SHARE TO :

Penyebab dan Obat Sakit Perut Anak yang Aman

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:24 pm tanggal September 18, 2015

Penyebab dan Obat Sakit Perut Anak yang Aman | Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang sangat sering dialami banyak orang. Seringkali sakit perut terjadi pada anak – anak. Hal tersebut tentunya akan membuat orang tua khawatir dan kebingungan mengatasinya.

Sakit perut pada anak dapat disebabkan berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah karena faktor fungsional, kelainan organ di rongga perut, keracunan makanan dan bakteri yang ada pada makanan yang dikonsumsi anak tersebut.

Upaya pencegahan merupakan langkah yang paling tepat untuk menghindari terjadinya sakit perut pada anak. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang tidak higienis dan tidak sesuai dengan perut anak seperti makanan pedas, tidak matang, minuman bersoda atau berkafein, makanan manis yang berlebih dan lainnya. Selain itu memberikan makanan yang sehat dan bergizi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Akan tetapi jika sang anak telah mengalami sakit perut. Upaya penanganan yang tepat juga harus dilakukan. Penanganan yang dilakukan juga harusnya disesuaikan dengan kondisi sakit sang anak. Berikut adalah beberapa tipsnya

Tips dan obat sakit perut anak

obat sakit perut anak

Sakit Perut pada Anak

  1. Yoghurt

Minuman hasil fermentasi dari susu ini merupakan produk yang sangat terkenal baik untuk pencernaan. Bakteri probiotik yang dimilikinya dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan mengoptimalkan pencernaan anak kita.

Lihat juga Obat sakit tenggorokan yang alami

  1. Istirahat yang cukup

Saat terjadi gejala sakit perut ringan, bawalah anak anda untuk istirahat dengan tidur selama beberapa saat. Biasanya sakit perut ringan pada anak akan menjadi lebih baikan setelah istirahat selama 30 menit.

  1. Berikan makanan bergizi dengan porsi kecil

Saat sakit perut berilah anak makanan yang bergizi dengan sayuran dan buah – buahan yang kaya serat. Selain itu makan yang diberikan harus dalam porsi kecil yang dibagi kedalam beberapa waktu. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses pencernaan

  1. Hindari makanan dan minuman manis dan bersoda

Saat sakit perut hindarkanlah anak dari makanan dan minuman yang dapat memperparah keadaan sakit perutnya.  Terutama makanan yang manis dan mengandung banyak gula atau minuman bersoda yang dapat menyebabkan banyak gas berlebih pada perut anak.

Obat sakit perut anak yang paling tepat adalah obat dari dokter sehingga jika dalam beberapa waktu sakit perut anak tidak lekas hilang atau semakin parah. Hal yang paling kami anjurkan adalah konsultasikan sakit perut anak tersebut ke dokter anak. Selain itu hindari obat sakit perut anak yang tidak jelas terutama jika anda belum mengetahui dengan pasti sakit perut jenis apa yang diderita oleh anak.

SHARE TO :