SHARE TO :

Penyebab Gejala Dan Cara Pengobatan Komedo pada wajah

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 2:12 am tanggal October 25, 2016

Penyebab Gejala Dan Pengobatan Komedo- Komedo memiliki bentuk seperti benjolan yang muncul di permukaan kulit dan bewarna hitam. Karena itulah komedo sering disebut sebagai bintik hitam . Komedo adalah jenis jerawat ringan dan muncul sebab produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Umumnya komedo muncul pada wajah, akan tetapi komedo juga berada di punggung, dada, lengan, atau bahu.

komedo

Pori-pori kulit yag tertutup lebih besar dari ukuran pori-pori normal. Ketika pori-pori ini terkena panjanan udara, akan memicu terjadinya reaksi kimia yang melibatkan melanin dan menyebabkan berubahnya pusat pori-pori menjadi bewarna hitam. Komedo bisa terasa sakit dan tidak enak dilihat ketika berubah menjadi benjolan yang lebih besar  maupun kista.

Gejala komedo Pada Wajah

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil. Karena tidak terjadi inflasi, komedotidak terasa sakit. Komedo dapat mengalami peradangan jika di cungki l atau di garuk.

Penyebab Komedo Pada Wajah

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan. Inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit.  Berikut ini beberapa faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya komedo :

> Meningkatnya bakteri  propionibacterium acnes pada permukaan kulit.

> Iritasi folikel  rambut yang mengakibatkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.

> Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak terutama pada saat remaja dan mestruasi.

> Mengonsumsi obat-obatn tertentu, contohnya steroid,lithium, ataupil KB.

Pengobatan Komedo

Untuk mengtasi komedo ringan, Anda dapat melakukan pengobatan di rumah dengan membeli berbagai macam obat yangdapatdibeli di apotit terdekat. sedangkan apabila parah, anda sebaiknya menemui dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk pengobatan paling tepat. Berikut beberapa pengobatan untuk komedo.

1. Obat bebas

Banyak obatuntuk segala jenis jerawat yang dijual bebas di toko obat apotek. Obat dapat tersedia dalam bentuk krim, gel, atau tempelan, dan bisa ditereapkan langsung pada kulit. Obat-obatan ini biasanya mengandung asam salisiat, benzoyl peroxide, dan resorcinol. Obat ini berpungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebihan, dan membuat kulit merontokkan sel kulit mati.

2. Obat resep

Obat yang mengandung Vitamin A yang berfungsi mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit dapat diberikan. Obat ini digunakan apabila obat bebas tidak mampu memberikan hasil maksimal. Terutama jika komedo yang muncul disertai dengan kista jerawat dan bisul, Obat yang diberikan akan menngandung benzoly peroxide dan antibiotik.

3. Dokter Spesialis

Dermatolog atau dokter spesialis kulit akan memakai alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujung untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo. Dan juga, alat pengikis kulit khusus juga bisa digunakan untuk membuang sel kulit mati pada permukaan kulit. Dokter spesialis mungkin juga akan memberikan bahan kimia untuk mengupas sel kulit mati.

4. Terapi laser dan cahaya

Terapi laser dan cahaya akan memanfaatkan sinar untuk menurunkan produksi minyak pada kulit atau membunuh bakteri yang ada. Terapi ini bisa mengobati komedo dan jerawat t6ampa merusak permukaan kulit paling luar.

Pencegahan Komedo

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sendiri untuk mencegah kemuinculan komedo :

– Cuci Muka Secara teratur

Cuci muka sebelum dan sesudah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Dan juga setelah mengonsumsi makanan berminyak, usahakan untuk mencuci muka. Minyak makanna dapat nmembuat pori-pori. Tapi jangan terlalu sering mencuci muka sebab bisa memperburuk jerawat dan membuat kulit menjadi iritasi.

– Mencuci Rambut Tiap Hari.

Cucilah rambut anda tiap hari, terutama jika rambut anda berminyak. Minyak rambut bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.

– Gunakan produk yang tidak mengandung minyak

Pilih riasin,losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak, Minyak rambut bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori yang akhirnya mengakibatkan komedo.

-Menggunakan produk pengupas kulit mati

Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajh. Sebaikny tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.

SHARE TO :