SHARE TO :

Penyakit Bronkitis Penyebab dan Pengobatan Dengan Bahan Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:41 am tanggal September 20, 2016

Penyakit Bronkitis Penyebab dan Pengobatan Dengan Bahan Alami – Mungkin bagi Anda penyakit bronkitis adalah penyakit peradangan yang sudah biasa terjadi dikalangan masyarakat. Penyakit bronkitis memang penyakit yang umum dialami sebagian masyarakat bahkan bisa dialami dari mulai anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Bronkitis adalah infeksi pada saluran udara utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau imflamasi pada saluran udara itu. Kondisi ini termasuk sebagai penyakit pernapasan. Bronkitis terbagi menjadi dua jenis.

Pertama, bronkitis akut yang bertahan selama dua hingga tiga minggu. Bronkitis akut adalah salah satu infeksi sistem pernapasan yang paling umum terjadi. Bronkitis akut paling sering menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun . Kedua, bronkitis kronis adalah infeksi bronkus yang bertahan setidaknya tiga bulan dalam satu tahun dan berulang pada tahun berikutnya. Bronkus kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 50 tahun.

Penyakit Bronkitis Penyebab dan Pengobatan Dengan Bahan Alami

Penyakit Bronkitis Penyebab dan Pengobatan Dengan Bahan Alami

Gejala Penyakit Bronkitis

-Batuk disertai lendir berwarna kuning ke abu-abuan atau hijau.
-Sakit pada tenggorokan.
-Sesak napas.
-Hidung beringus atau tersumbat.
-Sakit atau rasa tidak nyaman pada dada.
-Kelelahan.
-Demam.
-Mengalami infeksi pernafasan seperti flu.
-Sering sakit kepala.
-Mengalami gangguan penglihatan.

Penyabab Penyakit Bronkitis

Bronkus adalah saluran udara pada sistem penapasan yang membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Diniding bronkus menghasilkan mukosa atau dahak yang menahan debu dan partikel lain  yang bisa menyebabkan iritasi agar tidak masuk ke paru-paru.

Bronkitis akut berasal dari infeksi paru-paru yang kebanyakan disebabkan oleh virus. Iritasi dan peradangan menyebabkan bronkus menghasilkan mukosa lebih banyak dan tubuh berusaha mengeluarkan dahak atau mukosa yang berlebihan dengan cara batuk. Terserang bronkitis akut berkali-kali dapat menekan dan melemahkan bronkus sehingga akhirnya mengarah pada bronkitis kronis.

Penyebab bronkitis yang paling umum adalah kebiasaan merokok. Tiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia. Rambut silia berfungsi menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi dan mukosa atau lendir yang berlebihan.

Setelah beberapa lama, kandungan rokok bisa menyebabkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. Saat ini terjadi, kotoran tidak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal. Dahak dan kotoran yang menumpuk di dalam paru-paru membuat sistem pernapasan menjadi lebih rentan terserang infeksi.

Beberapa penyebab lain dari Penyakit bronkitis antara lain:

-Kotornya asupan makanan
-Kurang mengkonsumsi air putih
-Bakteri
-Debu
-Udara kotor

Pengobatan Penyakit Bronkitis

Bronkitis akut biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, jadi terkadang tidak perlu pengobatan untuk bronkitis. Selain menunggu penyakit ini berlalu, Anda disarankan minum banyak air dan juga banyak istirahat. Pada beberapa kasus, gejala bronkitis bisa bertahan lebih lama.

Gejala bronkitis kronis biasanya akan bertahan setidaknya tiga bulan. Belum ada obat yang bisa menyembuhkan bronkitis kronis, tapi ada obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala yang muncul. Sebaiknya Anda hindari merokok atau leingkungan dengan banyak perokok di sekitarnya. kondisi ini bisa memperparah gejala yang muncul jika anda menderita bronktis kronis.

Beberapa obat bronkitis alami sebagai berikut:

Kunyit dan daun patikan kebo
Bila Anda ingin membuat obat bronkis sendiri Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kunyit, daun patikan kebo, gula merah. Bahan alami ini sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit bronkitis dan bila Anda meminum ramuan ini dengan rutin maka penyakit ini bisa diembuhkan dengan cepat.
Daun sirih
Daun sirih efek farmakologis seperti menimbulakan rasa hangat, pedas, berkhasiat menghentikan batuk, memngurangi peradangan, menghilangkan gatal. dll
Daun pegangan
Mengobati bronkitis kronis dengan daun pegangan yakni anti infeksi, anti baterial, penurun panas, penenang, peluruh kandung kemih, dan membersihkan darah.
Sambiloto
Mengobati bronkitis kronis dengan sambiloto yang memiliki efek farmokologis, seperti anti radang, menurunkan panas, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, dan penawar racun (anti toksin).
Daun saga
Daun saga yang mampu menyejukan pada kulit dan selaput lendir serta anti batuk.
Kulit jeruk mandarin
Khasiat dari kulit jeruk mandarin ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit asma, radang tenggorokan, dan pelaruh dahak.

Pencegahan penyakit bronkitis

Vaksinasi terhadap virus adalah tindakan preventif yang yang terbaik untuk mencegah bronkitis. Vaksinasi meminimalkan risiko tertular penyakit untuk sebagian besar. vaksin influenza adalah vaksin tahunan yang mampu melindungi terhadap virus influenza.
Menggunakan masker dapat mencegah polusi udara seperti debu dan serbuk sari untuk memasuki saluran udara. Orang yang bekerja pada industri logam atau tambang juga memiliki risiko tinggi tertular bronkitis.
Penyakit ini mudah menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus membatasi berada didekat orang yang sedang menderita pilek atau flu. Mencegah kondisi ini juga dapat mencegah komplikasi seperti bronkitis.
Memiliki pola makan yang seimbang dan makanan bergizi yang sehat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh melindungi seseorang terinfeksi oleh virus penyebab penyakit.
Menggunakan saputangan saat bersin atau batuk, memcuci tangan dan juga menggunakan pembersih. Jangan membagi peralatan pribadi dan pakaian orang yang menderita penyakit ini.
Hindari meroko. Rokok adalah salah satu penyebab menonjol dari bronkitis. Asap rokok yang terhitup menyebabkan iritasi pada saluran udara yang kemudian menyebabkan bronkitis. Oleh karena itu, merokok harus dihentikan sepenuhnya.

Bronkitis memang termasuk penyakit ringan tetapi, jika dideruita oleh penderita penyakit lain yang bersifat tahunan seperti jantung maupun paru-paru sifatnya akan membahayakan. Jika Anda terindikasi bronkitis sebaiknya harus segera diobati agar tidak menjadi komplikasi atau periksakan kedokter. sekian infor mengenai Penyakit Bronkitis Dan Pengobatan Dengan Bahan Alami semoga bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Terimakasih.

SHARE TO :