SHARE TO :

Penyakit Hepatitis A Penyebab dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:57 am tanggal September 17, 2016

Penyakit Hepatitis A Penyebab dan Pengobatannya – Siapapun yang mendengar nama hepatitis pasti langsung mengerutkan dahi dan menganggap penderita dari penyakit ini mempunyai penyakit yang sangat serius. Penyakit hepatitis memang merupakan salah satu penyakit serius yang menyerang organ hati dengan berbagai tingkat dan spesifikasinya.

Penyakit hepatitis A adalah sebuah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA) yakni sebuah virus RNA yang ditemukan pada kotoran atau tinja, dapat pula disebabkan oleh makanan bukan disebabkan karena kegiatan “hubungan” atau melalui darah. Penyakit hepatitis A merupakan penyakit hati yang paling ringan apabila dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya (B dan C) yang disebabkan oleh kegiatan “hubungan” dan atau melalui darah.

Penyakit pada hati ini biasanya menyerang pada orang yang mempunyai pola hidup yang tidak bersih serta tidak memberikan efek yang serius sampai pada kanker hati. Akan tetapi meskipun begitu penyakit ini juga harus ditangani agar tidak menyebabkan gangguan lain yang lebih serius hingga pada kematian.

Jumlah pengidap penyakit ini di Dunia diperkirakan mencapai 1,4 juta jiwa pada tiap tahunnya. Sementara di Asia Tenggara sendiri, kasus hepatitis A akut menyerang sekitar 400.000 orang per tahun dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.

Gejala awal yang dapat muncul meliputi demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot, serta diare. Ketika organ hati sudah mulai terserang, ada beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning dan gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama jika ditekan.

Tetapi tidak semua pengidap mengalami gejala hepatitis A. Karena itu, penyakit ini kadang sulit untuk disadari. Hanya satu dari 10 penderita hepatitis A di bawah umur enam tahun yang mengalami sakit kuning. Sedangkan pada remaja dan orang dewasa, penyakit ini biasanya menyebabkan gejala yang lebih parah dan sekitar tujuh dari 10 akan mengalami sakit kuning.

Penyakit Hepatitis A Penyebab dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis A Penyebab dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Hepatitis A

Penyebab penyakit hepatitis A ini adalah virus hepatitis A yang dapat menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan penyebaran virus ini meliputi:

-Sanitasi yang buruk.
-Kontak langsung dengan pengidap.
-Berbagi jarum suntik.
-Berhubungan seks dengan pengidap, terutama seks anal.
-Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.
-Bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran, seperti selokan.

Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Penyakit ini tidak memiliki langkah penanganan khusus karena sistem kekebalan tubuh akan melenyapkan virus dengan sendirinya. Langkah pengobatan hepatitis A bertujuan untuk meringankan gejala-gejala yang dialami pengidapnya. Penanganannya meliputi mengonsumsi obat pereda gatal, sakit, mual dan muntah sesuai dosis. Organ hati juga perlu dibiarkan untuk beristirahat misalnya dengan tidak mengonsumsi minuman keras dan berhati-hati dengan obat-obat yang bisa berdampak pada hati.

Waktu yang dibutuhkan pengidap untuk pulih sepenuhnya dari penyakit ini biasanya beberapa bulan. Pengidap yang berhasil sembuh total akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Cara menyembuhkan penyakit hepatitis A dengan menggunakan bahan alami:

1. Kunyit
Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam kunyit mempunyai manfaat sebagai anti mikroba, anti Hiv, dan juga berguna dalam menghambat terjadinya perkembangan dari penyakit kanker payudara. Cara membuat ramuan kunyit ini adalah cuci terlebih dahulu kunyit, kemudian peraslah airnya dan setelah itu campurkanlah dengan madu asli dan air hangat. Ramuan ini diminum 3 kali dalam sehari.

2. Temulawak
Kandungan kurkumin dan xanthoriza yang ada di dalam temulawak mempunyai manfaat dalam menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Kandungan kurkumin berguna untuk antioksidan alami dan juga mempunyai sifat sebagai hepatotoksik di dalam tubuh. Selain itu temulawak berguna untuk membantu menurunkan kadar lemak darah dan juga membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh.

3. Mahkota dewa
Kandungan mahkota dewa mengandung zat tanin, flavonoid, fenol, lignan, dan juga minyak atsiri yang berguna dalam menyembuhkan serangan penyakit salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit hepatitis A. Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, kemudian direbus  dan setelah itu air rebusan tadi diminum dengan teratur.

Cara mencegah penyakit hepatitis A

karena penyebaran utamanya adalah melalui konsumsi sesuatu yang terkontaminasi, langkah utama pencegahan hepatitis A adalah dengan cara menjaga kebersihan. Langkah ini dapat dilakuakn dengan mudah, misalnya selalu mencuci tangan, menghindari konsumsi makanan mentah atau kurang matang serta menghindari jajan di pedagang kaki lima.

Selain itu, vaksinasi hepatitis A juga dapat mencegah penyakit ini. Terutama bagi mereka yang memiliki risiko tinggi seperti orang yang mengidap penyakit hati kronis, pengidap hemofilia serta pengguna jarum suntik.

SHARE TO :