SHARE TO :

Penyakit Polip Hidung Penyebab dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:06 am tanggal September 17, 2016

Penyakit Polip Hidung Penyebab dan Cara Mengobatinya – Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip adalah jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah.

Polip hidung memiliki bentuk dan warna yang beragam. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan plip berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

Penyakit Polip Hidung Penyebab dan Cara Mengobatinya

Gejala Polip Hidung

Pada kasus dengan polip yang kecil, biasanya tidak menimbulkan gejala, tapi terhadap polip yang besar dapat mengakibatkan beberapa gejala, diantaranya adalah:

– Rasa gatal di sekitar mata.
– Mendengkur.
– Lendir yang jatuh dari belakang hidung ke dalam tenggorokan.
– Hidung berair atau tersumbat.
– Indera Perasa dan Indera Penciuman berkurang atauy bahkan mati.
– Bersin-bersin.
– Sakit pada gigi rahang atas.
– Sakit pada bagian wajah.
– Sakit Kepala.

Beberapa gejala utama dari polip hidung mirip dengan gejala flu dan pilek. Tapi gejala flu dan pilek menghilang setelah beberapa hari. Gejala polip hidung tidak akan menghilang jika tidak ditangani. Segera temui dokter THT jika anda merasa mengalami gejala polip hidung.

Komplikasi yang dapat terjadi akibat polip hidung, adalah:

Sinusitis

Sinusitis merupakan inflamasi atau infeksi pada jaringan sinus. Sinus adalah lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah. Jika polip tumbuh di dalam atau sekitar sinus, cairan dan lendir akan terkumpul di dalam lubang ini karena tertutup oleh polip.

Infeksi sinus terjadi akibat cairan pada sinus tidak dapat mengalir keluar karena terhalang polip. Berikut ini merupakan salah satu gejala dari sinusitis:

– Bau Mulut.
– Kehilangan indera penciuman.
– Hidung tersumbat dan berair.
– Demam.
– Rasa sakit pada wajah, terutama di sekitar sinus yang terinfeksi.

Gejala sinusitis bisa terjadi beberapa kali pada orang yang menderita polip hidung. Jika dibiarkan dan berkepanjangan, infeksi bisa menyebar pada mata. Kondisi ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada mata dan mempengaruhi pandangan mata Anda.

Penyebab Penyakit Polip Hidung

Hingga kini, penyebab dasar tumbuhnya polip masih belum diketahui. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung dapat mempengaruhi siapa saja, tapi cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhintis, dan fibrosis kistik.

Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.

Pengobatan Penyakit Polip Hidung

Pengobatan polip hidung dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan. Bila ukuran polip hidung terlalu besar atau polip yang ada tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan, maka operasi akan dilakukan.

– Pengobatan menggunakan Antihistaman

Antihistaman mungkin kurang berhasil dalam mengatasi polip hidung yang terjadi. Tapi bisa digunakan untuk mengendalikan alergi yang terjadi. Selain itu, resep antibiotik juga bisa diberikan untuk mengatasi infeksi utama yang mengakibatkan polip hidung. Pemberian obat ini dilakukan sebelum memulai konsumsi kortikosteroid.

– Kortikosteroid untuk Mengurangi radang

Untuk mengurangi radang dan juga mengecilkan polip yang ada, biasanya dokter memberi obat kortikosteroid. Obat ini juga dapat melenyapkan sepenuhnya polip yang ada. Terdapat empat jenis kortikosteroid yang dapat diberikan pada pasien polip, diantaranya obat tetes, semprot, oral dan suntik.

Cara Mengobati Penyakit Polip Hidung Secara Alami

Resep ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk mengobati polip:

– Kunyit
Cara mengobati polip hidung dengan membuat ramuan obat sendiri yang bisa dilakukan dirumah dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit bisa dibuat untuk menyembuhkan polip hidung, karena polip hidung bisa diatasi dengan menggunakan minum air rebusan kunyit yang dicampur dengan daun cakar ayam dan juga dengan menggunakan rumput mutiara. Jika ingin sembuh dengan cepat maka sebaiknya mengonsumsi obat polip hidung secara teratur.

– Sambiloto
Sambiloto juga dapat membantu menyembuhkan penyakit polip hidung dengan dibuat ramuan. Sambiloto bisa digunakan dengan cara direbus untuk digunakan menjadi obat sambiloto yang di minum secara teratur.

– Jeruk Nipis
Jika ingin menggunakan jeruk nipis sebagai obat polip hidung, kita bisa mencampurkan dengan daun sirih, cengkeh, dan juga daun sirih yang direbus secara maksimal.

– Madu
Madu juga dapat dikonsumsi sebagai obat polip hidung, dengan cara kita meminumnya secara teratur.

Cukup sekian artikel yang kami bahas tentang Penyakit Polip Hidung kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

SHARE TO :