SHARE TO :

Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Tradisional

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:39 am tanggal May 3, 2017

Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Tradisional – Haid tidak lancar merupakan kondisi disaat siklus menstruasi menjadi lambat, lebih cepat , lewat beberapa bulan atau tidak sama sekali.menstruasi

Haid merupakan proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, umumnya terjadi selama 3-7 hari. Tiap wanita mengalami siklus yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih lama.

Haid dikatakan tidak lancar jika siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Haid berubah setiap bulanya, volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga merupakan dasar mestruasi tidak lancar.

Menstruasi tidak lancar biasanya terjadi pada tahun pertama mestruasi. Hal ini dapat terjadi sebab hormon yang belum seimbang. Akan tetapi apabila mestruasi tidak lancar tersebut bisa juga termasuk ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur. Seperti metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia, dan amenorrhea.

  • Metrorrhagia adalah menstruasi yang tidak teratur akan tetapi menstruasi rutin terjadi.
  • Oligomenorrhea merupakan keadaan ketika siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari, sehingga dalam kurun waktu setahun, mestruasi dapat terjadi hanya sekitar 6-8 kali.
  • Amenorhea merupakan kondisi ketika menstruasi anda berhenti selama 3 bulan lebih
  • Menometrorrhagia, adalah pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak tapi rutin terjadi.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Selain yang disebutkan di atas, tidak lancar nya haid bisa diakibatkan oleh keadaan medis lain. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur. Antara lain :

  • Kemahilan

    Jika menstruasi anda terhenti atau terhambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah anda hamil. Umumnya dokter akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG

  • Alat konstrasepsi

    Menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral atau pil KB memang bisa mengakibatkan perubahan berupa flek diantara siklus mestruasi. IUD dapat menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat mestruasi. Kemungkinan adanya sedikit darah yang keluar pada awl penggunaan pil KB juga bisa terjadi dan akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

  • Pola hidup sehari-hari

    Apabila anda melakukan olahraga yang berlebihan dan berat anda turun drastis, hal ini dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar. Begitu pula dengan berat badan yang berlebihan. Tidak hanya perubahan berat badan, stress juga dapat memengaruhi siklus menstruasi anda.

  • Sindrom ovarium polikistik

    Merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang, seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal yang seharusnya wanita hanya mempunyai sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan anda tidak mengalami mestruasi, atau mengalami menstruasi, tapi darah yang keluar hanya sedikit.

  • Tiroid

    Pada bagian leher anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang bisa mengatur metabolisme tubuh. Apabila tiroid anda bermasah atau mengalami gangguan, kadang-kadang dapat mempengaruhi menstruasi anda. Konsultasikan hal ini kepada dokter sebab biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana level hormon tiroid dalam darah anda. Konsultasikan hal ini kepada dokter sebab biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana level hormon tiroid dalam darah anda.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Untuk Mengatasi Mestruasi perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut merupakan beberapa cara yang anda lakukan untuk mengatasi menstruasi :

  • Mengubah gaya hidup
  • Mengganti alat kontrasepsi
  • Melakukan pengobatan tiroid
  • Lakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik, seperti pengobatan diabetes atau pengembalian tingkatan hormon. Selain itu, turunkan berat badan dengan cara sehat jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan berlebih.
  • Melakukan konseling apabila anda mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun dratis
  • Apabila berencana mempunyai momongan, cobalah hormon sintetik untuk memicu ovulasi kembali normal

Menstruasi yang tidak lancar memang sangat mengganggu bagi wanita. Apabila anda mengalami pendarahan yang tidak biasa pada saat menstruasi sampai anda perlu mengganti pembalut tiap jam, menstruasi anda terjadi selama 7 hari, dan Anda mengalami flek atau pendarahan setelah melakukan hubungan intim, barulah segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Dengan Bahan Tradisional

1. Jus Lidah Buaya

Banyak sekali senyawa yang terdapat pada lidah buaya. Hampir semua jenis vitamin dikandung di dalamnya, enzim anti peradangan dan 20 jenis asam animo. Selain untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati diabetes, lidah buaya punya peranan dalam mengobati menstruasi tidak lancar.

2. Jus Pepaya

Minum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan, bisa memperlancar menstruasi. Untuk menghilangkan nyeri haid , sediakan selembar daun pepaya, buah asam dan garam. Setelah semua di cuci, rebus bersama air hingga mendidih. Minum airnya selagi hangat.

3. Konsumsi Buah Anggur

Anggur kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang baik bagi tubuh. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, anggur juga punya kemampuan untuk memperlancar haid.

4. Jus Labu 

Meskipun sedikit pahit, labu bergunauntuk mengatasi terlambat datang bulan.

5. Biji Wijen

Untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur bisa menggunakan biji wijen. Rendam bijinya ke dalam air hangat selama semalaman. Disaat anda terbangun dipagi hari, minumlah airnya selagi perut kosong. Lakukan cara ini selama seminggu sebelum datang bulan. Pilihan lain yang lebih mudah yaitu dengan sering makan onde-onde.

6. Cuka Apel 

Anda bisa menambah cuka apel pada buah, sebagai salad untuk dimakan. Cara yang lebih sederhana yaitu dengan menyeduhnya ke dalam air hangat, kemudian diminum. Konsumsi cuka apel bisa membantu memperlancar siklus menstruasi. Cuka apel juga baik untuk sistem pencernaan, serta menjaga kadar gula darah.

7. jeruk nipis

Campur 2 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Kemudian seduh bersama 1 1/2 cangkir air sambil diaduk sampai merata. Minum sebanyak 3x dalam sehari, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.

8. Daun Srigading

Sediakan bunga dan daun sriganding, 2 kuntum bunga kusumba kering, 3/4 sdt jintan hitam, 1/2 sdt adas, 1/2 jari pulosari, 2 buah jeruk nipis yang diperas, gula batu secukupnya. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong, rebus ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3x dalam sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.

Selain dengan menggunakan bahan alami yang disebutkan, anda perlu melalukan olahraga secara teratur. Renang dan jogging bisa memperlancar sirkulasi darah, dan menurunkan kadar insulin di dalam darah sehingga mencegah terlambat haid.

 

SHARE TO :