SHARE TO :

Penyakit Amnesia Penyebab dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:25 am tanggal September 19, 2016

Penyakit Amnesia Penyebab dan Cara Mengobatinya – Amnesia atau hilang ingatan berasal dari Bahasa Yunani adalah istilah yang digunakan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi, pengalaman, atau kejadian tertentu. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba atau semakin parah secara perlahan-lahan.

Dampak lain dari amnesia yaitu ketidakmampuan membayangkan masa depan dan akan mengakibatkan penderita akan selalu terbayang peristiwa yang telah terjadi dan terlupakan jika bertemu kembali dengan sesuatu yang terlupakan tersebut. Penelitian terakhir yang dipublikasikan dalam jaringan di Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa amnesia dengan kerusakan pada hipokampus tidak dapat membayangkan masa depan.

Penyakit Amnesia Penyebab dan Cara Mengobatinya

Hal ini terjadi karena bila seorang yang normal membayangkan masa depan, mereka menggunakan pengalaman masa lalu untuk mengkonstruksi skenario yang mungkin dihadapi. Sebagai contoh, seseorang yang mencoba membayangkan apa yang akan terjadi dalam pesta yang hendak didatanginya akan menggunakan pengalaman pesta sebelumnya untuk membantu mengkonstruksi kejadian pada masa depan.

Ingatan yang hilang dapat berupa hal yang baru saja terjadi atau kenangan yang telah lama berlalu. Orang yang mengalami amnesia juga dapat mengalami kesulitan dalam mempelajari informasi baru atau membentuk ingatan baru.

Jenis-jenis Amnesia

Amnesia dapat dikategorikan dalam 2 jenis utama. Pembagian ini berdasarkan jenis ingatan pengidap yang mengalami gangguan. Kedua jenis amnesia tersebut adalah:

– Amnesia anterograde, adalah amnesia yang terjadi pada saat penderitanya kesulitan untuk mengingat hal-hal yang terjadi setelah periode atau tanggal tertentu. Pengidap amnesia ini hanya bisa mengingat hal-hal untuk jangka pendek.

– Amnesia retrograde, yaitu jenis amnesia di mana penderitanya tidak dapat mengingat informasi masa lalu sebelum periode atau tanggal tertentu. Contohnya, kehilangan ingatan sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.

Kedua kategori amnesia tersebut dapat muncul bersamaan pada pasien yang sama. Contohnya seperti pada pengendara sepeda motor yang tidak mengingat akan pergi kemana sebelum dia tabrakan (retrogade amnesia), juga melupakan tentang kejadian di rumah sakit dua hari setelahnya (anterograde amnesia).

Selain itu juga ada jenis amnesia lain yang cukup parah, adalah:

– Amnesia parsial, yaitu ketidakmampuan mengingat beberapa orang dalam jangka waktu 3 tahun bahkan selamanya, kejadian ini biasanya disebabkan oleh seseorang yang mengalami operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Kejadian ini cukup langka karena tidak banyak orang yang mau untuk melakukan transplantasi sum-sum tulang belakang untuk pengobatan penyakit Thalassemia Mayor.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat kita umumnya akan mengalami penurunan. Meski demikian, amnesia juga dapat menjadi gejala dari penyakit atau masalah kesehatan yang lebih serius. Anda lebih baik memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hilang ingatan yang mengkhawatirkan anda, misalnya hilang ingatan yang terjadi tanpa penyebab yang jelas.

Penyebab Penyakit Amnesia

Amnesia dapat disebabkan oleh berbagai jenis kondisi, khususnya yang memengaruhi kinerja otak. Beberapa di antaranya adalah:

  • Trauma psikologis, misalnya pada korban kejahatan seksual.
  • Ketergantungan minuman keras untuk jangka panjang.
  • Penyakit atau kondisi tertentu, misalnya penyakit Alzheimer dan tumor otak.
  • Ensefalitis atau peradangan otak.
  • Stroke.
  • Cidera pada kepala, misalnya akibat kecelakaan.

Cara Mengobati  Penyakit Amnesia

Pengobatan amnesia tergantung dari penyebabnya. Misalnya, seseorang yang telah mengalami peristiwa traumatis akan efektif ditangani dengan sedasi, perawatan dengan kasih sayang, dan mungkin membutuhkan bantuan psikiater. Penderita gegar otak harus beristirahat setelah komplikasinya disembuhkan. Jika alkoholisme adalah penyebabnya, maka penderita harus berhenti mengonsumsi alkohol, dukungan emosional dan mencukupi nutrisi penting bagi tubuhnya. Dalam kasus penyakit Alzheimer, berbagi obat-obatan baru yang akan meningkatkan fungsi kolinergik otak sudah banyak tersedia.

Hal yang perlu diingat.

– Amnesia adalah istilah umum yang menggambarkan kehilangan memori.
– Gejala amnesia antara lain kehilangan memori, kebingungan dan ketidakmampuan untuk mengenali wqajah-wajah atau tempat.
– Beberapa penyebab amnesia sementara antara lain adalah gegar otak, penyakit parah, demam tinggi, stress emosional, beberapa jenis obat dan terapi electroconvulsive.

Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai Penyakit Amnesia. Semoga bermanfaat.

SHARE TO :