SHARE TO :

Penyakit Rhinitis Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:16 am tanggal September 17, 2016

Penyakit Rhinitis Gejala, Penyebab dan Pengobatannya – Rhinitis adalah peradangan pada lapisan rongga hidung yang bisa disebabkan karena gejala alergi dan bisa disebabkan bukan karena alergi (non-alergi). Rhinitis alergi disebabkan oleh alergi terhadap unsur seperti debu, kelupasan kulit hewan tertentu, dan serbuk sari. Dan rhinitis non alergi tidak disebabkan oleh alergi tapi kondisi seperti infeksi virus dan bakteri.

Rhinitis alergi terjadi ketika sistem imun mendeteksi suatu alergen atau material asing. Kemudian sistem imun akan mencoba menyingkirkan alergen tersebut dengan cara menghasilkan senyawa histamin. Histamin itulah yang menyebabkan terjadinya gejala rhinitis seperti bersin-bersin.

Material alergen pemicu alergi tidaklah berbahaya, namun seseorang memiliki alergi pada material tersebut, maka tubuhnya akan merespon material alergen sebagai material asing yang dianggap berbahaya.

rhinitis

Alergen adalah sesuatu yang memicu alergi. Ketika seseorang dengan rhinitis alergi bernafas dalam alergen seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, atau debu, tubuh melepaskan zat kimia yang menyebabkan gejala alergi.

Sedangkan rhinitis non alergi adalah jenis rhitinis yang lebih sukar untuk di diagnosa. Hal ini karena bukan disebabkan oleh alergen dan tidak melibatkan sistem imun. Rhinitis non alergi bisa terjadi secara singkat dan bisa juga terjadi dalam jangka waktu panjang. Penyebab utama yang umumnya terjadi yaitu akibat perubahan cuaca, perubahan suhu/temperatur, suhu dingin, kelembaban udara, perubahan keadaan hormon, stress, makanan tertentu, bau-bauan tertentu, asap rokok, dan polusi udara. dan beberapa jenis rhinitis non alergi ini di sebabkan oleh efek samping obat-obatan.

Orang yang keluarganya memiliki riwayat alergi, berisiko lebih besar mengalami gejala rhinitis dari pada orang yang bukan keturunan alergi. Ciri dan gejala rhinitis bervariasi dari ringan hingga yang parah. Secara umum gejala rhinitis akan menyerang rongga hidung, tenggorokan, dan mata. Berikut ini adalah gejala-gejala penyakit ini :

– Bersin-bersin.
– Hidung tersumbat.
– Tenggorokan gatal.
– Hidung ingusan.
– Hidung gatal.
– Mata gatal dan berair.
– Lendir di tenggorokan.
– Kehilangan penciuman.
– Letih.
– Batuk.

Jika gejala yang dialami disebabkan oleh rhinitis non alergi akibat, biasanya anda akan mengalami hal, seperti  :

– Nyeri
– Sakit otot
– Dan batuk.
Pada rhinitis ini, kerak bisa tumbuh di dalam hidung dan mengeluarkan bau busuk. Jika Anda ingin menyingkirkannya bisa menyebabkan pendarahan.

Beberapa orang mengalami gejala rhinitis yang parah dan berkelanjutan hingga mengganggu kehidupan sehari-hari akibatnya tidurnya terganggu di malam hari. Namun, kebanyakan penderita rhinitis hanya mengalami gejala ringan yang mudah diobati secara efektif.

Serbuk sari yang ada di dalam udara yang bisa menyebabkan terjadinya rhinitis, hal ini tergantung pada daerah dan juga individu. Adapun jenis tanaman yang sering kali menyebabkan terjadinya rhinitis yaitu pepohonan, bunga dan juga rumput liar.

Penyebab rhinitis alergi yaitu kelupasan kulit mati atau hewan, bahan kimia di tempat kerja, tungau debu rumah, serta serbuk sari dan spora. Dan penyebab rhinitis non alergi adalah faktor lingkungan, kerusakan jaringan di dalam hidung, penggunaan dekongestan hidung berlebih, dan infeksi.

Namun, anda bisa melalukan perawatan rhinitis di rumah jika gejala yang dialami tidak terlalu parah dengan obat-obatan yang di jual secara bebas, seperti dekongestan dan antihistamin. Tapi, jika gejala rhinitis lebih parah dan menggangu aktivitas sehari-hari, periksakan diri ke dokter.

Cara Pengobatan Rhinitis Secara Alami

Selain dengan obat-obatan, anda juga bisa membersihkan saluran hidung untuk membantu menjaga agar hidung bebas dari penyebab iritasi. Imunoterapi juga bisa dilakukan untuk mengatasi rhinitis alergi dan biasanya dilakukan jika gejala yang dialami sudah parah. Namun, terapi ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis yang terlatih.

Salah satu cara terbaik terhindar dari gejala rhinitis adalah dengan menghindari alergen pemicunya. Jika anda alergi pada bulu hewan, spora jamur, atau dengan alergen-alergen yang ada di dalam rumah, maka anda harus menjauhkannya.

Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan beberapa obat- obatan seperti obat antihistamin, obat  decongestan dan obat semprot hidung  khusus dapat membantu meringankan  gejala yang muncul.

Atau anda juga bisa mengatasi rhinitis secara alami dengan obat yang terbuat dari teripang, karena kandungan dalam teripang sangat berguna untuk mengatasi penyakit ini. Sehingga tidak mudah terserang berbagai jenis virus serta bakteri yang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit, termasuk rhinitis.

Didalam teripang ini terkandung sekitar 50 senyawa aktif biologi yang bagus untuk kesehatan, dianatarnya adalah protein 86.8%, kolagen 80.0%, mukopolisakarida, glucosaminoglycans (GAGs), glucosamine dan chondroitin, lektin, saponin, asam amino, antiseptik alamiah, omega 3, 6, dan 9, vitamin dan mineral.

Rhinitis memiliki risiko yang dapat memunculkan komplikasi, seperti :

– Sinusitis
– Infeksi telinga bagian tengah
– Polip hidung

Jika Rhinitis ini tidak terlalu parah, anda bisa mengatasinya dengan beberapa obat-obatan. Namun, jika sudah terlalu parah anda memerlukan cara lain yaitu dengan operasi dan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Jagalah pola hidup anda dengan baik, karena penyakit ini bisa saja terjadi akibat dari faktor lingkungan di sekitar anda yang berpolusi seperti asap rokok, dan polusi udara lainnya. Sekian informasi tentang rhinitis, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda solusi bagi anda untuk mengenal tentang bahaya rhinitis.

SHARE TO :