit gout, namun  ada juga kemungkinan penyebab lain.

sakit-lutut

Penyebab sakit lutut ada berbagai macam mulai dari cedera akut hingga kondisi medis atau penyakit. Cedera akut dapat terjadi ketika jatuh saat berolahraga atau berlari, lutut terbentur, terlalu lama berlari, atau karena melakukan gerakan lutut yang tak lazim. Sedangkan nyeri lutut karena penyakit tidak mengetahuinya dengan pasti karena tidak ada kejadian diatas, lutut tiba-tiba sakit atau dengan kata lain sakit lutut disebabkan oleh hal yang tidak jelas. Biasanya nyeri lutut seperti ini berlangsung lama (kronis) dan sering berulang (kambuhan).

Sangat penting pagi kita untuk mengetahui penyebab sakit lutut dengan memperhatikan gejalanya seperti lokasi sakitnya pada lutut, misalnya jika disebabkan oleh infekasi, maka seluruh lutut mungkin bengak dan sakit, sedang robek meniskus atau patah tulang memberikan gejala hanya di satu lokasi tertentu.

Sakit lutut adalah nyeri pada bagian sendi lutut yang dapat dirasakan atau dialami oleh semua orang dan juga semua golongan usia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang meliputi :

– Cedera, misalnya cedera pada tulang rawan dan kerusakan tendon atau ligamen.
– Penyakit tertentu, seperti osteoartritis, penyakit asam urat, atau tendonitis.
– Pendarahan pada sendi.
– Infeksi, misalnya artritis septik.

Sebagian besar penderita sakit lutut bisa menangani rasa sakitnya di rumah, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis, seperti operasi atau yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi dan bahkan cacat jika tidak ditangani dengan benar dan pengobatan secara khusus.

Fungsi utama sendi ltutu adalah menekuk dan meluruskan utnuk memindahkan tubuh. lutut bergantung pada sejumlah struktur, termasuk tulang, ligamen, tendon, danctulang rawan untuk melakukan semua tindakan serta untuk menyokong seluruh tubuh ketika melakukan gerakan.

Secara umum, nyeri lutut terbagi menjadi 2, yaitu nyeri ltutu akut dan nyeri lutut kronis. Nyeri lutut akut disebabkan oleh oleh cedera akut atau infeksi. Sedangkan nyeri lutut kronis sering disebabkan cedera atau peradangan, tapi bisa juga disebabkan oleh infeksi.

Tidak semua pengidap dan merasakan gejala yang sama saat menderita sakit lutut. Perbedaan ini terjadi karena adanya beragam hal yang bisa memicunya. Berikut adalah gejala yang dapat menyertai sakit lutut, diantaranya :

– Pembengkakan.
– Lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan.
– Bunyi gemeretak pada lutut.
– Kulit lutut berubah kemerahan dan hangat jika disentuh.
– Lutut yang tidak stabil atau lemas.
– Lutut tidak bisa menahan beban tubuh.
– Demam.

Untuk orang yang dewasa, nyeri atau radang sendi pada lutut biasanya terjadi akibat trauma saat terjatuh, keseleo, cidera saat melakukan olahraga baik yang disadari atau juga tidak. Adanya suatu tanggapan jika cedera ini bersifat ringan maka biasanya hanya cukup dengan diurut saja atau bisa juga dengan diobati secara menggunakan obat nyeri sendi tradisional.

Cara Mengobati Sakit Lutut Dengan Aman Dan Mudah

Pengobatan untuk sakit lutut harus dilakukan untuk membantu mengurangi gejala seperti nyeri. Lebih dari itu, untuk menjaga kerja persendian agar bisa leluasa bergerak. jika nyeri dibiarkan terlalu lama dan berkepanjangan bisa memperparah kondisi, bahkan membuat ligamen, tendon, dan otot melemah dan kaku.

Setiap penderita sakit lutut harus terlebih dahulu mengetahui penyebab terjadinya sakit lutut ini. Setelah mengetahui penyebabnya, penderita akan diberikan pengobatan yang sesuai oleh dokter. Langkah pengobatannya seperti :

– Obat-obatan, misalnya analgesik untuk meredakan sakit maupun suntikan kortikosteroid atau pelumas.
– Terapi fisik untuk melatih dan menguatkan otot.
– Operasi.

Selain dengan cara pengobatan medis anda juga bisa melakukan pengobatan dengan cara anda sendiri atau melakukanya di rumah untuk mempercepatan atau setidaknya mengurangi rasa sakit yang anda alami dan juga mencegah terjadinya komplikasi yang serius. Langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah sebgai berikut :

– Banyak beristirahat agar lutut terhindar dari tekanan sehingga cedera dapat pulih lebih cepat.
– Mengompres lutut dengan eslangkah ini bisa mengurangi rasa sakit, sekaligus inflamasi, Cara ini juga sering di lakukan oleh para atlit perlari olahraga ketika lutunya mengalami cedera.
– Meminimalisasi gerakan pada lutut, misalnya dengan menggunakan bebat.
– Menaruh kaki yang cedera pada posisi lebih tinggi, comtohnya meletakkan kaki diatas bantal. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Adapun beberapa bahan alami yang bisa mengurangi sakit lutut, seperti :

– Kunyit

Siapkan 4 jengkal kunyit, 1 sendok makan minyak sayur, dan 1 sendok teh lada hitam. Pertama-tama parutlah kunyit lalu peraslah airnya. Tampung air perasan kunyit di dalam gelas. Tumbuk lada hitam hingga halus, atau Anda dapat menggunakan serbuk lada hitam kemasan. Masukkan bubuk lada hitam ke dalam gelas berisi air perasan kunyit dan tambahkan minyak sayur aduk hingga bercampur. Ramuan kunyit ini sebagai obat nyeri sendi alami telah teruji dapat menurunkan gejala nyeri sebesar 44% jika dikonsumsi secara rutin selama delapan minggu.

– Jintan hitam

Ramuan jintan hitam untuk nyeri sendi cukup mudah dibuat. Rebuslah 2 sendok teh jintan hitam dengan menggunakan 300 ml air. Rebus jintan hitam hingga volume air bersisa 200 ml, lalu angkat dan dinginkan. Konsumsi ramuan obat nyeri sendi dari jintan hitam ini secara rutin setiap malam sebelum tidur dan setiap pagi sesudah bangun tidur.

– Teh hijau sencha

Para ahli herbal pun menyatakan bahwa setelah 2 hingga 3 jam mengonsumsi secangkir teh hijau secha, aktivitas antioksidan akan meningkat. Tentu teh hijau secha adalah obat nyeri sendi yang nikmat dan berkhasiat untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh daun secha sukses menjadikan teh hijau secha sebagai anti-inflamasi yang mampu mengurangi nyeri pada sendi dan peradangan.

Racikan tanaman obat di atas dapat anda coba untuk pencegahan dan pengobatan alami. Akan tetapi, tentu melakukan check-up ke dokter juga perlu anda lakukan untuk mendapat hasil yang lebih baik dan mengetahui perkembangan kondisi kesehatan anda. Mencegah dan menjaga kesehatan sejak dini lebih baik daripada mengobati.

Sakit serta cedera pada lutut dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana, misalnya selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan juga melakukan peregangan serta jangan lupa untuk mengganti sepatu olahraga yang rusak. Menjauhi olahraga atau aktivitas yang berpotensi memicu cedera juga sangat penting. Jika Anda ingin meningkatkan aktivitas olahraga, lakukanlah secara bertahap.

Berolaharga lah sesuai dengan kemampuan anda jangan terlalu memaksakan berolahraga dengan berat karena itu bisa memicu terjadi cedera pada anda. Cedera adalah salah satu yang paling ditakuti khususnya untuk para atlit olahraga. Semoga informasi diatas bisa menjadi solusi dan menambah pengetahuan anda mengenai sakit lutut yang bisa saja anda alami sewaktu-waktu. Terima kasih.

SHARE TO :