SHARE TO :

Penyebab Gatal Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:59 am tanggal February 6, 2017

Penyebab Gatal Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya – Kulit kepala gatal yang mengganggu dapat disebabkan oleh beragam masalah kesehatankulit kepala. Mulai dari masalah kulit kepala yang tergolong ringan, sampai yang parah.

Namun, kulit kepala tidak hanya dapat mengganggu rasa nyaman dan kesegaran rambut, tapi juga bisa merusak penampilan. Pasalnya, terkadang kulit kepala gatal juga dapat disertai oleh serpihan putih di kulit kepala.

Penyebab Gatal Kulit Kepala

Untuk mengetahui cara mengatasi gatal kulit kepala, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Sehingga anda dapat memberikan perawatan yang tepat untuk mahkota anda. Berikut ini adalah penyebab gatal kulit kepala yang harus anda ketahui :

1. Ketombe
merupakan penyebab kulit kepala gatal yang tumbuh secara berlebih, dan menyebabkan timbulnya minyak serta sel-sel mati di kulit kepala. Inilah yang menimbulkan serpihan atau kulit kepala mengelupas dan gatal di kulit kepala. Selain itu, ketombe juga bisa muncul disebabkan oleh kulit kepala yang sensitif terhadap produk tertentu. Serta penggunaan banyak produk penataan rambut atau mencuci rambut yang terlalu sering.

2. Psoriasis
Masalah kulit kepala ini disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat hingga membentuk bercak tebal dan kemerahan. Kulit kepala yang memerah ini kemudian ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan. Psoriasis tergolong kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan punggung. Gejala dari proriasis adalah ketombe menempel pada batang rambut, bercak keperakan yang tebal dan akan berdarah jika dikupas atau diangkat dari kulit kepala. Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar garis rambut, dan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal serta timbul pada bagian tubuh lain.

3. Kurap
Kurap pada kulit kepala biasanya menyebabkan ruam dengan pinggiran yang teraba menonjol dan kemerahan seperti cacing, dan membentuk cincin. Kurap ini merupakan infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan rambut. Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik. Kurap di kepala termasuk masalah kulit kepala yang dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah.

Selain beberapa hal diatas, alergi pada produk perawatan rambut juga dapat memicu gatal kulit kepala. Misalnya saja pada penggunaan hair spray untuk membuat rambut menjadi lebih keras, penggunaannya dapat membuat kulit kepala gatal. Karena hair spray secara perlahan memberikan sensasi rambut seperti tertarik sehingga membuat kulit kepala gatal.

Cara Mengatasi Gatal Kulit Kepala

Berikut ini adalah cara mengatasi gatal kulit kepala secara alami :

1. Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa memiliki kemampuan melembabkan kulit kepala, menjaga kestabilan minyak alami yang ada di permukaan kulit kepala, mencegah gatal-gatal dan mencegah serangan dehidrasi ketika berada dibawah sinar matahari.

2. Minyak Wijen
Minyak Wijen dapat mencegah kekeringan pada kulit kepala dan menjaga kondisi Ph permukaan kulit tetap stabil sehingga kulit kepal terhindar dari serangan gatal-gatal akibat kulit yang kering dan bersisik.

3. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh mengandung zat anti inflamasi dan antimikroba yang kuat yang mampu menghilangkan bakteri penyebab gatal serta dapaat menetralkan minyak alami dikulit kepala sehingga tidak mudah mengalami kekeringan.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mempunyaiu kemampuan dalam memperbaiki kerusakan fotikel rambut dan menghilangkan gatal gatal dikepala dan tetap menetralkan kondisi lembab kulit kepala agar tidak mudah kering.

5. Jus tomat tua
Jus tomat memiliki nutrisi termasuk senyawa lycopen yang dapat membersihkan permukaan kulit kepala dari berbagai macam kotoran dan keringat dan memberikan kekembaban alami terhadap kulit kepala dalam waktu yang cukup lama.

6. Air jeruk nipis
Air jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri, Anti peradangan dan ampuh sebagai antibiotik yang aktif dalam menghilangkan gatal gatal dipermukaan kulit kepala. Air jeruk nipis dapat melembabkan kulit kepala sehingga terhindar dari kekeringan sehingga tidak mudah terserang ketombe atau penumoukan kotiran akibat radikal bebas.

7. Jus Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Serat dan vitamin E nya dapat bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melawan bakteri penyebab gatal gatal di kulit kepala serta mampu mengembalikan kelembabn kulit yang hilang akibat paparan radikal bebas termasuk sinar matahari.

8. Madu dan Pisang ambon
Campuran madu dan pisang ambon dapat melenyapkan rasa gatal yang menyerang kulit kepala akibat keringat, Debu dan serangan sinar matahari. Madu dan zat kalium yang ada pada pisang mampu melembabkan kulit kepala tanpa membuatnya menjadi iritasi.

9. Lidah buaya
Cara menghilangkan gatal di kepala dapat dilakukan dengan menggunakan lendir lidah buaya. Lendir lidah buaya memiliki kemampuan klinis dalam mengangkat kotoran yang bercampur keringat serta ketombe dan kerak kerak kering yang ada dipermukaan kulit. Kondisi tersebut dapat diisebabkan oleh pemakaiana sampo, Minyak rambut atau karena kurang bersih ketika membilas rambut setelah selesai keramas.

10. Lemon dan air dingin
Cara menghilangkan gatal dikepala dapat menggunakan air lemon. Air lemon dapat mengangkat kotoran yang melekat pada kulit kepala penyebab gatal gatal. Lemon mempunyai kemampuan memblokir akktifitas jamur dan pergerakan mikroorganisme yang biasaanya dapat mengakibatkan gatal bercampur irutasi pada permukaan kulit kepala.

Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih 🙂

SHARE TO :