SHARE TO :

Penyakit Hipertensi Penyebab dan Pengobatan Herbal Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:59 am tanggal September 22, 2016

Penyakit Hipertensi Penyebab dan Pengobatan Herbal Alami – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena memiliki gejala yang tidak jelas. Salah satu cara mengetahui Anda memiliki hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah.

Hipertensi terbagi menjadi tiga jenis:

1. Hipertensi grade 1. Yaitu ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 140 mmHg, dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 90 mmHg. Penegakan hipertensi grade 1 itu apabila selama 2 kali pemeriksaan berturut-turut dalam rentang waktu seminggu pasien menunjukan tekanan darah tersebut.

2. Hipertensi grade 2. Yaitu ketika tekanan darah sistole di atas atau sama dengan 160mmHg, dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 100 mmHg pada satu kali pemeriksaan.

3. Krisis hipertensi. Yaitu ketika tekanan darah sistole di atas atau sam dengan 180 mmHg dan tekanan darah diastole di atas atau sama dengan 110 mmHg. Krisis hipertensi sendiri terbagi menjadi 2:
Hipertensi emergensi (jika terdapat kegagalan organ vital).
Hipertensi umergensi (jika belum terjadi kegagalan organ vital).

Beberapa Gejala Penyakit Hipertensi

1. Sering sakit kepala dan pusing
2. Mengalami pendarahan di hidung (mimisan)
3. Pandangan mata sering kabur atau tidak jelas
4. Susah berkonsentrasi atau susah untuk tidur
5. Sensitif dan mudah marah
6. Sering kelelahan saat melakukan berbagai aktivitas
7. Sering buang air kecil
8. Sering berkeringat secara berlebihan
9. Wajah kemerahan
10. Nyeri perut bahkan bisa muntah
11. Sulit bernapas
12. Denyut jantung tidak teratur
13. Nyeri dada

Penyakit Hipertensi Penyebab dan Pengobatan Herbal Alami

Penyakit Hipertensi Penyebab dan Pengobatan Herbal Alami

Penyebab Penyakit Hipertensi

Faktor risiko hipertensi termasuk obesitas, terlalu banyak minum alkohol, merokok, dan riwayat keluarga. Salah satu aspek yang paling berbahaya dari hipertensi adalah bahwa setiap individu mungkin tidak tahu bahwa memilikinya karena tidak pernah memeriksakan tekanan darahnya. Hampir sepertiga dari orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak tahu itu. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah tinggi adalah melalui pemeriksaan tekanan darah yang teratur. Hal ini terutama penting jika kita memiliki saudara atau keturunan tekanan darah tinggi.

Risiko Mengidap Hipertensi

Penyebab hipertensi belum bisa dipastikan pada lebih dari 90% kasus. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan Anda untuk menderita hipertensi juga akan meningkat. berikut beberapa faktor pemicu yang diduga dapat mempengaruhi peningkatan risiko hipertensi.

Berusia di atas 65 tahun.
Mengonsumsi banyak garam.
Kelebihan berat badan.
Memiliki keluarga dengan hipertensi.
Kurang makan buah dan sayuran.
Jarang berolahraga.
Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Risiko mengidap hipertensi dapat dikurangi dengan mengubah hal-hal di atas dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Pemeriksaan tekanan darah secara rutin juga bisa membantu diagnosis pada tahap awal. Diagnosis hipertensi sedini mungkin akan meningkatkan kemungkinan untuk menurunkan tekanan darah ke taraf normal. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tanpa perlu mengonsumsi obat.

Pengobatan Penyakit Hipertensi

Dokter memiliki ratusan obat hipertensi yang berbeda untuk dipilih. Obat-obat ini bekerja dalam berbagai cara untuk mengobati Hipertensi.

Kalsium Channel Blocker: Calcium channel blockers adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Obat ini bekerja dengan memperlambat gerakan kalsium ke dalam sel jantung dan dinding pembuluh darah, yang membuatnya lebih mudah bagi jantung untuk memompa dan memperlebar pembuluh darah.

ACE Inhibitor: Angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor adalah obat hipertensi yang memperlebar pembuluh darah sehingga meningkatkan jumlah darah yang dipompa jantung dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Angiotensin II Receptor Blockers (ARB): Angiotensin II receptor blocker (ARB) memiliki efek yang sama seperti ACE inhibitor, tetapi bekerja dengan mekanisme yang berbeda. Diuretik: Diuretik umumnya dikenal sebagai “pil air,” membantu tubuh untuk menyingkirkan air dan garam yang tidak dibutuhkan melalui urin. Menyingkirkan kelebihan garam dan cairan membantu menurunkan tekanan darah dan dapat membuat jantung memompa darah lebih ringan.

Beta-Blockers: Beta-blocker adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan cara memblokir efek dari sistem saraf simpatik pada jantung.

Omega-3 suplemen minyak ikan: Dalam 10 tahun terakhir, banyak orang Amerika telah berpaling ke suplemen minyak ikan omega-3. Diet suplemen ikan dan minyak ikan memiliki manfaat bagi orang sehat dan juga orang-orang dengan penyakit hipertensi dan penyakit jantung.

Obat Penyakit Hipertensi Alami

Mengkudu
Tidak dapat diragukan lagi bahwa mengkudu banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal, khasiat yang terkandung dalam mengkudu mampu menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah hipertensi atau darah tinggi.

Bawang putih
Selain banyak digunakan untuk bumbu masakan, Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih sangat ampuh mengobati hipertensi. Anda bisa makan satu sihung bawang putih setiap hari untuk menurunkan tekanan darah.

Teh hijau
Teh hijau sangat baik untuk kesehatan terutama untuk menurunkan tekanan darah tinggi didalam tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Mentimun
mentimun mempunyai kadar mineral potassium yang sangat baik untuk mengatasi masalah ginjal dan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Beberapa bahan alami diatas bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati hipertensi, jika Anda mengalamipenyakit hipertensi cobalah membuat ramuan dengan menggunakan bahan alami, karena yang alami akan menghasilkan yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

Pencegahan Penyakit Hipertensi

Jika tekanan darah Anda tinggi, pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut turun dan bisa dikendalikan dengan baik. Dokter biasanya menyarankan perubahan gaya hidup yang termasuk dalam pengobatan untuk hipertensi sekaligus pencegahannya. langkah tersebut bisa diterapkan melalui:

Mengkonsumsi makanan sehat
mengurangi konsumsi garam dan kafein
Berhenti merokok
Berolahraga secara teratur
Menurunkan berat badan, jika diperlukan
Mengurangi konsumsi minuman keras

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatannya. Karena itu, pencegahan dilakukan sejak awal. jika didiamkan terlalu lam, hipertensi bisa memicu terjadinya komplikasi yang bahkan bisa mengancam jiwa pengidapnya. Sekian pembahasan mengenai hipertensi. Semoga bermanfaat Terimakasih.

SHARE TO :