SHARE TO :

Penyakit Gula, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 1:58 pm tanggal October 24, 2015

Penyakit gula atau lebih kita kenal sebagai penyakit diabetes adalah penyakit yang tentunya sering kita dengar dan kenal. Tapi, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan penyakit diabetes? Diabetes atau bisa disebut diabetes mellitus berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti rasa manis.

Di Indonesia sendiri penyakit gula atau diabetes mellitus lebih dikenal sebagai panyakit kencing manis. Yah, apapun penamaannya yang pasti penyakit gula atau penyakit gula darah atau diabetes adalah sebuah penyakit yang terjadi karena kadar gula dalam tubuh yang meningkat.

Hal ini disebabkan karena insulin yang dihasilkan oleh pangkreas terlalu sedikit, atau bahkan pangkreas tidak mampu memproduksi insulin. Insulin yang dihasilkan oleh pangkreas inilah yang mampu menyerap kadar gula di dalam darah, sehingga jika kadar insulin tidak mencukupi secara otomatis kadar gula di dalam tubuh akan meningkat.

Faktor Penyebab Penyakit Gula

Ada banyak faktor yang mendorong seseorang mengidap penyakit diabetes., diantaranya adalah:

  1. Faktor genetis, yaitu merupakan penyebab penyakit gula yang disebabkan karena adanya hubungan darah. Hal ini, dapat terjadi ketika seorang penderita penyakit gula mempunyai seorang anak. Nah, anak tersebut mempunyai resiko untuk mengidap penyakit gula yang sama dengan orang tuanya.
  2. Faktor pola makan dan gaya hidup, faktor pola makan dan gaya hidup inilah yang banyak menjadi penyebab seseorang menderita penyakit gula. Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi teh manis, suka mengemil, ataupun sering meminum minuman soft drink bisa memicu terjadinya penyakit diabetes ini. Selain pola makan, gaya hidup yang kurang baik seperti, terlalu sering begadang (kurang tidur), malas berolahraga (aktivitas fisik), serta kebanyakan duduk juga meningkatkan resiko terjadinya penyakit gula tersebut.
  3. Faktor kegemukan atau obesitas, yaitu merupakan faktor yang disebabkan karena berat badan yang berlebih. Orang yang mempunyai berat badan lebih dari 90 kg mempunyai resiko untuk mengidap penyakit gula tersebut.
  4. Faktor bahan-bahan kimia dan obat-obatan, bahan-bahan kimia atau obat-obatan yang sering dikonsumsi oleh seseorang juga dapat memicu penyakit gula. Hal ini dikarenakan, bahan-bahan kimia atau obat-obatan yang terlalu sering dikonsumsi dapat menyerang dan merusak sel-sel yang ada dipangkreas.
penyakit gula

Penyakit Gula

Gejala Penyakit Gula

Gejala umum yang dapat dirasakan oleh penderita diabetes diantaranya adalah: mudah lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, mudah haus, sering buang air kecil terutama di malam hari, sering mual dan pusing, dan bagi penderita penyakit gula yang sudah parah bisa mengalami penglihatan yang mulai kabur, penurunan berat badan yang drastis, dan sampai pada koordinasi anggota badan terganggu.

Lihat juga Cara alami mengatasi mata merah

Cara Mengatasinya

Untuk mencegah dan mengurangi penyakit gula bisa dilakukan dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup yang tidak baik menjadi pola makan dan gaya hidup sehat. Hal pertama yang perlu dilakukan bagi mereka yang mengalami penyakit diabetes tingkat ringan adalah mengubah pola makan.

Mulailah mengkonsumsi makanan seperti, apel atau per, ikan sarden atau salmon, sayuran dan buah-buahan, ubi gandum dan ubi jalar, serta roti gandum. Hindarilah atau kurangilah porsi makan makanan seperti, nasi putih, kentang, dan pemanis buatan.

Selain mengatur pola makan anda juga harus mengubah gaya hidup anda. Hal-hal yang dapat anda lakukan adalah mulailah tidur secara teratur, lakukanlah aktivitas fisik atau olahraga secara rutin, dan hindari pikiran-pikiran negatif yang bisa menimbulkan stres.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk penyakit gula yang perlu anda ketahui guna langkah antisipasi maupun membantu penyembuhan panyakit tersebut. Hal yang terpenting adalah tetaplah berusaha menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.

SHARE TO :