SHARE TO :

Penyebab gejala dan Cara Pencegahan Rabun dekat

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 4:03 am tanggal October 25, 2016

Penyebab gejala dan Cara Pencegahan Rabun dekatRabun dekat adalah gangguan pada mata yang mengakibatkan penderita tidak dapat melihat objek dekat dengan jelas, namun umumnya benda yang jauh justru terlihat jelas.

Rabun dekat, disebut juga dengan Hyperopia, sering dikaitkan sebagai masalah pembiasan. Mata akan menjadi mudah lelah jika mengakami rabun dekat.

rabun-dekat

Gejala Rabun Dekat

Rabun dekat biasanya terjadi pada orang yang berumur di atas 40 tahun akibat berkurangnya kemampuan mata seiring bertambahnya usia. Namun sebagian kecil anak-anak juga bisa terlahir dengan kondisi ini.

Lensa mata anak-anak lebih fleksibel dibanding dengan orang dewasa, jadi biasanya anak-anak yang menderita rabun dekat tidak selalu memiliki masalah dengan penglihatan mereka. Namun rabun dekat pada anak-anak  harus segera diatasi sebab dapat menimbulkan komplikasi, seperti mata malas  (amblyopia) atau mata juling (strabismus). Periksakan kondisi mata anak anda ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada penglihatannya.

Berikut beberapa gejala pada rabun dekat

– Sakit kepala
– Harus mengerlingkan mata untuk melihat dengan jelas
– Mata beair atau bewarna kemerahan.
– Kusulitan untuk membaca.
– Mata merasa lelah setelah mealihat objek dekat, seperti menggunakan komputer atau membaca.
– Objek jauh terlihat jelas, tapi objek dekat tampak tidak fokus dan buram.

Penyebab rabun Dekat

Rabun dekat terjadi sebab cahaya yang masuk ke matatidak terfokus di dalam retina, tapi terfokus di belakiangnya, Hal ini disebabkan karna kornea terlalu datar atau kurang melengkung, lensa yang kurang tebal dan bola mata yang terlalu pendek.

Lensa mata mencoba memperbaiki masalah pembiasan yang terfokus di belakang retina dengan cara menjadi lebih tebal. Namun pada penderita rabun dekat, hal ini tidak cukup efektif. hasilnya penglihatan akan menjadi buram sebab cahaya tidak terfokus dengan benar.
Faktor-Faktor yang dapat menyebabkan rabun dekat :

Gunetika. Sebagian orang diwariskan penyakit rabun dekat oleh orang tua.

Usia. Rabun dekat lebih sering terjadi pada orang  yang berusia di atas 40 tahun, tetapi masih ada kemungkinan  dapat dialami oleh usia berapa saja.

Selain Faktor di atas, ada juga faktor lain yaitu tumor di sekitar mata, diabetes, masalah pembuluh darah di retina atau foveal hypoplasia, dan mata yang tidak berkembang sempurna saat bayi masih dalam kandungan atau sidrim mata kecil

Pencegahan rabun dekat

Beberapa hal yang bisa membantu melindungi mata dari penglihatan Anda:

– Mengonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap
– Menggunakan penerangan atau pencahayaanyang baik
– Jangan merokok
– Memeriksakan kondisi mata secara rutin
– Melindungi mata dari sinar matahari langsung.
– Menggunakan kacamata yang tepat.
– Mengendalikan gangguan kesehatan kronis seperti diabetes.
– Mengenali gejala gangguan pada mata.

SHARE TO :