SHARE TO :

Penyakit Batu Empedu Penyebab dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:23 am tanggal September 17, 2016

Penyakit Batu Empedu Penyebab dan Pengobatannya – Batu empedu merupakan deposito cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk di dalam kantong empedu. Kantong atau kandung empedu (gallbladder) adalah organ kecil yang berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat dibawah hati.

Secara normal, kantong empedu memiliki cairan pencernaan yang disebut empedu untuk dilepaskan ke usus kecil. Namun ketika cairan itu membatu maka proses normal akan terganggu sehingga muncul gejala batu empedu yang akan kita bahas kali ini.

Batu empedu memiliki berbagai ukuran mulai dari yang kecil seperti sebutir pasir hingga berukuran besar sebesar bola golf. Beberapa orang yang sakit hanya memiliki satu batu empedu, namau tidak menutup kemungkinan batu empedu yang terbentuk berjumlah banyak pada saat yang sama.

Dalam ilmu medis seringkali penyakit batu empedu ini ditemukan pada wanita yang bertubuh gemuk dan agak gemuk. Umumnya orang yang bertubuh gemuk biasanya garam empedu darahnya menurun, sehingga kolesterol dalam empedunya naik. kondisi itulah yang dianggap menjadi penyebab terbentuknya batu empedu pada penderita.

Gejala Penyakit Empedu

Banyak yang menderita batu empedu namun tidak menimbulkan gejala apapun, gejala batu empedu akan dirasakan ketika batu menyumbat saluran empedu dan menimbulkan peradangan. Pada kebanyakan kasus gejala utama batu empedu adalah sakit perut, sakit di daerah uluhati, meski beberapa orang juga mengalami gejala lain jika penyumbatan lebih parah atau penyumbatan berkembang di bagian lain dari sistem pencernaan.

Sakit perut
Gejala utama batu empedu yaitu rasa sakit pada perut yang tiba-tiba, sakit perut biasanya berlangsung 1-5 jam (meski kadang-kadang bisa berlangsung hanya beberapa menit).

-Gejala batu empedu lainnya
batu empedu bisa menyebabkan masalah yang lebih serius jika sampai menghalangi aliran empedu dalam waktu yang lama atau pindah ke organ lain (seperti pankreas atau usus kecil).

Penyebab Penyakit Batu Empedu dan Pengobatannya

Penyakit Batu Empedu Penyebab dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Belum begitu jelas penyebab terbentuknya batu empedu, namun telah diketahui bahwa batu empedu terjadi karena hal-hal sebagai berikut:

1. Cairan empedu yang mengandung kolesterol tinggi
Normalnya, cairan empedu mengandung bahan kimia yang cukup untuk melarutkan kolesterol yang diekskresikan oleh hati. Tapi jika jumlah kolesterol terlalu banyak daripada kemampuan empedu untuk melarutkannya, maka kolesterol berlebih dapat membentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu (Batu empedu kolesterol). Ini merupakan jenis batu empedu terbanyak.

2. Cairan empeduk yang mengandung terlalu banyak bilirubin
Bilirubin adalah zat kimia yang dihasilkan dari sel darah merah yang rusak. Kondisi tertentu pada hati ada yang menyebabkan terlalu banyak produksi bilirubin, termasuk sirosis hati, infeksi saluran empedu dan kelainan darah tertentu. Kelebihan bilirubin berkontribusi dalam pembentukan batu empedu (batu empedu pigmen).

3. Gangguan pengosongan kantung empedu
Jika akntung empedu tidak mengosongkan diri sepenuhnya atau rutin, maka cairan empedu dapat terkonsentrasi (mengendap) sehingga mempermudah terbentuknya batu empedu.

Berikut adalah faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko untuk mengidap batu empedu:

-Berusia di atas 40 tahun
-Sedang hamil
-Wanita
-Memiliki anggota keluarga dengan penyakit yang sama
-Sering mengkonsumsi makanan yang berlemak atau berkolesterol tinggi
-Kekurangan serat dalam pola makan
-Penderita diabetes
-Kelebihan berat badan atau obesitas
-Penderita sirosis
-Penderita gangguan pencernaan, milsalnya penyakit Crohn dan sindrom iritasi usus
-Orang yang menggunakan ceftriaxone, yaitu antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati pneumonia, meningitis dan gonore
-Orang yang mengalami penurunan berat badan secara derastis

Pengobatan Penyakit Batu Empedu

Keberadaan batu empedu biasanya tidak mengganggu kesehatan. Tapi jika menyebabkan gejala yang mengganggu atau jika terjadi komplikasi, penyakit ini harus ditangani.

Penanganan batu empedu biasanya dengan metode operasi pengangkatan kantong empedu. Meskipun fungsi organ ini penting, tubuh kita masih bisa tetap bertahan tanpa memilikinya. Tanpa kantong empedu, hati akan tetap mengeluarkan cairan empedu yang membantu dalam pencernaan lemak.

Jenis operasi yang umum direkomendasikan adalah operasi “lubang kunci” atau istilah medisnya kolesistektomi laparoskopik. Jenis operasi ini dianjurkan karena metodenya yang sederhana dengan tingkat risiko komplikasi yang rendah.

Obat penghancur batu empedu, obat yang digunakan berupa obat minum yang membantu melarutkan batu empedu. Tapi mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk melarutkan batu empedu dengan cara ini. Bahkan obat ini tidak bekerja dengan efektif. Obat penghancur batu empedu ini tidak umum digunakan dan disediakan hanya untuk orang-orang yang tidak bisa menjalani operasi.

Untuk membantu mengatasi penyakit batu empedu dengan menggunakan bahan alami

1. Minum air putih yang cukup
Minumlah air putih yang cukup 8 gelas sehari agar bisa membantu menyembuhkan dan juga untuk mencegah tumbuhnya batu empedu. Karena dengan air putih, maka kegunaannya sangat baik untuk membantu melancarkan sistem metabolisme didalam tubuh, dan mengeluarkan toksin didalam tubuh supaya bisa mencegah dari munculnya batu empedu.

2. Daun sirsak
Obat batu empedu alami yang pertama adalah daun sirsak. Banyak orang yang sudah mengenal daun sirsak banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa fitokimia yang tinggi dialamnya mempunyai peranan untuk membantu menstabilkan kesehatan tubuh Anda. Dan juga bisa dijadikan sebagai obat batu empedu alami. Menurut penelitian yang dilakukan, kandungan senyawa fitokimia didalamnya mengandung senyawa kimia yang baik seperti annocatacin , acetogenins, annohexocin, acid, caclourine, dan lainya. Yang bisa dijadikan sebagai obat batu empedu alami.

3. Temulawak
Obat batu empedu alami yang selanjutnya adalah temulawak. Kandungan yang ada didalam temulawak adalah kandungan miyak atsiri yang bisa berperan baik dalam membantu mengobati penyakit batu empedu secara alami. dan adapun kandungan minyak atsiri didalamnya yang dapat dijadikan sebagai cholagum dengan khasiat serta manfaatnya yang dapat membantu menstimulasi proses dari pengeluaran cairan didalam batu empedu.

cara membuat obat batu empedu alami ini adalah dengan 30 gram temulawak dan 500 ml air. Setelah itu dikupas kulit temulawak, kemudian cuci, iris temulawak kecil-kecil. Dan direbus dengan air tersebut sampai mendidih. Diamkan sampai air yang tersisa hanya 200 ml air saja, dan kemudian angkat serta saring air rebusan tadi. Kemudian sajikan jika masih hangat minumlah 1 kali sehari dengan teratur.

4. Mengkudu
Obat batu empedu alami selanjutnya adalah mengkudu. Khasiat dan manfaat mengkudu dalam membantu menyembuhkan dan juga menghancurkan batu empeu. Karena kandungan senyawa baik yang ada didalamnya dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Anda bisa membuatnya sebagai jus mengkudu atau juga mengonsumsinya dalam bentuk produk herbal yang saat ini banyak dijual.

5. Buah apel
Obat lain untuk membantu mengatasi penyakit batu empedu dan tandanya  adalah buah apel buah apel ini bisa embantu mengatasi batu empedu lewat sistem pencerna. Anda juga bisa mengonsumsi buah apel jenis apa saja. Dan waktu Anda mengonsumsi buauh apel maka sebaiknya kupas kulitnya. Karena ditakutkan kulit dari buah apel mempunyai kandungan pestisida serta lilin.

6. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu obat batu empedu yang bisa membantu mengatasi penyakit batu empedu. Cara membuatnya adalah siapkanlah teh yang ditambahkan dengan perasan dari air jeruk nipis. Dan setelah itu, imbuhkanlah sebagian sendok minyak zaitun, kemudian minumlah obat ini dengan rutin dan teratur agar batu empedu bisa hilang dengan cepat. Anda bisa membeli minyak zaitun di supermarket dan juga di toko sayur pada daerah Anda.

7. Garam inggris
Obat batu empedu yang selanjutnya adalah garam inggris. Ternyata kegunaan dari garam inggris sangat membantu untuk mengatasi penyakit batu empedu dan tandanya. Langkah penyembuhan batu empedu menggunakan garam inggris adalah Anda hanya cukup menyeduh garam inggris ke dalam 1 gelas air saja, dan setelah itu minumlah airnya. Lakukanlah cara ini sepanjang hari hingga batu empedu hilang. Anda tidak usah susah mencari garam inggris, Anda bisa membelinya di supermarket dan juga di toko spesial sayuran.

Itulah informasi mengenai penyakit batu empedu, penyebab dan cara mengobatinya semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih

SHARE TO :