SHARE TO :

Penyakit Chikungunya Penyebab dan Pengobatan Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:56 am tanggal September 20, 2016

Penyakit Chikungunya Penyebab dan Pengobatan Alami – Chikungunya adalah virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini berperan sebagai perantara atau vektor yaitu organisme yang membawa virus cikungunya di dalam tubuhnya tanpa terjangkiti. Keduanya adalah jenis yang sama penyebab demam berdarah. Penyebab dan gejala yang sama menyebabkan penyakit chikungunya sering didiagnosis secara keliru sebagai penyakit demam berdarah.

Chikungunya biasanya terjadi di daerah yang mengalami curah hujan tinggi. Kasus chikungunya telah teridentifikasi di sekitar 40 negara yang sebagian besar berada di Asia dan Asia Tenggara, Afrika barat dan timur, serta di sekitar lautan Hindia.

Gejala Penyakit Chikungunya

Setelah digigit nyamuk yang membawa virus, gejala akan mulai terasa pada 3 samoai 12 hari setelahnya. Gejala-gejala awalnya menyerupai gejala-gejala flu.

-Demam, berawal secara tiba-tiba. Salah satu gejala utama chikungunya.
-Nyeri otot, keparahannya bisa sampai menghalangi penderita untuk bergerak seperti biasnya. Gejala ini bisa bertahan selama berminggu-minggu dan merupakan gejala utama chikungunya.
-Radang sendi, terjadi pada 80% kasus.
-Menggigil.
Sakit kepala tak tertahankan.
-Ruam atau bintik-bintik merah di sekujur tubuh.
-Kelelahan.
-Mual dan muntah.

Gejala-gejala diatas bisa mereda setelah 3-5 hari, tetapi nyeri sendi biaanya akan tetap terasa hingga beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun.

Penyakit Chikungunya Penyebab dan Pengobatan Alami

Penyakit Chikungunya Penyebab dan Pengobatan Alami

Penyebab Penyakit Chikungunya

Virus chikungunya tidak bisa menyebar langsung dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Virus chikungunya termasuk kedalam kelompok gen alfavirus dari famili Togaviridae yang banyak ditemukan di negara-negara tropis.

Umumnya nyamuk-nyamuk ini menyerang di siang hari. Namun gigitan dapat juga terjadi saat dini hari dan menjelang petang. Anda lebih rentan terserang saat berada di luar rumah, meski nyamuk Aedes aegypti juga dapat menyerang di dalam ruangan.

Pengobatan Penyakit Chikungunya

Tak ada vaksin maupun obat khusus untuk mengobati chikungunya. Cukup mengkonsumsi obat-obatan simptomatik (perda gejala) seperti obat penurun panas atau penghilang rasa sakit. Yang penting cukup istirahat, minum dan makanan bergizi. Virus chikungunya ini termasuk self limiting disesae alias akan hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri akan tetap ada dalam hitungan minggu.

Bagi pendrita, sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi, cukup karbohidrat dan terutama protein serta minum banyak air. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar. Setelah lewat lima hari, demam akan berangsur-angsur reda, rasa ngilu maupun nyeri pada persendian dan otot berkurang, dan penderita akan sembuh seperti semula. Vitamin peningkat daya tahan tubuh juga bermanfaat untuk menghadapi penyakit ini.

Pengobatan Penyakit Chikungunya Alami

Virus chikungunya tidak dapat dimusnahkan secara habis, namun biasanya hanya bisa dilemahkan. Yang paling penting adalah bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh. karena virus yang semula sudah dilemahkan akan kembali bila daya tahan tubuh seseorang menurun. Oleh sebab itu, pengobatan yang efektif selain dengan menggunakan obat, bisa juga dilakukan dengan makan makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Agar tubuh mampu bertahan dan melindungi dirinya dari serangan virus.

Salah satu obat alami penyakit chikungunya adalah jahe merah dan habbatussauda atau jintan hitam. Jahe merah belum dikenal banyak orang sebagai obat herbal. jahe merah mampu menurunkan demam tinggi yang di derita pasien chikungunya sekaligus menghilangkan nyeri sendi dan otot. Sedangkan jintan hitam dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh inilah yang membantu tubuh secara alami untuk melawan virus.

Obat herbal ini lebih baik dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping. Berbeda dengan obat kimia yang tentunya akan berdampak pada tubuh secara lambat laun. Namun harus diingat bahwa keberhasilan pengobatan penyakit chikungunya juga harus disertai sengan pola hidup sehat dan bersih. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, maka nyamuk tidak akan berkembang biak dengan cepat.

Mencegah gigitan nyamuk penyebab chikungunya

Belum ada vaksin yang dapat mencegah seseorang terinfeksi chikungunya, melainkan pencegahan yang dilakukan berfokus pada mengurangi habitat tempat nyamuk berkembang biak. perhatikan hal-hal berikut untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di sekitar tempat tinggal:

Kuras bak mandi dan tempat air secara teratur.
Tutup rapat tempat air setelah digunakan.
Tempatkan wadah-wadah yang sedang tidak terpakai dalam posisi tertelungkup.
Taburkan bubuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk pada tempat-tempat air yang sulit dikuras. Ulangi 2-3 bulan sekali.
Singkirkan barang-barang tidak terpakai yang dapat menjadi sarang nyamuk, terutama yang berada di luar rumah dan dapat menampung air hujan.
Pastikan septic tanks tetap tertutup rapat dan tidak bocor.

Berikut ini adalah hal-hal yang disarankan untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus:

Gunakan pakaian tertutup atau lotion anti nyamuk jika sedang berada diarea dengan potensi banyak nyamuk seperti dikebun atau pasar tradisional.
Sebaiknya kenakan pakaian dengan warna cerah. Nyamuk lebih enggan menempel pada warna tersebut.
Gunakan penyemprot atau obat anti nyamuk elektrik di malam hari. Namun hindari obat semprot jika ada bayi atau orang lanjut usia. Dalam jangka panjang, gunakan oabat nyamuk berbeda. Nyamuk lama kelamaan akan menjadi kebal terhadap satu jenis obat semprot.
Minimalkan bau menyengat seperti parfum atau hairspay. bau-bauan ini bisa menarik nyamuk untuk hinggap.
Tempatkan tanaman lavender yang secara alami membuat nyamuk enggan bertahan dalam ruangan.
Pengasapan / Fogging untuk membunuh nyamuk umumnya dilakukan terutama jika chikungunya atau demam berdarah sudah mewabah di suatu daerah. pastikan pengasapan yang dilakukan di rumah atau tempat kerja Anda sudah dijalankan dengan prosedur yang tepat sesuai dengan daur hidup nyamuk.

Itulah informasi mengenai Penyakit Chikungunya Penyebab dan Pengobatan Alami semoga bermanfaat. Terimaksih.

SHARE TO :