SHARE TO :

Penyakit Gondongan Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 2:57 am tanggal January 7, 2017

Penyakit Gondongan Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya – Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan oleh karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Karena itu orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar. Gondongan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan pembengkakan kelenjar. Adanya pembengkakan kelenjar yang berada dibawah telinga ini atau kelenjar yang fungsinya menghasilkan air liur.

Penyakit gondogan adalah penyakit yang ringan, tetapi bisa menular pada orang lain, sehingga akan lebih baik jika ada penderita gondongan tidak terlalu dekat atau kontak langsung apabila tidak ingin tertular oleh virus yang menginfeksi kelenjar. Anak anak cenderung lebih mudah mengalami penyakit gondongan karena imun tubuhnya belum terlalu kuat untuk melawan vitus yang masuk ke dalam tubuh karena itu tidak banyak orang dewasa yang mengalami gondongan kecuali yang benar-benar sedang kurang sehat fisiknya.

Penyakit Gondongan Penyebab, Gejala, Dan Pengobatannya Yang Alami

Gondongan

Virus adalah penyebab utama penyakit gondongan, virus dari jenis paramyxovirus yang bisa menginfeksi kelenjar air liur. Karena disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah sehingga gondongan bisa dialami. Virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan lalu influenza yang menyebabkan flu, yang masuk melalui saluran pernapasan untuk menginfeksi tubuh. Karena gondongan disebabkan oleh virus, sehingga bisa menular juga pada orang lain. Penularan virus gondongan pun sangat mudah, layaknya virus flu yang bisa dari cairan bersin yang dikeluarkan oleh penderita gondongan atau pun melalui udara.

Masyarakat pada umumnya, seringkali menyamakan gondongan dengan penyakit gondok. Walau memang gejala khas yang timbulkannya mirip, yakni adanya pembesaran kelenjar di area leher, Gondongan jelas berbeda dengan penyakit gondok. Penyakit gondok timbul akibat adanya gangguan hormon thyroid, sedangkan penyakit gondongan timbul akibat serangan paramyxovirus dan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar parotis (kelenjar ludah). Selain pembesaran kelenjar di leher, rahang yang terasa kaku, dan nyeri yang timbul ketika mengunyah dan menelan.

Gejala Gondongan

Setelah virus gondongan berinkubasi, maka gejala akan muncul. Selain pembengkakan kelenjar parotid yang menyebabkan sisi wajah penderita tampak membesar, gondongan juga bisa menyebabkan gejala-gejala lainnya, seperti :

– Nyeri sendi.
– Demam tinggi.
– Mulut kering.
– Nyeri perut.
– Hilang nafsu makan.
– Lelah.
– Sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut sering kali terasa sebelum pembengkakan kelenjar parotid terjadi dan ketika sudah terjadi pembengkakan, biasanya penderita akan kesulitan menelan dan merasakan nyeri pada sisi wajah.

Kontak dengan penderita gondongan dapat menyebabkan terjadinya penularan, terutama ketika daya tahan tubuh sedang melemah, etnah melalui percikan liur ketika penderita bersin atau batuk maupun lewat udara. Meski gejala penyakit dapat hilang dengan sendirinya, komplikasi masih dapat terjadi, diantaranya sebagai berikut :

– Gangguan pendengaran permanen pada satu atau kedua telinga.
– Orchitis/Pembengkakan testis.
– Pankreatitis.
– Peradangan ovarium (ooforitis) atau payudara (mastitis).
– Ensefalitis dan meningitis yang mengancam jiwa.

Tidak ada obat khusus untuk penyakit gondongan karena sebenarnya, penyembuhan penyakit ini banyak bergantung pada seberapa kuat sistem imun tubuh anda dapat melawan virus penyebab gondongan. Umumnya gondongan dapat sembuh dnegan sendirinya dalam waktu kurang dari 2 minggu sehingga pengobatan penyakit ini hanya fokus pada gejala dan keluhan yang terjadi. Selebihnya yang dibutuhkan penderita adalah asupan nutrisi dan cairan yang cukup, guna memperkuat sistem imun tubuh anda.

Pengobatan alami penyakit gondongan

Penyakit gondongan ini memang tidak perlu pengobatan khusus untuk menyembuhkannya, karena seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa penyakit gondongan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila anda ingin melakukan pengobatan pada penyakit gondongan, anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa mengobati penyakit ini. Berikut ada beberapa bahan yang bisa di gunakan di rumah, yaitu :

  • Daun Tapak Dara

Daun tapak dara terkenal sebagai obat paling manjur untuk menyembuhkan gondongan. Anda tinggal menyiapkan segenggam daun tapak dara yang telah dicuci hingga bersih. Lalu tumbuklah daun tapak dara yang sudah dibersihkan tersebut sampai halus. Setelah halus, tempelkan ramuan tersebut pada gondong. Lakukan dengan rutin hingga gondongan kempes.

  • Belimbing Wuluh

Anda juga bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mengempeskan gondongan. Caranya, siapkan 10 ranting daun belimbing wuluh dan 4 biji bawang putih. Lalu haluskan keduanya sampai menyerupai bubur. Setelah halus, lumurkan pada tubuh yang menderita gondongan.

  • Ramuan Kunyit Dan Kencur

Bahan yang perlu dipersiapkan:

– Adas 5gr.
– Kunyit 20 gr.
– Kencur 10 gr.
– Temu ireng 10 gr.
– Temulawak 20 gr.
– Tapak dara 10 gr.
– Air 700 ml ( 3 gelas).
– Madu murni atau gula bila perlu.

Cara membuatnya : Cuci bersih semua bahan yang sudah dipersiapkan. Rebus dalam air sekitar 700 cc atau 3 gelas sampai mendidih. Sisakan air sekitar 350 cc atau setengah dari takaran awal. Saring dan minum pada pagi dan malam hari. Agar lebih nikmat, sobat dapat menambahkan madu murni.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit gondongan dan cara mengobatinya dengan alami. Semoga apa yang disampaikan melalui artikel diatas bisa menambah pengetahuan anda dan menjadi solusi bagi anda yang ingin melakukan pengobatannya. Mudah-mudah artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

SHARE TO :