SHARE TO :

Penyebab Jenis Dan Gejala Kanker Darah (leukemia)

Diposkan oleh : Hendri Liu pada 6:23 am tanggal November 26, 2016

Penyebab Jenis Dan Gejala Kanker Darah (leukemia)

Penyebab Jenis Dan Gejala Kanker Darah –  Kanker darah atau bisa disebut leukemia merupakan kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Pada keadaan normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur disaat tubuh membutuhkanya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Tetapi lain hanya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

kanker-darah

Jenis-jenis kanker Darah

Ada berbagai jenis kanker darah. berdasarkan kecepatan perkembanganya, kanker ini dapat di kelompokan menjadi akut dan kronis.

Kanker darah akut berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal yang pesat dan penyebaranya ke dalam aliran darah. Jenis ini harus ditangi dengan segera.

Dari sisi lain, kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan dan dalam jangka panjang. Gejalanya cenderung segerea dirasakan sehingga baru terlihat setelah bertahun-tahun. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait.

Kanker darah juga bisa dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen.

Menurut dua pengelompokan di atas, terdapat empat jenis kanker darah yang paling seering terjadi. Dibawah ini merupakan penjelasan untuk masing masing jenis.

1. Leukemia Limfotik Akut Atau Acute Lymphocytic Leukemia (ALL)

All bisa menghambat fungsi limfosit sehingga mengakibatkan pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak tapi juga mungkin bisa menyerang orang dewasa.

2. Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Ini merupakan jenis kanker darah yang biasanya menyerang orang dewasa. Tetapi AML juga bisa diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membetuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan bisa menyumbat pembuluh darah.

3. Leukemia Limfotik Kronis Atau Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CML mempunyai dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Lalu saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga keadaan pasien akan menurun secara drastis.

Secara umum, kanker darah atau leukemia terjadi akibat produksi sel darah putih yang terlalu cepat sehingga banyak sel yang masih belum terbentuk secara sempurna dan akhirnya kekebalan tubuh penderitanya tidak secara maksimal.

Gejala-gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah sangat beragam. Setiap penderita umumnya mengalami indikasi yang berbeda-beda, tergantung kepada jenis kanker darah yang diidap.

Indikasi-indikasi kanker ini juga cenderung sulit dikenali sebab cenderung mirip dengan kondisi lain, seperti flu. Oleh karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejala umum yang tidak membaik atau mereda. Diantaranya seperti :

  •  Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  •  Demam
  •  Menggil
  •  Sakit kepala.
  •  Muntah-muntah
  •  Keringat berlebihan, terutama pada malam hari.
  •  Nyeri pada tulang atau sendi.
  •  Penurunan berat badan.
  •  Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.
  •  Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  •  Mudah mengalami pendarahan ( Misalnya sering mimisan) atau memar.
  •  Muncul bintik-bintik merah pada kulit.

Apabila anda atau anak anak mengalami gejala-gejala di atas, segera hubungi ke dokter

Penyebab dan faktor Resiko Kanker darah

Penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti. Tetapi terdapat sejumlah faktor yang dicurigai dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker ini. Faktor pemicu kanker darah darah tersebut antara lain :

Faktor keturunan. Apabila mempunyai anggota keluarga yang mengidap kanker darah, resiko anda untuk terkena kanker yang sama akan meningkat.

Kelainan genetik. Misalnya sindrom down.

Pernah menjalani pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.

Pengaruh kelainan darah yang diderita, misalnya myelodysplastic syndrome.

Pernah mengalami pejanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu. Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.

Merokok. Rokok tidak hanya akan meningkatkan resiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

Obat Tradisional Kanker Darah

Untuk mengobati penyakit kanker darah (leukemia) tentu banyak cara yang dapat dilakukan. berikut salah satu cara mengobati kanker darah dengan bahan tradisional. Antara lain :

Daun sirsak

Sudah lama manfaat daun sirsak ini digunakan oleh banyak orang sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya obat tradisional kanker darah. Hal ini disebabkan karna daun sirsak memiliki efek anti-tumor dan anti kanker yang amat kuat dan telah dibuktikan pula oleh ilmu kedokteran bahwa anti-kanker ini dapat membantu menyembuhkan beragam jenis penyakit kanker. Selain itu juga, daun sirsak ini juga mempunyai keampuhan 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh sel-sel kanker dalam tubuh ketimbang dengan Andriamycin yang diberikan saat pengobatan kemoterapi.

Kandungan yang berada dalam daun sirsak juga tidak hanya sekedar mampu membunuh sel-sel kanker saja, melainkan daun sirsak ini juga bisa bekerja secara selektif, yaitu ia hanya akan membunuh sel-sel kanker nya saja, tampa merusak atau mengganggu sel-sel yang masih sehat yang ada di dalam seputaranya. Daun sirsak ini juga aman, dan bebas dari efek samping selagi anda tidak alergi dengan daun sirsak.

Beda halnya dengan pengobatan kemoterapi dalam mengobati penyakit kanker, ia tak hanya membunuh sel kanker nya saja, melainkan juga dapat membunuh sebagian sel-sel normal yang berada disekitarnya. Selain itu, pengobatan kemoterapi ini juga akan mendapatkan efek samping seperti terjadinya kerontokan pada rambut, merasakan mual dan terjadinya penurunan berat badan. Itulah yang membuat daun sirsak sangat ampuh digunakan untuk obat herbal kanker darah leukimia.

Dan selain berkemampuan untuk menyembuhkan penyakit kanker, daun sirsak ini berperan sebagai anti-bakteri, anti-jamur (fungsi),dan juga amat efektif dalam memerangi berbagai macam parasit atau cacing. Dan tak hanya itu saja, manfaat daun sirsak lainya yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), menurunkan kadar stres, depresi, dan mampu menormalkan sistem syaraf yang kurang baik.

Dengan melihat betapa ampuhnya kandungan yang dimiliki, menjadikan daun sirsak sangat tepat untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit kanker dan darah.

Keladi Tikus

Keladi tikus merupakan salah satu tanaman tradisional berkhasiat yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kanker, dan untuk obat kanker darah alami. Dan tentunya hal ini tak terlepas pada kandungan yang dimilikinya seperti RIP (Ribozome Inactivating Protein) yang bertugas untuk mencegah terjadinya penyebaran sel kanker, untuk meruntuhkan sel-sel kanker yang terserang didalam tubuh dengan tanpa mengganggu atau merusak sel-sel sehat yang berada disekitarnya.

Selain itu, anti oksidan tinggi yang terkandung dalam tanaman keladi tikus ini juga sangat berguna dalam membantu melambatkan perkembangan sel kanker dan untuk mencegah terjadinya kerusakan gen pada pengidap penyakit kanker. Tak hanya itu, tanaman keladi tikus ini mengandung zat kurkumin yang merupakan senyawa anti-inflamasi (anti peradangan). Dalam mengobati penyakit kanker, zat yang satu ini akan bekerja untuk mengaktifkan mediator, yang dimana mediator ini dapat mendorong penguatan sel dalam sistem kekebalan tubuh sehingga mereka dapat bekerja sama dalam memerangi sel kanker.

Tapak Dara

Tanaman tapak dara masih termasuk ke dalam keluarga tanaman kamboja yang di perkirakan asalnya dari amerika tengah dan india. Selain itu, ada juga sumber lain yang mengungkapkan bahwa tanaman tampak dara berasal dari madagascar, disebabkan kalangan masyarakat di eropa memberi julukan tanaman tampak dara sebagai Madagascar Periwinkle.

Hampir seluruh bagian dari tanaman tapak dara ini berkhasiat bagi kesehatan. Sebab, dibagian daun tapak dara ini memiliki senyawa alkaloid yaitu vinkristin dan vinblastin. Yang mana kedua senyawa tersebut berupa dalam bentuk antineocristine yang berkhasiat dalam memerangi sel kanker. Dan pada bagian lainya juga tapak dara seperti bunga, buah dan batang ini memiliki alkoloida catharantine atau yang dikenal pula sebagai anti kanker.

Alkoholida catharantine mempunyai kandungan zat yang sama dengan plasma sel kanker, apabila di konsumsi sel kanker yang berada dalam tubuh akan tertekan dan menghilang. Hasil dari para peneliti yang dilakukan dari USA Ely Lilly mengabarkan bahwa tanaman tapak dara ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk pencegah dan penyembuhan penyakit kanker, yaitu untuk obat herbal penyakit kanker darah (leukemia).

SHARE TO :