SHARE TO :

Penyakit Insomnia Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:17 am tanggal October 5, 2016

Penyakit Insomnia Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Secara Alami – Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Setiap orang juga pasti mengalami masa dimana susah untuk tidur di hidupnya, namun biasanya hal ini terjadi hanya sementara saja dan tidak menetap. Banyak orang yang mengeluh sulit tidur. Sebagian orang jika ditanya jam berapa masuk kamar dengan maksud untuk tidur dan jam berapa tertidur, jawabannya cukup bervariasi. Memang kedengarannya agak lucu, tidur itu sesuatu pekerjaan yang paling mudah, tapi mengapa ada saja orang yang bisa susah untuk tidur.

Masalah insomnia ini terjadi di malam hari, yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang sehat dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika anda mengantuk tapi susah tidur di malam hari, itu merupakan salah satu gejala penyakit insomnia atau gangguan pada sirklus tidur. Keadaan ini akan sangat merugikan anda karena kurang beristirahat, dam keesokan harinya saat anda beraktivitas di sekolah atau di tempat kerja anda akan mengantuk. Hal ini dapat menurunkan prestasi dan produksivitas anda.

Penyakit Insomnia Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Secara Alami Paling Efektif

insomnia

Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur. Umumnya disebabkan oleh adanya gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur, hal ini biasanya diperberat oleh adanya perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teraturnya jam tidur, terlalu sering begadang, dan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman, terutama yang mengandung kafein dan juga rokok yang menyebabkan seseorang susah tidur.

Seseorang yang menderita insomnia juga seringkali merasa tidak segar saat ia bangun dari tidurnya, dan juga bisa tidur walaupun tubuhnya sudah capek dan juga sulit berkonsultasi.

Insomnia umumnya dimulai dengan gejala-gejala, seperti :

– Kesulitan jatuh atau tidak tercapainya tidur nyenyak.
– Merasa lelah saat bangun tidur dan tidak merasakan kesegaran.
– Sakit kepala di pagi hari. Ini sering disebut dengan “efek mabuk” padahal, nyatanya orang tersebut tidak minum-minum di malam itu.
– Kesulitan berkonsentrasi.
– Mudah muntah.
– Mata memerah.
– Mengantuk di siang hari.

Insomnia juga karena kebiasaan namun juga ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit sulit tidur dan umumnya dialami dalam jangka waktu yang cukup lama, beberapa penyebab itu adalah :

– Gaya hidup dan kenyamanan ruangan tidur/kamar.
– Faktor kesehatan psikologi.
– Faktor kesehatan fisik.
– Dan sebabkan oleh efek samping obat-obatan.

Cara Mengobati Insomnia Secara Alami

– Tidak mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu cara yang sehat juga yang bisa anda lakukan untuk membantu mendapatkan tidur yang berkualitas.

– Mandi menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan lavender bisa membantu anda mengatasi masalah insomnia. Lakukan relaksasi, dan lakukan relaksasi ini di malam hari atau sebelum anda tidur.

– Dengan tidur sehat merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu anda membangun kembali kebiasaan tidur yang baik.

– Melakukan Olahraga ringan namun teratur. Olaharga yang efektif sebaiknya dilakukan di pagi hari, sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik serta membangun fisik lebih kuat.

– Jangan terlalu banyak makan dan minum saat anda akan tidur/menjelang tidur. Terlalu banyak makan akan membuat tidak nyaman karena keadaan perut yang kenyang. Dan terlalu banyak minum akan menyebabkan rasa keinginan buang air kecil sering timbul dan menganggu waktu tidur.

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan insomnia dengan menggunakan bahan tradisional, seperti :

– Teh pala

Teh pala mengandung senyawa aromatik seperti myristicin, elimicin, dan safrile dengan jumlah 2-18% yang ada di dalam bunga pala dan sifat dari senyawa ini adalah sebagai perangsang tidur dengan dosis yang kurang dari jumlah 5 g. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi bunga pala karena akan membahayakan tubuh.

– Biji adas

Buah adas mengandung minyak yang bisa dengan mudah menguap menjadi anetol dengan jumlah diatas 70-80% pinen, fenchon, limonen, estragol, 14-22 persen protein, dan 12-18,5% lemak. Selain itu buah pala ini juga mengandung kandungan senyawa flavonoid dan juga stimasterol sebagai salah satu zat antioksidan, antijamur, antibakteri, dan antivirus, serta memberikan efek menenangkan dibagian jaringan syaraf yang berhubungan langsung dengan kejiwaan.

– Daun putri malu

Bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, zat antiradang, anti implantasi, dan zat antiradang rematik. Sebagai salah satu obat untuk terapi insomnia.

Pencegahan agar insomnia tidak terjadi adalah dengan tidak stres dan tidur dalam jumlah waktu yang telah ditentukan dengan tidak boleh lebih atau kurang. Insomnia bisa cepat sembuh jika anda bisa mengatur jam tidur anda dan kebiasaan tidak baik saat akan tidur. Dengan tidur bisa membantu membuat keadaan kesehatan menjadi lebih pulih kembali, karena tidur akan memberikan waktu untuk memperbaiki dan menyembuhkan sistem tubuh kita.

Itulah informasi tentang Cara Mengobati Insomnia. Beberapa cara diatas mungkin bisa menjadi solusi dan anda bisa mencoba untuk menghilangkan insomnia yang anda alami. Semoga bermanfaat.

SHARE TO :