SHARE TO :

Penyebab, Gejala Bicara Gagap Dan Pengobatannya

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:55 am tanggal February 4, 2017

Penyebab, Gejala Bicara Gagap Dan Pengobatannya – Gagap adalah gangguan bicara yang ditandai dengan permasalahn pada kelancaran dan alur bicara penderita. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak. Hal ini dapat merupakan fase normal dari proses belajar berbicara. Beberapa anak dapat melalui kondisi ini seriring dengan pertumbuhan mereka, namun ada juga yang terus mengalaminya hingga usia dewasa. Pada sebagian kasus, gagap juga dapat dialami oleh orang dewasa. Situasi ini umumnya dikarenakan cedera kepala berat, penyakit saraf yang progresif, atau stroke. Trauma psikologi dan obat-obatan juga dapat menyebabkan timbulnya gagap onset lambat pada dewasa.

Bentuk bicara gagap adalah ketidak terkontrolnya bicara anda, sehingga membuat pengulangan kata yang berulang kali, pemanjangan kata yang berlebih, dan penghentian kata secara tiba-tiba. Hal ini membuat ketegangan pada muka dan tenggorokan. Bahkan sampai seseorang merasa harus berjuang sangat keras untuk mengeluarkan satu kata saja. Menurut Dr, Nathan lavid, seseorang gagap memproses bahasa lebih lama di otak, boleh jadi mulai bicara sebelum otak mendiktekan caranya kata-kata yang harus di eja. Penderita gagap biasanya mengalami kesulitan dalam mengucapkan apa yang ingin mereka sampaikan.

Penyebab, Gejala Bicara Gagap Dan Pengobatannya Yang Sederhana

bicara gagap

Penderita gagap dapat memanjangkan atau mengulang suatu kata atau susunan kata ketika berbicara. Sebagian dari mereka bahkan bisa tidak mengeluarkan suara sama sekali untuk suku kata tertentu. Beberapa karakteristik dari penderita gagap :

– Memanjangkan bunyi suatu kata, misalnya ‘pppppppppppappa’.
– Pengulangan bunyi atau suku kata, misalnya ‘pa-pa-pa-papa’ atau ‘a-a-a-a-pel’.
– Memiliki jeda, atau menahan suatu kata atau kata yang tidak dapat diucapkan sama sekali.

Beberapa penyebab gagap hingga berkembang menjadi kondisi yang permanen, bisa dikarenakan : Gangguan pada kendali motorik berbicara, seperti pada koordinasi motorik dan sensorik organ berbicara, serta pengaturan tempo atau waktu. Faktor memiliki kerabat menderita gagap juga dapat meningkatkan resiko seseorang untuk mengidap kondisi ini, kelainan genetik ini mempengaruhi pusat bahasa otak. Kondisi kesehatan, misalnya sebagai akibat dari trauma, stroke, atau cedera pada otak. Gangguan mental, seperti trauma emosional.

Gagap dapat bertambah buruk ketika penderita sedang dalam keadaan stress, tertekan, terburu-buru, senang atau dalam keadaan canggung. Beberapa gejala gagap mungkin muncul, antara lain :
– Memiliki kemampuan komunikasi yang terbatas dan kurang efektif.
– Gelisah saat berbicara.
– Mengedipkan mata dengan cepat.
– Menghindari atau tremor pada rahang atau bibir.
– Mengalami kesulitan mengucapkan suatu suku kata, atau kalimat.
– Mengalami ketegangan pada wajah atau tubuh bagian atas ketika mengeluarkan suatu kata.
– Menahan atau memanjangkan suatu kata atau suara di dalam satu kata.
– Mengulangi sebuah suku kata, suara atau kata-kata.
– Mengambil jeda diam atau berhenti untuk suatu suku kata tertentu atau di tengah-tengah kata.
– Menambahkan kata tambahan, seperti “um” sebelum mengucapkan kata selanjutnya yang dirasa rumit.
– Menyentakkan kepala.
– Otot wajah yang berkedut.
– Mengepalkan tangan.

Pengobatan Alami Bicara Gagap

Menjadi seseorang yang gagap memang bukan keistimewaan yang patut dibanggakan. Mereka dianggap memiliki kepercayaan diri yang rendah. Parahnya ilmuwan jaman dahulu menganggap gagap adalah satu kesalahan otak dan saraf sehingga jalan keluarnya dengan memotong saraf dan lidah. Namun, ternyata solusi kejam hanya menimbulkan rasa sakit belaka tanpa janji kesembuhan. Tidak ada pengobatan ajaib dan instan untuk menyembuhkan berbicara gagap. Terapi, perangkat elektronik, bahkan obat-obatan tidak dapat menyembuhkannya dalam semalam.

Tetapi demikian, mereka yang berbicara gagap dapat melawan kondisi ini dengan diri mereka sendiri, sekaligus dengan membuat perkembangan yang signifikan, yang mengarah kepada kelancaran berbicara dengan menemui seorang terapis wicara. Jika Anda serius dalam menghilangkan bicara gagap dan memulai kehidupan yang baru dan lebih lancar dalam berbicara, bacalah tip dan teknik ini berikut ini :

  • Menggunakan terapi fluency shaping

Menggunakan terapi ini juga mampu mengurangi gagap. Ada suatu perangkat lunak yang mempu mengurnagi kesulitan berbicara. Namun cara ini dinailai kurang bagus, sebab hasil terburuknya adalah anda mampu berbicara, namun dengan kata terpotong-potong layaknya robot.

  • Pijat syaraf gagap

Teknik akupuntur sekarang sudah lebih canggih. Pemberian pijat dan terapi syaraf ini memfokuskan pada titik yang memacu berbicara. Biasanya berada di daerah wajah, mulut, leher, serta jantung. Hal ini digunakan untuk memacu peredaran darah agar lebih normal dan relaks.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab, gejala dan pengobatan masalah gagap. Hal ini diharapkan menjadi acuan dan referensi jika ada dari saudara anda, teman anda, bahkan keluarga yang gagap. Agar cepat mendapatkan pelayanan dan penanganan yang terbaik. Semoga apa yang disampaikan diatas bermanfaat. Terima Kasih.

SHARE TO :