SHARE TO :

Penyakit Radang Telinga Luar, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:31 am tanggal October 28, 2016

Penyakit Radang Telinga Luar, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya – Penyakit radang telinga luar atau otitis externa adalah peradangan atau infeksi telinga bagian luar, daun telinga, atau keduanya. Penyakit ini sering dijumpai pada daerah-daerah yang panas dan lembab (tropis) dan jarang pada iklim sejuk dan kering. Di Indonesia Penyakit ini tergolong sering terjadi karena iklim negara ini tropis.

Pola hidup yang kurang bersih dan beberapa kebiasaan lain seperti kebiasaan mengorek-ngorek telinga merupakan hal yang berpengaruh terhadap kejadian radang telinga. Penyakit ini merupakan penyakit umum yang dapat ditemukan pada semua kelompok umur. Radang telinga merupakan suatu infeksi liang telinga bagian luar yang dapat menyebar ke pina, periaurikular atau ke tulang temporal. Biasanya seluruh liang telinga terlibat, tetapi pada furunkel liang telinga luar dapat dianggap pembentukan lokal otitis eksterna.

Radang Telinga Luar, Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

Radang Telinga Luar, Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Radang Telinga

Gejala utama penyakit radang telinga luar diantaranya bengkak, kemerahan, nyeri dan seperti ada tekanan dari dalam telinga. Selain gejala-gejala tersebut, radang telinga juga bisa menyebabkan telinga terasa gatal, berair, kulit disekitar saluran tampak bersisik dan kadang disertai pengelupasan, pendengaran berkurang akibat stenosis atau pembentukan kulit tebal dan kering di dalam saluran telinga, munculnya tekstur menyerupai jerawat apabila infeksi mengenai folikel rambut di dalam telinga, serta nyeri yang disertai pembengkakan pada tenggorokan.

Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan

Radang telinga luar biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi Jamur dan virus juga dapat menyebabkan penyakit ini. Pada umumnya bakteri atau jamur ini menginfeksi bagian kulit lembut dari saluran telinga luar yang telah teriritasi oleh air. Karena itulah penyakit otitis eksterna sering disebut sebagai penyakit “telinga perenang”.

Faktor Resiko penyakit otitis eksterna antara lain :

  • Suka membersihkan atau mengorek-ngorek telinga dengan cotton buds, ujung jari atau alat lainnya
  • Kelembaban merupakan faktor yang penting untuk terjadinya otitis eksterna.
  • Sering berenang, air kolam renang menyebabkan maserasi kulit dan merupakan sumber kontaminasi yang sering dari bakteri
  • Penggunaan bahan kimia seperti hairsprays, shampoo dan pewarna rambut yang bisa membuat iritasi, yang memungkinkan bakteri dan jamur untuk masuk
  • Kanal telinga sempit
  • Infeksi telinga tengah

Pengobatan Penyakit Radang Telinga Luar

Pada umumnya, pasien radang telinga luar akan diresepkan obat tetes telinga dengan kandungan yang telah disesuaikan pada penyebabnya. Misalnya jika infeksi disebabkan oleh jamur, maka dokter akan memberikan obat tetes yang mengandung anti jamur. Begitu pula sebaliknya, jika radang telinga luar disebabkan oleh bakteri, maka obat dengan kandungan antibiotik akan diberikan kepada pasien. Untuk meredakan imflamasi, biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga yang mengandung steroid.

Sangat penting untuk selalu menaati petunjuk penggunaan dan takaran dosis obat tetes telinga, baik dari dokter atau dari informasi yang tertera pada kemasan obat agar pengobatan menjadi efektif dan Anda terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk kasus radang telinga luar yang disertai rasa sakit, dokter juga akan menyerahkan obat pereda rasa nyeri sesuai dengan tikat keparahan rasa sakit tersebut. Contohnya obat pereda rasa sakit diantaranya ibuprofen, acetaminophen (parasetamol), naproxen.

Agar penyembuhan dapat berjalan lebih cepat, disarankan untuk melindungi telinga Anda agar tidak kemasukan air selama melakukan pengobatan radang telinga luar, misalnya dengan menyumbat telinga ketika mandi dan menghindari berenang atau menyelam. Selain itu, hindari memakai alat bantu dengar atau perangkat elektronik lainnya yang dipasang di telinga sebelum rasa sakit reda dan jangan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang sampai kondisi radang telinga luar dinyatakan sembuh oleh dokter.

Gejala Radang telinga luar biasanya akan mereda setelah beberapa hari menjalani pengobatan. Namun pada sebagian kasus, gejala baru akan mereda setelah beberapa bulan atau lebih lama. Jika radang telinga luar tidak bisa ditangani dengan obat tetes telinga, dokter dapat menggantinya dengan antibiotik secara oral.

demikianlah arikel mengenai penyakit radang telinga luar, gejala, penyebab dan pengobatannya. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

SHARE TO :