SHARE TO :

Penyakit Lemah Jantung Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:43 am tanggal September 20, 2016

Penyakit Lemah Jantung Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya – Lemah jantung adalah penyakit yang berhubungan dengan miokard atau otot jatung. Penyakit ini tidak berkaitan dengan penyakit arteri jantung, katup jantung, atau darag tinggi, namun memiliki beberapa tingkatan di fungsi otot jantung yang dapat disebabkan oleh penyakit lain.

Sebagian kasus lemah jantung merupakan penyakit turunan dan banyak ditemui pada anak kecil serta orang yang berusia muda. Jantung ini merupakan salah satu organ intim pada tubuh manusia yang terdiri dari sekumpulan otot dengan ukuran sekepal tangan dengan kemampuan yang sangat bergantung pada tekanan darah seseorang.

Ketika kinerja jantung melemah maka tubuh akan mengalami beberapa ciri-ciri yang dapat diamati sebagai gejala penyakit jantung lemah. Dengan tidak normalnya fungsi jantung maka akan semakin menurun pula kemampuan jantung dalam memompa darah. Tekanan darah yang tinggi dapat berpotensi membuat jantung berkerja lebih keras dan mempunyai ukuran yang semakin membedar. Perlu diketahui bahwa semakin besar otot jantung maka kemampuan jantung ini justru akan semakin menurun.

lemah-jantung

Ada empat tipe utama lemah jantung atau dalam bahasa medis disebut kardiomiopati, yaitu ilated cardiomyopathy, hypertrophic cardiomyopathy, restrictive cardiomyopathy, dan arrhythmogenic right ventricular cardiomyopathy.

Lemah jantung terjadi ketika miokard tidak dapat memompa dan mengirimkan darah ke seluruh bagian tubuh. Selain dipengaruhi oleh struktur otot jantung yang abnormal, gangguan fungsi ini juga terkait dengan beberapa faktor risiko, di antaranya:

– Rusaknya jaringan jantung akibat serangan jantung yang sebelumnya dialami.
– Denyut jantung yang berdetak terlalu cepat dalam jangka panjang.
– Kondisi genetik yang diturunkan.
– Penderita tekanan darah tinggi jangka panjang.
– Infeksi tertentu, termasuk hepatitis C, dapat mencederai jantung dan memicu kardiomiopati.
– Gangguan pada jaringan ikat tubuh.
– Pengonsumsian obat kemoterapi dan terapi radiasi untuk mengobati kanker.
– Gangguan metabolisme, seperti diabetes, obesitas, atau penyakit kelenjar tiroid.
– Penyalahgunaan alkohol seperti kebiasaan minum minuman beralkohol berlebihan selama bertahun-tahun.
– Amyloidosis atau gangguan yang dapat memicu produksi protein abnormal.
– Hemochromatosis atau penumpukan zat besi pada otot jantung.
– Sarcoidosis atau kondisi tertentu yang dapat menyebabkan inflamasi dan tumbuhnya gumpalan sel pada jantung dan organ tubuh lain.

Lemah jantung juga adalah penyakit yang dapat muncul pada usia muda serta dapat menyebabkan kematian mendadak bagi penderitanya. Berikut adalah gejala gangguan otot jantung yng patut diperhatikan dan dikenali bentuknya :

– Pembengkakan pada tungkai, kaki, dan pergelangan kaki.
– Batuk saat berbaring.
– Perut kembung yang diakibatkan oleh adanya cairan.
– Kelelahan.
– Kesulitan bernapas bahkan saat beristirahat.
– Denyut jantung yang tidak beraturan.
– Pusing dan pingsan.
– Sakit pada dada.
– Menurunnya Nafsu Makan
– Gangguan Pikiran

Dalam beberapa kasus, penderita kardiomiopati atau lemah jantung mungkin tidak menampakkan atau merasakan gejala-gejala ini. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami kesulitan saat bernapas, sakit dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit, ataupun pingsan.

Penderita lemah jantung akan memerlukan pemeriksaan menyeluruh terhadap fungsi jantung, termasuk memonitor risiko terjadinya arutmia yang serius. Inilah sebabnya gejala yang muncul, segerlah berkonsultasi kepada dokter agar terhindar dari komplikasi yang berujung kematian.

Lemah jantung dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani dengan baik. Beberapa komplikasi yang dapat timbul, diantarnya :

– Penggumpalan darah hingga terhambatnya aliran darah ke organ tubuh lain.
– Katup jantung yang tidak menutup sempurna berisiko menjadi penyebab aliran darah mengarah kembali ke jantung.
– Berisiko mengalami gagal jantung yang dapat berujung kepada kematian mendadak.

Adapun cara mencegah lemah jantung, yakni :

– Kurangi berat badan jika Anda tergolong mengalami obesitas.
– Mulailah kebiasaan olahraga yang tidak terlalu berat bagi jantung.
– Hentikan kebiasaan merokok.
– Kurangi konsumsi minuman beralkohol.
– Atur waktu dengan baik demi mendapatkan waktu tidur yang cukup.
– Perhatikan asupan makanan dengan menerapkan diet sehat tiap hari, termasuk mengurangi kadar garam dan sodium.
– Hindari stres.
– Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan atau jika Anda mengidap penyakit lain di saat bersamaan.
– Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter saat mengonsumsi obat-obatan.

Cara Mengobati Lemah Jantung Dengan Bahan Alami

– Mengonsumsi Blueberry

Buah ini sangat berguna bagi pennderita lemah jantung. Buah bluberry mengandung anti oksidan poten resvaterrol yang tinggi. Kandungan zat inilah yang membantu resiko penyakit jantung.

– Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang tidak asing kita dengar dan banyak digemari oleh orang-orang. Ternyata, minuman ini juga bisa menurunkan resiko lemah jantung. Kandungan dari teh hijau ini adalah kaya akan anti oksidan, sebab terdapat zat resveratol dan katekin.

– Mengonsumsi Manggis

Buah manggis diperkaya dengan kandungan vitamin C dan E yang sangat baik mengoptimalkan kinerja jantung ke seluruh tubuh. Zat ini juga bekerja sebagai vasolidator atau membantu memperlebar pembuluh darah yang tersumbat. Paling utama dari manfaat yang di hasilkan di atas adalah bisa menguatkan kembali otot jantung.

Tidak pernah terlambat untuk memulai perubahan yang berpotensi memberikan dampak positif bagi kesehatan anda. Perbanyak pengetahuan penyakit yang mungkin anda derita, serta berkonsultasilah dengan dokter jika terdapat riwayat kardiomiopati atau lemah jantung di dalam keluarga anda agar mendapatkan penanganan awal untuk mengurangi risiko penyakit ini bertambah parah dan menimbulkan komplikasi.

Jangan putus harapan jika lemah jantung menyerang diri anda. Segala usaha bisa dilakukan termasuk salah satunya dengan mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih sehat sehingga jantung mengalami perubahan menjadi lebih kuat dan mampu bekerja secara optimal. Sekian informasi yang dapat di sampaikan semoga informasi tersebut bisa mendorong anda untuk selalu menyayangi kesehatan khususnya jantung anda. Terima Kasih.

SHARE TO :