SHARE TO :

Penyebab Gejala Radang Otak Dan Obat Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 8:58 am tanggal November 21, 2016

Penyebab Gejala Radang Otak Dan Obat Tradisional

Penyebab Gejala Radang Otak Dan Obat Tradisional – Radang otak merupakan inflasi yang terjadi pada otak. Keadaan ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak serta lansia yang memiliki resiko tertinggi sebab sistem kekebalan tubuh mereka yang cenderung lebih lemah.

radang-otak

Meskipun jarang terjadi, radang otak berpotensi menjadi keadaan yang serius dan bisa mengancam jiwa. Perkembangan penyakit ini juga sulit ditebak. Diagnosis dan pengobatan yang cepat serta efektif yaitu kunci utama dalam menangani  keadaan ini.

Gejala Radang Otak

Radang Otak biasanya diawali dengan gejala-gejala ringan, seperti sakit kepala,lelah, demam, serta pegal-pegal. Kondisi pendeita dapat menurun secara drastis dengan indikasi-indikasi yang lebih serius. Diantaranya :

  • Kejang-kejang
  •  Perubahan kondisi mental, seperti linglung
  •  Halusinasi
  •  Otot yang lemas
  •  Kelumpuhan pada wajah serta bagian tubuh tertentu.
  • Gangguan pada kemampuan bicara atau pendengaran.
  • Pingsan.
  • Leher yang kaku
  • Pandangan kabur atau bahkan kehilangan pengelihatan.

Gejala awal penyakit ini cenderung mirip dengan indikasi flu sehingga sulit dideteksi. Oleh sebab itu, segeralah ke rumah sakit apabila anda atau anak anda mengalami gejala flu yang makin parah dan yang dibarengi dengan perubahan kondisi mental.

Penyebab Radang Otak

Sebagian besar kasus radang otak atau ensefalitis, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Tetapi, berbagai jenis infeksi juga bisa menyebabkan radang otak, terutama infeksi virus. Jenis-jenis radang otak ditentukan berdasarkan penyebabnya. Pemicu tersebut antara lain :

  • Infeksi yang terjadi secara langsung dalam otak.
  • Reaksi sistem kekebalan tubuh akibat infeksi lain, Misalnya sebab campak, rubela atau bahkan HIV.  Radang otak terjadi akibat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan otak.
  • virus dari hewan, Contohnya virus rabies serta virus yang disebarkan oleh nyamuk dan caprak.
  • Komplikasi dari infeksi virus, Misalnya virus herpes simpleks, Virus varisela zoster, atau virus Epstein-Barr.

Para pakar menduga bahwa penyebab infeksi ke dalam otak bisa melalui aliran darah serta saraf.

Proses Diagnosis Radang Otak

Sebab gejala yang mirip dengan penyakit lain radang otak sering disalah artikan sebagai penyakit lain sehingga sulit terdeteksi.

Obat Tradisional Radang Otak

Kandungan Sambiloto

Sambiloto mempunyai kandungan sama yakni iterpen lakton andrografolida, andrografm, panikolin, panikolida dan antioksidan flavon. Sambiloto juga memiliki kandungan lain yakni kalium, alkaloid, flavonoid, kalsium, natrium, dammar, alkane dan keton. Sambiloto mampu mengobati menginitis sebab kandungan  antioksidan yang tinggi.

Tetapi, untuk mengobati penyakit menginitis sebaiknya tidak diobati secar tunggal. Dapat ditambahkan dengan daun pegagan untuk penguat syaraf. Selain itu, antioksidan dari tanaman lain seperti sarang semut, kunyit manggis dan delima dapat ditambahkan. Apabila mengalami kejang dapat dibantu dengan minyak esensial. Aromaterapi ini dapat menggunakan minyak pala, minyak kenanga ataupun minyak pinang. Caranya hanya ditempelkan dibusana atau di sarung bantal yang nantinya bisa terhirup aromanya.

SHARE TO :