SHARE TO :

Penyakit Migrain Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:06 am tanggal September 17, 2016

Penyakit Migrain Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Secara Alami – Migrain adalah nyeri kepala dari muali sedang hingga parah dan terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini lebih sering menyerang kaum wanita daripada pria. Dari hasil penelitian WHO total populasi manusia berusia 18-65 tahun pernah mengalami sakit kepala, dan sekitar 30% merupakan sakit kepala migrain. 

Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini bisa juga mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Migrain juga bisa bersifat kronis, dimana serangannya akan datang berulangkali. Migrain dapat timbul bersam penyakit lain seperti asma dan depresi. Migrain tidak dapat di prediksi terjadinya, karena penyakit ini akan terasa tiba-tiba.

migrain

Migran yang terjadi secara tiba-tiba ini belum dapat diketahui penyebab utamanya, namun ada pemicu terjadinya migrain. Faktor genetik bisa menyebabkan migran, karena disebabkan oleh keluarga yang juga sering meraskan migrain maka kejadian buruk tersebut juga bisa menurun, sehingga dapat diperiksa apakah migrain terjadi karena faktor genetik atau pun tidak.

Wanita cenderung lebih tinggi untuk mengalami migrain, karena perubahan hormon sering terjadi pada wanita, ketika menstruasi ataupun ketika hamil bisa sering mengalamai migran karena disebabkan oleh penurunan hormon yang bisa menyebabkan migrain. Hal lainnya yang juga bisa memicu terjadinya migran, karena disebabkan oleh dehidrasi. Kurang minum akan menyebabkan aliran darah terhambat dan oksigen untuk kepala akan sedikit maka dari itu bisa menyebabkan migran.

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan migrain, karena merokok dan minum alkohol bisa menyebabkan migrain. ada seseorang yang mengalami migran karena mencium aroma tertentu, karena disebabkan oleh bau baunya menyengat bisa memicu terjadinya migran juga. Bunyi bising bisa menganggu telinga yang syarafnya langsung terhubung pada kepala sehingga akan menyebabkan migrain juga.

Ketika migran penderitanya tidak akan bias konsentrasi, atau sulit untuk berkonsentrasi karena itu akan mengganggu belajar atau pun kerja. Mual dan muntah juga bisa dirasakan ketika migran, seperti halnya penderita vertigo yang juga akan merasakan mual dan muntah ketika migran terjadi.

Gejala sakit kepala migran

Ada beberapa gejala sakit kepala migrain ini, seperti :

– Merasakan tubuh yang lemas
– Merasa mual dan megalami muntah
– Perut merasa sakit.
– Merasakan penyakit diare.
– konsentrasi yang begitu lemah/menurun.

Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jenisa makanan (seperti coklat), gampang tersinggung, dan gelisah.

Dan beberapa penyebab penyakit ini, yakni :

– Karena disebabkan oleh asap rokok.
– Kurangnya mengonsumsi air minum.
– Karena telat makan.
– Terlalu sering meminum beralkohol.
– Gula darah yang rendah.
– Pola istirahat yang tidak teratur.
– Karena beban fikiran/stres
– Perubahan hormon.

Migrain dibagi dalam 2 golongan besar, yaitu :

– Migrain biasa (migrain tanpa aura)

Migrain ini biasa nya di tandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melalukan aktivitas.

– Migrain klasik (migrain dengan aura)

Migrain ini biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Migrain klasik merupakan 30% dari semua migrain.

Migrain tergolong penyakit yang umum terjadi sehingga kerap kali dianggap sebagai penyakit yang tidak perlu ditangani secara khusus. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter jika mengalami serangan migrain lebih dari lima hari dalam sebulan.

Migrain dapat berdampak besar bagi kehidupan pengidap. Anda kadang-kadang menjadi tidak bisa beraktivitas secara normal saat terserang penyakit ini dan membutuhkan waktu istirahat di tempat tidur selama beberapa hari saat dan setelah terserang migrain.

Berbaring di dalam kamar gelap sering menjadi solusi yang paling mudah dilakukan ketika migrain menyerang. Salah satu pengobatan yang bisa membantu meringankan rasa sakit yang dirasakan adalah dengan cara mengonsumsi obat-obatan antimuntah untuk mengurangi rasa mual dan muntah, atau juga biasa menggunakan obat pereda rasa sakit dan triptan.

Cara Pengobatan Migrain Dengan Mudah dan Alami

– Anda bisa menggunakan jus lemon dan campur ke dalam satu gelas air putih kemudian minum, dan kulit jeruk di lumat dan ditempelkan di dahi anda.
– Dengan teh mint atau air peppermint juga bisa mengatasi sakit kepala yang menganggu anda.
– Rutinlah untuk meminum air ptuih mungkin saja anda mengalami dehidrasi.
– Atur dan jagalah pola makan anda dan selalu kenali jenis makanan yang bisa memicu sakit kepala terjadi.
– Dengan sedikit berolahraga seperti latihan pernafasan perut untuk menarik oksigen sebanyak-banyaknya bisa membantu meredakan rasa sakit kepala.
– Jangan terlalu banyak fikiran karena itu bisa memicu stress dan peluang terjadinya migrain mudah terjadi, cobalah untuk santai dan istirahat dengan tenang.
–  Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kafein. Rasa sakit pada kepala juga bisa di picu oleh kafein dalam kopi dan teh.

Obat alami atau tradisional kadang lebih ampuh dari pada obat kimia, selain tanpa efek samping, harganya juga tidak mahal dan bahkan gratis jika kita bisa mengolahnya sendiri.

Ada banyak obat pereda rasa sakit seperti analgesik, antipiretik dan antiaspirin. Sekedar mengingatkan, jangan sembarang minum obat. Lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Meski serangan migrain terkadang dapat memburuk dari waktu ke waktu, namun umumnya kondisi pengidap cenderung membaik dalam hitungan tahun.

Aturlah pola hidup anda dengan baik karena jika anda mengalami migrain aktivitas anda akan terbatas karena rasa sakit di bagian kepala, selalu berfikir tenang jangan terlalu memaksakan beban fikiran dan beristirahatlah dengan teratur. Semoga informasi ini dapat menjadi solusi dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

SHARE TO :