SHARE TO :

Penyebab Alergi Dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 7:10 am tanggal September 27, 2016

Penyebab Alergi Dan Cara Mengobatinya Secara Alami – Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali diantaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak. Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen atau substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

Penyebab Alergi Dan Cara Mengobatinya Secara Alami Tanpa Obat

Penyebab Alergi Dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Saat tubuh pertama kali berpapasan dengan sebuah alergen, tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggapnya berbahaya. Jika tubuh kembali berpapasan dengan alergen yang sama, tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi terhadap jenis alergen tersebut. Alergi merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh pada zat yang menurutnya tidak cocok dan mengganggu kondisi atau keadaan tubuh.

Alergi kulit merupakan sautu indikasi bahwa kulit anda megalami iritasi. Dan ditandai dengan adanya gatal-gatal, memerah, dan timbul bintik-bintik. Ada 3 hal yang paling berpengaruh pada kondisi seseorang yang terkena alergi kulit. 3 hal tersebut adalah bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik (terutama wewangian).

Macam-macam alergi :
1. Alergi makanan
2. Alergi obat-obatan
3. Alergi debu
4. Alergi zat kimia tertentu
5. Alergi musiman

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan dan memicu alergi antara lain, yaitu :

– Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut.
– Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya.
– Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik.
– Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas.
– Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari.
– Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
– Semprotan serangga.
– Parfum.

Dan juga beberapa gejal yang umum terjadi, seperti :

– Bersin-bersin.
– Batuk-batuk.
– Sesak napas.
– Ruam pada kulit.
– Hidung beringus.
– Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
– Gatal dan merah pada mata.
– Mata berair.

Tidak semua orang memiliki alergi. Orang-orang mewarisi kecenderungan untuk menjadi alergi, meskipun tidak ke alergen tertentu. Bila salah satu orangtua alergi, anak mereka memiliki kesempatan 50% memiliki alergi. risiko itu melompat hingga 75% jika kedua orang tua memiliki alergi.

Reaksi alergi todak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan dengan alergen. Pada paparan pertama, sitem kekebalan tubuh hanya akan mengingatkannya . Tapi, jika kulit terus terpapar oleh alergen selama sepuluh hari atau lebih, lama-kelamaan akan menjadi alergi kulit.

Jika anda sudah memiliki alergi, dalam hitungan menit saja anda bisa langsung mengalami gejala alergi ketika bersentuhan dengan alergen. Namun, gejala juga bisa timbul 1-2 hari setelah terpapar alergen.

Tingkat keparahan alergi berbeda-beda pada tiap orang, ada yang mengalami reaksi alergi ringan dan ada yang parah sampai berakibat fatal yang disebut anafilaksis. Walau jarang terjadi, kita perlu waspada terhadap alergi anafilaksis. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, dan kehilangan kesadaran.

Cara Mengatasi Alergi Dengan Cepat Dan Alami

Penyebab Alergi Dan Cara Mengobatinya Secara Alami – Pengobatan alergi dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang dengan mudah kita temukan. Berikut beberapa racikan bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi alergi, yaitu :

– Campurkan air sari lemon dari buah lemon yang telah diperas dengan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan racikan ini pada bagian-bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal akibat alergi. Apabila dibiarkan semalaman, niscaya penyakit gatal-gatal akibat alergi itupun akan sembuh di pagi hari.

– Racikan dari kunyit. Namun, dalam pembuatan racikan obat tradisional ini, dibutuhkan kunyit yang sudah tua, bukan kunyit muda yang biasa dijual di pasaran. Caranya, dengan menumbuk bahan-bahan seperti kunyit dan daun sambiloto sampai halus. Oleskan hasil tumbukan itu pada bagian-bagian tubuh yang mengalami alergi gatal-gatal. Jangan lupa untuk membersihkan kedua bahan tersebut sebelum menumbuk, agar bahan-bahan tersebut bersih dan tidak berpotensi menimbulkan gatal-gatal.

– Menggunakan Daun Salam. Cara yang perlu anda terapkan cukup dengan membersihkan beberapa lembar daun salam yang masih segar. Setelah daun salam dicuci kemudian tumbuk kasar dan letakkan pada bagian kulit yang mengalami gatal akibat alergi.

– Jahe. Caranya dengan siapkan 15 gram jahe yang ditambahkan dengan 30 cc cuka beras putih serta gula merah secukupnya. Setelah semua bahan siap kemudian rebus menggunakan 400 cc air sampai air menyusut hingga setengahnya. Kemudian saring rebusan jahe dan minum secara rutin dan teratur.

– Minyak goreng dan garam. Minyak goreng dan garam yang seringkali anda jadikan sebagai bahan masakan ternyata juga dapat anda gunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi kulit yang anda rasakan. Cara membuat ramuan tersebut adalah minyak goreng yang dicampurkan dengan sedikit garam, yang kemudian dapat anda oleskan pada kulit yang terasa gatal.

Anda juga bisa mengobati alergi dengan cara lain, Seperti :

  • Cara mengobati alergi dengan obat. Obat alergi yang biasa dikonsumsi misalnya CTM atau cetirizine. Apabila gatal sudah mulai menyerang anda juga bisa menggunakan lotion anti gatal yang mengandung histamine atau caladine yang banyak di jual di toko-toko. –
  • Cara mengobati alergi dengan menghangatkan diri, pakailah jaket atau pakaian yang tebal ketika cuaca dingin tiba. –
  • Cara mengobati alergi dengan olahraga, rajinlah berolah raga untuk menghasilkan hawa panas di dalam tubuh sehingga cuaca dingin di luar dapat dilawan, seperti jogging.

Beberapa gejala yang ditimbulkan karena beberapa jenis mulai munculnya bintik-bintik kemerahan yang terasa sangat gatal dan dapat muncul dengan tiba-tiba dan dapat menghilang saat suhu kembali hangat. Hidung yang terus berair dan disusul dengan gejala lainnya seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Obat tradisional mungkin adalah salah satu obat yang paling berguna dan manjur untuk mengatasi alergi. Karena obat tradisional dinilai unggul dibandingkan dengan dengan obat kimia, selain cepat menyembuhkan dan berkhasiat, obat tradisional minim resiko dan juga aman dikonsumsi.

Kesembuhan dari penyakit alergi ini dapat membuat penderita merasa lebih baik dan segar dalam beraktivitas. Untuk itu, anda harus tetap menjaga kesehatan serta kebersihan. Pasalnya, alergi pun menjadi lebih mudah muncul dikala tubuh anda sedang dalam tidak segar atau tidak fit.

Setidaknya informasi diatas bisa menjadi suatu penambah pengetahuan anda mengenai alergi, dan mungkin anda bisa mengambil beberapa cara untuk anda lakukan jika anda mengalami alergi. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :