SHARE TO :

Penyebab Bau Mulut Dan Pengobatan Secara Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 12:20 am tanggal January 27, 2017

Penyebab Bau Mulut Dan Pengobatan Secara Tradisional -Bau mulut dapat diasebabkan oleh beragam hal. studi menunjukan 80% bau mulut disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut.. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting.

bau-mulut

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa keadaan kesehatan lain yang dapat menjadi penyebab bau mulut adalah :

  • Xerostomia ( mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk dirongga mulut)
  • Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteriH.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)
  • Diabetes
  •  Gangguan hati
  • Infeksi saluran pernafasan seperti bronkitis Kronis.

Selain itu, bau mulut juga dapat disebabkan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga kekurangan karbohidrat.

Perhatikan juga apa yang anda makan. Hindari makanan seperti bawang bombai dan juga bawang putih yang memiliki bau yang sangat menyengat. Dan pilihlah cemilan yang lebih sehat seperti apel atau wortel mentah. Sebab kandungan air di dalamnya bisa membantu untuk mencegah bau mulut.

Selain beberapa cara di atas, anda juga dapat menggunakan cairan kumur penghilang bau mulut. Tetapi biasanya cairan ini hanya bisa menghilangkan bau mulut secara sementara. Konsultasikan kepada dokter anda cairan kumur apa yang bisa dan mampu membunuh kuman penyebab bau mulut tidak sedap.

Sebagian besar masalah mulut memang disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan gigi dan mulut sebab adanya bakteri. Sebab itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk menghindari bau mulut yang tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Bahan Tradisional

Berikut merupakan bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi bau mulut.

1. Kayu Manis

Cinnamon atau yang biasa disebut kayu manis, mengandung aldehida cinnamic, yakni minyak esensial yang tidak hanya menutupi bau mulut, tetapi juga mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Untuk mengobati bau mulut anda bisa mencoba cara berikut:

Didihkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air. Anda juga bisa menambahkan daun kapulaga. Sering airnya, gunakan sebagai obat kumur. Lakukan hal ini sesering mungkin sampai bau mulut menghilang.

2. Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan alami untuk menyegarkan napas dan memiliki sifat antibakteri yang bagus untuk menyingkirkan bau mulut.

Caranya : Siapkan beberapa biji cengkeh, lalu kunyah hingga hancur. Kunyah selama beberapa menit. Selain itu, anda juga dapat membuat teh cengkeh. Siapkan air, tambahkan satu sendok teh cengkeh dan rebus hingga matang selama 5-10 menit. Minum teh tersebut atau cukup digunakan sebagai obat kumur dua kali sehari.

3. Peterseli

Peterseli berisi klorofil yang dapat membantu menetralkan bau mulut. Caranya pun cukup mudah, hanya mengunyah setangkai peterseli segar untuk menyegarkan napas. Anda dapat juga mencampur peterseli dalam cuka dan kemudian dikunyah secara perlahan selama beberapa menit. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jus daun peterseli dan meminumnya kapan saja saat anda ingin menyegarkan bau mulut.

4. Jus lemon

Jus lemon telah digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut alami di negara-negara maju. Selain sebagai bahan kecantikan seperti pemutih alami, kandungan asam pada lemon berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, bau yang menyenangkan dari lemon membantu menutupi bau tidak sedap yang berasal dari mulut.

Caranya: buatlah jus lemon kental lalu dan bilas mulut dengan cara berkumur beberapa menit. Anda dapat juga menambahkan sedikit garam. Cara alami juga membantu untuk mengatasi masalah mulut kering yang merupakan salah satu penyebab bau mulut.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki pH penyeimbang, yang dapat mengatasi bau mulut.

Caranya: Aduk satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum setiap kali sebelum anda makan. Cuka baik untuk pencernaan serta menyembuhkan bau mulut. Selain itu, anda juga bisa berkumur dengan cuka apel dicampur sedikit air setiap hari.

6. Baking Soda

Baking soda atau soda bikarbonat, adalah bahan alami untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut. Baking soda membantu keseimbangan kadar asam yang menyebabkan bau mulut.

Caranya: Campurkan satu setengah sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur sekali sehari sampai bau mulut menghilang. Alternatif lainnya yakni dengan menyikat gigi dengan baking soda. Hal ini akan membantu mengurangi keasaman pada mulut dan mencegah bakteri yang ada di lidah anda.

7. Menjaga Mulut Anda Tetap Lembab

Mulut yang kering adalah sumber dari bau mulut. Air liur membantu agar mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya nafas lebih bau di pagi hari sebab mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Untuk menjaga mulut agar tetap lembab bisa dengan menguyah permen karet atau minum air.

8. Berkumur

Sering berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada mulut anda. Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang higenis dan berkualitas yang dapat anda beli di pasaran.

9. Menggosok Gigi

Menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda.

10. Hentikan kebiasaan Merokok

Merokok menyebabkan bau mulut tidak sedap yang tidak disukai orang atau lawan bicara anda. Selain buruk bagi kesehatan, menghentikan kebiasaan merokok juga mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

SHARE TO :