SHARE TO :

Penyakit Infeksi Ginjal gejala, Penyebab Dan Cara Pencegahanya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:05 am tanggal October 24, 2016

Penyakit Infeksi Ginjal gejala, penyebab dan cara pencegahanya-Infeksi Ginjal merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman karena berpindahan bakteri dari kandung kemih menuju ginjal, baik salah satu atau dapat juga dua-duanya. Di dalam tubuh manusia terdapat dua buah organ ginjal. kedua ginjal menghasilkan urine yang di alirkan melalui ureter dan di simpan di dalam kandung kemih. Urine akan di keluarkan dari kandung kemih melalui uretra.

infeksi-ginjal

Infeksi ginjal umumnya merupakan komplikasi dari infeksi saluran kemi. Bakteri akan memasuki tubuh manusia melalui kulit yang berada di sekitar uretra, lalu berpindah atau bergerak dari uretra menuju kandung kemih, sebelum akhirnya menginfeksi ginjal.

Infeksi ginjal biasanya terjadi pada wanita sebab uretra wanita lebih pendek dibanding pria. Kondisi inilah yang membuat bakteri lebih mudah masuk dalam ginjalWanita yang aktif melakukan hubungan seksual akan beresiko mengalai infeksi ginjal. Sedangkan untuk anak-anak, apabila mereka mengalami saluran kemih sejak lahir atau menderita refluks vesicouretral (terjadi aliran balik urine dari kandung kemih kembali ke ginjal) juga lebih rentan mengalami infeksi ginjal.

Gejala-gejala Infeksi Ginjal

Berikut ini gejala-gejala yang biasanya terjadi pada penderita infeksi ginjal.

Sering buang air kecil yang terasa sakit dan dan tidak nyaman. Bau urine yang tidak seperti biasanya.
> Rasa sakit yang tidak nyaman disekitar perut samping atau bagian punggung.
> Demam atau menggigil
> Mual dan muntah.
> Merasa kelelahan.
> Diare
> Kehilangan selera makan.

Infeksi Ginjal Terjadi Pada Anak-anak

> Rewel
> Susah makan atau muntah.
> Badan lemas atau kurang berenergi.
> Sakit perut.
> Pertumbuhan anak yang tidak normal.
> Mengompol
> Adanya darah dalam urine atau hematuria.
> Bau urine yang tidak seperti biasanya.
> Sakit kuning, Kondisi ketika kulit dan putih bola mata bewarna kuning.

Infeksi ginjal harus secepatnya ditangani dokter sebab penderita perlu secepatnya menerima antibiotik. Temui dokter jika mengalami demam tinggi, rasa sakit yang tak kunjung hilang, atau bila terjadi perubahan pada pola buang air kecil. Selain itu, ada darah dalam urine juga merupakan pertanda bahwa anda harus menemui dokter untuk menemukan kondisi yang menyebabkanya.

Penyebab Terjadinya Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal terjadi ketika terdapat infeksi bakteri yang menyebar ke organ ginjal, baik salah satu maupun keduanya.

Awalnya bakteri akan masuk ke melalui uretra yang terbuka hingga naik menuju kandung kemih. Setelah itu bakteri menginfeksi kandung kemih dan akhirnya menyebar ke ginjal anda. Bakteri yang masuk ke saluran kemih kemungkinan secara tidak sengaja menyebar dari anus menuju uretra. Bakteri bisa masuk ke uretra ketika kita membersihkan diri setelah buang air besar atau saat melakukan hubungan seksual.

Pencegahan Infeksi Ginjal

Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena infeksi ginjal dengan menjaga kandung kemih dan uretra agar selalu bersih dan terbebas dari bakteri.

Berikut cara-cara pencegahanya yang dapat anda lakukan. Diantaranya :

> Minum banyak cairan.
> Tidak menahan kencing
> Pada perempuan : Setelah buang air besar bersihkan dengan cara mengusap dari depan ke belakang (jangan terbalik), sebab ini akan membatu mencegah masuknya bakteri yang menyebabkan sistitis dan pielonefritis ke uretra.
> Selalu buang air kecil setelah berhubungan bisa membantu mengusir setiap bakteri yang mungkin terdapat pada uretra .
> Hindari jenis kontrasepsi diafragma dan busa spermisida.

SHARE TO :