SHARE TO :

Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya.

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 3:16 am tanggal January 10, 2017

Penyakit jantung kororner adalah jenis penyakit yang paling umum dari penyakit jantung dan merupakan penyebab kematian tertinggi bagi pria ataupun wanita di dunia. Sebuah data dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika menyebutkan penyakit jantung koroner ini telah membunuh lebih dari 370.000 orang setiap tahunnya.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah arteri yang memasaok darah ke jantung mengeras dan menyempit akibat penumpukan kolesterol dan zat lainnya atau lebih dikenal dengan plak. Ketika plak semakin menumpuk dan menyumbat aliran darah, maka jantung tidak akan mendapat pasokan darah, oksigen dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan jantung untuk berfungsi secara normal.

Gejala Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner termasuk penyakit degeneratif yaitu penyakit jantung koroner membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembentukan plak di pembuluh darah arteri.

Gejala-gejala jantung kororner sebagai berikut:

  • Nyeri dada (angina)
  • Serangan jantung
  • Sesak napas

Stres secara fisik ataupun secara emosional dapat memicu sesak napas dan rasa tidak nyaman di dada Anda, seperti ada tekanan pada dada, rasa ini disebabkan oleh angina. Ini merupakan tanda atau gejala penyakit jantung koroner. Nyeri dada yang terjadi ketika melakukan aktivitas fisik yang berat dan hilang setelah beristirahat juga merupakan ciri khas dari angina.

Bila Anda merasakan sesak napas atau capek yang berlebihan setelah melakukan aktivitas, olahraga atau kegiatan fisik lainnya juga bisa menjadi tanda adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri koroner jantung Anda. Jika penyumbatan pada arteri koroner telah menutupi seluruh jalur darah, maka risiko terjadinya serangan jantung juga akan semakin besar. Serangan jantung biasanya ditandai dengan nyeri pada bahu atau lengan kiri Anda atau rasa sesak (rasa ditekan kuat) pada area dada.

Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Jika Anda menderita penyakit jantung koroner segeralah untuk merubah gaya hidup seperti:

  • Berhenti merokok
  • Berolahraga secara teratur
  • Menurunkan berat badan
  • Makan makanan yang sehat
  • Kurangi stres

Selain melakukan hal-hal seperti diatas, cara obati penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter dan juga obat obatan lainnya seperti:

  • Obat penurun kolesterol, diformulasikan untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Obat pengencer darah seperti aspirin yang berfungsi untuk mengurangi risiko penggumpalan darah
  • Nitrogliserin untuk mengontrol nyeri dada bekerja membersihkan penyumbatan di arteri koroner
  • Angiotesin Converting Enzyme (ACE) dan angina receptor bloker (ARB) untuk menurunkan tekanan darah

Dalam beberapa kasus penyakit jantung koroner memerlukan penanganan yang lebih serius seperti pemasangan ring pada arteri koroner, angiopati atau operasi bypass arteri koroner yang tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak. Ring yang dipasang bertujuan untuk membuka arteri yang menyempit dengan tujuan untuk meningkatkan aliran darah.

Ubah pola makan dan gaya hidup agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung koroner. Karena mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati penyakit. Hindari stres dan minuman beralkohol agar hidup sehat. Sekian penjelasan mengenai penyakit jantung koroner semoga bermanfaat.

SHARE TO :